Mau ke Karimunjawa? Datangi 5 Spot Diving ini yang Luar Biasa Indah dan Populer!

Spot diving di Karimunjawa ini jelas sudah tidak bisa lo lewati lagi, nih! Untuk lo yang akan berpetualang ke sini, pastikan lo island hopping untuk mendapatkan segala pemandangan yang indah di sana ya!

Mau ke Karimunjawa? Datangi 5 Spot Diving ini yang Luar Biasa Indah dan Populer!

Serpihan surga di Karimunjawa adalah salah satu spot petualangan yang banyak diincar oleh banyak para petualang, baik mereka yang berasal dari dalam negeri sendiri dan mancanegara. Mereka yang sudah datang ke sana, dengan mudah terhipnotis dengan segala keindahan alam bawah lautnya.

Karimunjawa adalah salah satu kepulauan yang memiliki berjuta pesona alam bawah laut yang luar biasa. Telah ditetapkan juga sebagai Taman Nasional oleh pemerintah Jepara dari tanggal 5 Maret 2001, Karimunjawa merupakan rumah untuk berbagai biota laut yang luar biasa.

Karimunjawa memiliki hampir sebanyak 400 spesies biota laut, termasuk 242 jenis ikan hias yang berada di perairan Karimunjawa. Dengan kekayaan yang seperti itu, tidak heran jika Karimunjawa menjadi salah satu spot petualangan yang menjanjikan untuk mereka yang doyan menyelam.

Nah, untuk lo yang tengah mencari spot menyelam yang berbeda dari pada biasanya. Karimunjawa adalah salah satu opsi yang bisa lo pikirkan dengan matang nih. Dengan keanekaragaman hayati yang melimpah, berikut lima spot diving atau lima spot menyelam yang luar biasa di Karimunjawa.

Menjangan Kecil: Heaven for Every Diver

Mau ke Karimunjawa? Datangi 5 Spot Diving ini yang Luar Biasa Indah dan Populer!

Mau ke Karimunjawa? Datangi 5 Spot Diving ini yang Luar Biasa Indah dan Populer! credit photo: karimunjawakita.com

Hanya membutuhkan waktu 20 menit dari pulau utama Karimunjawa di arah barat, ada sebuah pulau yang menjadi salah satu spot diving dan menyelam yang super terkenal di Karimunjawa. Spot ini sudah terkenal dan populer di kalangan petualang lokal dan mancanegara.

Pulau Menjangan Kecil adalah salah satu spot yang mempunyai keindahan terumbu karang yang menjadi andalan petualangan bawah laut. Salah satu primadona yang ada di sana adalah penangkaran ikan hiu yang terkenal itu.

Walau terdengar sedikit mengerikan, namun banyak para petualang yang pada akhirnya berani berenang bersama predator laut tersebut. Tidak ganas, asal tidak mengganggu, lo tidak akan diapa-apakan oleh ikan hiu tersebut.

Hal ini cukup diminati oleh banyak petualang, karena selain berbeda dengan spot snorkelling lainnya, kapan lagi bisa mendapatkan pengalaman luar biasa mendebarkan di Karimunjawa, hanya ada di Pulau Menjangan Kecil ini.

Pulau Cemara – The Beauty Remains Silent

Mau ke Karimunjawa? Datangi 5 Spot Diving ini yang Luar Biasa Indah dan Populer!

Mau ke Karimunjawa? Datangi 5 Spot Diving ini yang Luar Biasa Indah dan Populer! credit photo: liburanaye.blogspot.com

Kepulauan Karimunjawa terdapat dua buah pulau yang bernama cemara, yaitu cemara besar dan cemara kecil. Terkenal dengan keindahan bawah lautnya, keindahan Pulau Cemara juga tidak kalah cantik dengan yang lainnya.

Terumbu karang yang berada di Pulau Cemara juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak para petualang kembali lagi ke Karimunjawa. Namun, Pulau Cemara adalah spot yang cantik dan belum terkenal sekali. Oleh karena itu, yes the beauty in Cemara island remains silent.

Hal tersebut juga berdasarkan dengan fakta keberadaan pulau ini yang sedikit jauh dari pulau utama Karimunjawa di bagian barat. Nah, namun semuanya akan terbayar dengan lunas jika lo sudah sampai pulau cemara yang sunyi dan asri.

Pulau Cilik – Kecil-kecil tapi Cabe Rawit!

Mau ke Karimunjawa? Datangi 5 Spot Diving ini yang Luar Biasa Indah dan Populer!

Mau ke Karimunjawa? Datangi 5 Spot Diving ini yang Luar Biasa Indah dan Populer! credit photo: youtube.com

Mungkin ungkapan itulah yang cukup cocok untuk keindahan alam yang ada di Pulau Cilik. Terumbu karang dan berbagai biota laut yang luar biasa tumbuh dan berkembang dengan baik di pulau ini. Oleh karena itu, walau secara fisik pulau ini kecil namun potensinya, luar biasa besar.

Dibutuhkan waktu selama 30 menit dari pulau utama untuk bisa sampai ke Pulau Cilik. Terumbu karang yang besar-besar dan keadaan yang sehat, Pulau Cilik merupakan salah satu tujuan utama para petualang yang ingin menikmati keindahan alam bawah laut di Karimunjawa.

Pulau Tengah – Let’s Find Nemo!

Mau ke Karimunjawa? Datangi 5 Spot Diving ini yang Luar Biasa Indah dan Populer!

Mau ke Karimunjawa? Datangi 5 Spot Diving ini yang Luar Biasa Indah dan Populer! credit photo: tourkarimunjawa.net

Jika berangkat Pulau Kecil, hanya sekitar 15 menit saja lo sudah sampai di Pulau Tengah ini. Nah, jika lo berangkat dari Pulau Utama Karimunjawa, tentu sekitar 45 menit – kurang lebih untuk sampai ke Pulau Tengah.

Pulau Tengah adalah salah satu spot menyelam yang dipenuhi oleh berbagai jenis hard coral dan anemone yang menjuntai indah. Tentu, anemone ini menjadi rumah yang ramah untuk ikan badut atau clown fish. Tidak heran, di sini juga menjadi salah satu spot untuk foto alam bawah laut yang ciamik!

Luas pulau ini yang mencapai kurang lebih 4 hektar adalah salah satu favorit para petualang saat datang ke Karimunjawa. Luar biasa memang spot diving yang ada di sini.

Tanjung Gelam – a Spot for Sunset!

Mau ke Karimunjawa? Datangi 5 Spot Diving ini yang Luar Biasa Indah dan Populer!

Mau ke Karimunjawa? Datangi 5 Spot Diving ini yang Luar Biasa Indah dan Populer! credit photo: trekearth.com

Berada tidak jauh dari Pulau Cemara Besar, di Tanjung Gelam para petualang akan disambut baik dengan pasir putih yang luas menghampar dan bersih, serta deretan pohon kelapa yang membuat suasana pantai yang sangat melekat dalam ingatan lo.

Keindahan alam bawah laut di Tanjung Gelam juga sudah tidak bisa lo ragukan lagi, sih. Terumbu karang dengan berbagai jenis dan ikan-ikan laut yang besar kerap terlihat saat lo tengah menyelam di sini.

Nah, selain keindahan alam bawah laut yang luar biasa juga, lo bisa melihat sunset yang nyaris sempurna di sini. Oleh karena itu, untuk lo yang suka berburu sunset, sila pasang peralatan fotografi lo untuk menangkap segala momen seru yang ada di sana.

Bagaimana bro? Lima spot diving atau lima titik penyelaman yang ada di Karimunjawa, apakah sudah dapat membuat insting petualang lo bangkit? Kalau iya, langsung saja nih lo berkemas dan berangkat ke Karimunjawa!

 

Source

Feature Image - paketbackpackerkarimunjawa.com

Wilderness Beginner snorkling pantai diving solo traveling solo backpacker
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!