Selain Dari Keindahan Alamnya, Ternyata 5 Pilihan Pulau Ini Memiliki Wilayah Terbesar di Dunia!

Apakah lo sudah tahu mengenai pulau terbesar yang ada di dunia? Percaya atau tidak ternyata dua diantaranya berasal dari Indonesia loh, daripada semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini bro!

Selain Dari Keindahan Alamnya, Ternyata 5 Pilihan Pulau Ini Memiliki Wilayah Terbesar di Dunia!

Di dalam dunia ini memang terdapat beberapa daratan yang berbentuk pulau, diantaranya memiliki ukuran yang cukup besar. Untuk itu, di dalam artikel ini akan membahas mengenai pulau-pulau di dunia yang memiliki ukuran cukup besar. Bentuknya pun cukup bermacam-macam serta unik loh, sehingga merupakan sebuah nilai lebih apabila lo mengetahui mengenai pulau-pulau terbesar yang ada di dunia.

Pulau sendiri merupakan sebuah daratan yang dapat digunakan untuk tempat hidup makhluk hidup, tentunya bukan hanya manusia saja, karena tumbuhan serta hewan-hewan yang hidup di daratan pun mampu menggunakan pulau sebagai tempat tinggal mereka.

Bukan hanya itu saja, pulau juga memiliki susunan jenis tanah yang berbeda-beda, ada yang memiliki tanah berpasir, ada pula pulau yang memiliki banyak batuan dan lain sebagainya. Pulau sendiri juga memiliki tingkat kesuburan yang beragam, biasanya ukuran kesuburan dari pulau tergantung pada jenis tanah yang dimilikinya.

Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap pilihan pulau-pulau terbesar yang ada di dunia, tidak ada salahnya untuk menyimak beberapa pilihan di bawah ini yang sekira dapat bermanfaat bagi lo. Karena memang pulau yang memiliki luas lebih dari 190 ribu kilometer persegi, dapat dikategorikan sebagai pulau yang besar loh, berikut informasinya.

Pulau Terbesar di Dunia – Pulau Greenland

Selain Dari Keindahan Alamnya, Ternyata 5 Pilihan Pulau Ini Memiliki Wilayah Terbesar di Dunia!

Suasana di Pulau Greenland. Credit: dagelan.co

Untuk pilihan pulau terbesar yang ada di dunia yaitu Pulau Greenland. Selain dari ukurannya yang besar, ternyata Greenland juga memiliki keindahan alam yang cukup memukau, tak heran apabila banyak dari para travelling yang ingin untuk datang langsung ke sana.

Ternyata Greenland juga memiliki nama lain loh bro, yaitu Kalaallit Nunaat. Pulau terbesar ini ternyata memiliki luas wilayah hingga 2.175.600 km2. Pulau Greenland ternyata masuk ke dalam wilayah divisi otonomi dari Kerajaan Denmark dan juga termasuk dalam wilayah Benua  Amerika Utara.

Terletak di Samudera Atlantik yakni bagian utara, di timur laur Kanada. Jadi buat lo yang ingin menginjakkan kaki lo di pulau terbesar di dunia, tentunya pulau ini bisa menjadi pilihan utama lo. Silahkan mencoba bro!

Pulau Terbesar di Dunia – Pulau Papua

Selain Dari Keindahan Alamnya, Ternyata 5 Pilihan Pulau Ini Memiliki Wilayah Terbesar di Dunia!

Suasana di Pulau Papua. Credit: limakaki.com

Ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri terhadap kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia. Karena Pulau Papua masuk ke dalam deretan pulau terbesar di dunia. Negara yang memang memiliki ribuan pulau ini ternyata memiliki sebuah pulau dengan ukuran yang besar.

Pulau besar yang letaknya di penghujung timur wilayah Indonesia ini memiliki dua wilayah negara yang berbeda. Belahan pulau masuk ke dalam wilayah Indonesia dan belahan lainnya merupakan bagian dari Papua Nugini.

Untuk keadaan alam yang ada di kawasan pulau ini pun mirip dengan Benua Australia, hal ini pengaruh berbagai hal, seperti jenis binatang dan juga flora khas yang dimilikinya. Selain itu, pulau ini juga merupakan tempat beradanya puncak gunung tertinggi di Indonesia, yakni Puncak Jaya yang memilii ketinggian hingga 5.030 meter.

Pulau Papua sendiri memiliki luas sekitar 786.00 km2. Meskipun Pulau Papua ini berdekatan dengan Benua Australia, namun Pulau Papua ini masih masuk ke dalam Benua Asia. Tentunya pulau ini bisa menjadi destinasi berikutnya untuk merasakan sendiri pulau terbesar yang ada di dunia, lo enggak perlu untuk ribet-ribet buat paspor deh.

Pulau Terbesar di Dunia – Pulau Kalimantan

Selain Dari Keindahan Alamnya, Ternyata 5 Pilihan Pulau Ini Memiliki Wilayah Terbesar di Dunia!

Peta Dari Pulau Kalimantan. Credit: id.wikipedia.org

Indonesia kembali menyumbangkan salah satu pulaunya dalam pilihan pulau terbesar yang ada di dunia. Pulau tersebut ialah Kalimantan. Pulau yang disebut-sebut sebagai salah satu jantung dunia ini selain dengan keindahan alamnya ternyata juga memiliki luas wilayah yang besar loh.

Pulau Kalimantan sendiri merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia yang dilalui oleh garis lintang nol derajat atau khatulistiwa. Dengan luas wilayah hingga 743.330 km2 ini lo bisa menemukan tiga wilayah negara sekaligus. Ketiga negara tersebut ialah Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Selain itu, pulau ini juga memiliki sebutan lainnya yaitu Borneo. Zaman dahulu, Borneso merupakan sebuah nama yang dipakai oleh kolonial Belanda atau Inggris, sementara Kalimantan sendiri merupakan nama yang digunakan oleh rakyat Indonesia.

Banyak kekayaan alam yang ada di dalamnya yang patut untuk lo ketahui, antara lain ialah hasil hutan, seperti kayu, rotan, hewan dan lain-lain. Barang tambang juga menjadi salah satu kekayaan yang dimilikinya, serta kekayaan laut yang dimiliki pesisir-pesisir pantai juga terdapat di dalam pulau ini.

Pulau Terbesar di Dunia – Pulau Madagaskar

Selain Dari Keindahan Alamnya, Ternyata 5 Pilihan Pulau Ini Memiliki Wilayah Terbesar di Dunia!

Suasana di Pulau Madagaskar. Credit: misnesia.blogspot.com

Pulau terbesar di dunia berikutnya ialah Pulau Madagaskar. Dengan luas wilayah yang mampu mencapai 587.041 km2 ini merupakan pulau yang hanya terdiri dari satu negara yaitu Negara Madagaskar. Pulau ini masuk ke dalam wilayah Benua Afrika.

Lalu tanah yang ada di dalam pulau ini pun sebagian besar merupakan tanah merah. Hal ini menandakan kalau tanah di wilayah ini telah mengalami pelapukan. Wilayah ini pun memiliki pillihan flora dan fauna yang endemik yang bisa lo temukan di sana.

Tentunya pulau ini pun bisa masuk ke dalam perencanaan lo untuk menginjakkan kaki lo di kawasan ataupun pulau terbesar yang ada di dunia. Jadi, langsung saja rencanakan apa yang diperlukan untuk lo bisa mewujudkan hal ini bro.

Pulau Terbesar di Dunia – Pulau Honshu

Selain Dari Keindahan Alamnya, Ternyata 5 Pilihan Pulau Ini Memiliki Wilayah Terbesar di Dunia!

Penampakan Pulau Honshu di Peta. Credit: commons.wikimedia.org

Untuk pilihan pulau terbesar yang ada di dunia terdapat di kawasan negara Jepang. Pulau tersebut ialah Pulau Honshu. Merupakan sebuah pulau yang berada di Jepang ini ternyata juga merupakan yang terbesar di dunia. Walaupun mengingat kalau Jepang merupakan negara yang cukup kecil, ternyata menyimpan pulau yang besar itu.

Pulau yang terkenal ini terletak di selatan Hokkaido, di sebelah utara Shikoku di seberang Laut Dalam Negeri dan timur laut Kyushu di seberang Selat Shimoniseki. Dengan luas wilayah 227.414 km2. Jadi ketika lo berkunjung ke Jepang, jangan lupa untuk datang dan mengunjugi pulau ini yaa bro.

Jadi bagaimana bro dengan pilihan pulau terbesar yang ada di dunia? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo ketika ingin menginjakkan kaki lo di pulau-pulau tersebut. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi, karena masih banyak hal di luar sana yang patut untuk lo taklukan!

Source

 

 

Featured Image: spacestore.co

Wilderness Beginner solo traveling
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!