OCT 18, 2018

12 Tips Perjalanan Bermanfaat Buat Lo yang Akan Melakukan Solo Traveling!

Solo Traveling adalah trend petualangan yang sudah digandrungi banyak anak muda karena beralasan soal kebebasan. Untuk lo yang akan mulai, sila simak bahasan kali ini ya!


Solo traveling adalah salah satu trend yang tengah berkembang di kalangan para petualang, baik di kalangan petualang dalam negeri dan mancanegara. Bahkan, di luar sana – banyak sudah para petualang mancanegara yang berani untuk solo traveling dengan menyebrang ke negara lain.

Untuk mereka yang belum pernah mencoba solo traveling, tentu punya kekhawatiran tersendiri dengan berpetualang seorang diri. Padahal, sebenarnya juga banyak manfaatnya untuk ber-solo traveling, terlebih untuk lo yang mempunyai karakter introvert.

12 Tips Perjalanan Bermanfaat Buat Lo yang Akan Melakukan Solo Traveling! credit photo: purastays.com

Dari pada lo hanya berdiam diri dengan ketakutan dan kekhawatiran yang ada tentang solo traveling, berikut beberapa tips ampuh dan bermanfaat untuk lo yang punya rencana untuk ber-solo traveling!

12 Tips Perjalanan Bermanfaat Buat Lo yang Akan Melakukan Solo Traveling! credit photo: roughguides.com

Riset Segalanya Terlebih Dahulu!

Karena lo akan berjibaku sendirian di spot petualangan yang didatangi tersebut, wajar jika lo perlu meriset dan mencari tahu segalanya tentang apapun yang berkaitan dengan spot petualangan yang akan lo datangi. Sebagai contoh, harga tiket atau pilihan penginapan yang mesti lo cari tahu terlebih dahulu.

Bahkan sampai sedetil lo harus tahu juga bahwa amankah spot petualangan yang akan lo datangi dari kejahatan dan bahkan modus pencopetan. Karena lo sendiri, tingkat keamanan adalah salah satu faktor yang perlu lo perhitungkan dengan matang.

Buat Anggaran Untuk Keseluruhan Petualangan!

Buat jadwal perjalanan dan daftar spot petualangan yang akan lo datangi adalah hal yang tidak kalah penting lho. Di sini, lo bisa mengukur seberapa besar budget yang mesti lo siapkan dalam sekali – dua kali perjalanan.

Hal tersebut tentu akan mencakup daftar jam makan dan di mana lo akan menginap. Kedua hal tersebut jelas sekali akan berkaitan dengan budget yang akan lo siapkan. Daftar perjalanan ini juga bisa menjadi salah satu panduan lo selama perjalanan.

Belajar Berkemas Dengan Cepat

Berkemas atau packing adalah langkah awal dari setiap petualangan. Nah, untuk lo yang akan solo traveling ke beberapa tempat atau destinasi petualangan, packing atau berkemas tentu akan selalu lo lakukan.

Oleh karena itu, latihan berkemas yang baik, cepat dan tepat adalah hal yang wajib untuk lo ketahui. Hal ini akan berkaitan dengan bagaimana lo bisa membawa barang-barang yang lo butuhkan dan memisahkan barang-barang yang tidak lagi lo perlu bawa.

Mencoba Couchsurfing

Couchsurfing adalah situs jejaring di mana lo bisa menemukan sesame petualang dari berbagai penjuru dunia yang menyediakan rumahnya sebagai tempat singgah. Hal ini bisa lo lakukan demi mendapatkan tempat yang nyaman dan murah!

Hal ini sepertinya sudah dilakukan juga oleh situs Airbnb. Tempat penyewaan penginapan tersebut mendapati traveller yang membutuhkan tempat singgah dan masyarakat setempatlah yang menyediakan akomodasi penginapan tersebut, tentu dengan harga yang terjangkau.

Menginap di Hostel

Untuk menjaga privasi lo dari traveller lain, hostel adalah pilihan yang cukup tepat. Hal ini berkaitan dengan fasilitas yang mirip dengan hotel, walau fasilitasnya yang tidak begitu lengkap. Namun, untuk ukuran solo traveling, hostel sudah cukup.

Selain itu, hostel juga terkadang menjadi tempat berkumpulnya para solo traveller yang juga mempunyai niatan yang sama. Untuk itu, siapa tahu jika berkumpul – lo malah bisa mendapatkan teman seperjalanan, nih.

Usahakan Sampai di Spot Tujuan Dalam Keadaan Siang Hari

Di saat hari masih terang, tentu kondisi ini akan membuat lo semakin semangat untuk berjalan-jalan, mengeksplorasi spot petualangan tersebut. Dengan keadaan siang hari juga lo akan mudah untuk mencari tempat penginapan atau menggunakan fasilitas umum lainnya.

Hindari perjalanan malam hari saat lo tengah solo traveling. Walau lo sudah tahu kalau spot petualangan tersebut aman, namun malam hari bisa menimbulkan berbagai kemungkinan, lho.

Buat Peta Kecil untuk Kembali ke Penginapan

Banyak juga lho traveller yang celingak-celinguk bingung arah kembali ke penginapan dari spot petualangan yang lo kunjungi. Nah, untuk lo – jangan sampai begitu ya. Untuk menghindari hal tersebut sila buat peta kecil yang menggambarkan arah ke penginapan lo saja.

Hal ini bisa buat lo tidak perlu membuka peta besar atau buku tebal soal arah petualangan yang ada di sana. Atau setidaknya lo paham bagaimana menggunakan peta digital yang ada di smartphone lo.

Pisahkan Uang Tunai dan Kartu Atm

Hal ini tentu mengarah ke hal terburuk jika terjadi terhadap lo. Iya, kecopetan. Oleh karena itu, pastikan lo menyimpan uang atau kartu atm di tempat terpisah dari dompet atau kantung utama tempat lo biasa menyimpan hal itu semua.

Hal ini juga berlaku untuk beberapa jenis kartu identitas, lho. Untuk itu, siapkan saja bentukan softcopy-nya untuk menjaga-jaga hal terburuk itu terjadi.

Tetap Update di Sosial Media

Bukan untuk pamer ya, update aktivitas lo di sosial media akan berguna saat hal buruk terjadi, dengan rekaman sosial media lo, akan lebih mudah untuk mengusutnya. Namun, pada akhirnya hal ini adalah sebuah antisipasi jika memang hal buruk itu terjadi.

Selfie Terkadang Perlu, Lho!

Untuk lo yang terpesona dengan berbagai keindahan alam yang ada di spot petualangan tersebut, lo bisa merekam momen-momen keindahan alam di sana, tetapi jangan lupa untuk selfie ya!

Mempercayai Insting

Bro, tetap percaya terhadap insting lo ya, apapun yang akan lo jalani – insting lo tetap akan berjalan untuk melindungi dan membuat perjalanan dan petualangan lo makin lancar.

12 Tips Perjalanan Bermanfaat Buat Lo yang Akan Melakukan Solo Traveling! credit photo: moneysense.ca

Wah bagaimana nih bro? Sudah siap untuk melakukan solo traveling? Yuk berangkat!

 

Source

Feature Image - roughguides.com


Please login to comment
2 COMMENTS
sayful islam ali
October 19, 2018 at 11:46 PM

mantap sangat bermamfaat


morganmock
October 23, 2018 at 4:40 PM

THE EQUIPMENT Do My Assignment AND HEAD OFF ON YOUR CAMPING CIRCLE OF RELATIVES JOURNEY. FAMILY CAMP AT MEKARSARI FRUIT GARDEN.