OCT 25, 2018

Lukla Airport, Bandara Paling Berbahaya di Dunia Beserta 5 Fakta Menariknya!

Percaya atau tidak, ternyata Lukla Airport yang ada di Nepal merupakan bandara paling berbahaya di dunia. Langsung saja lihat beberapa informasi seputar bandara tersebut lihat saja informasinya di bawah ini!


Bandara merupakan sebuah fasilitas tempat pesawat terbang dapat lepas landas dan mendarat. Dan biasanya bandara itu sendiri sangat aman serta memiliki kenyamanan yang tinggi. Namun hal tersebut berbeda dengan Bandara Lukla yang ada di Nepal. Karena bandara itu sendiri merupakan bandara paling berbahaya di dunia.

Nepal sendiri memang merupakan salah satu negara yang seringkali menjadi tujuan atau destinasi para pecinta gunung atau pendaki. Karena memang di negara ini sendiri terdapat sebuah pegunungan yang sangat indah namun ekstrim, yaitu Pegunungan Himalaya. Yang dimana di dalam pegunungan tersebut terdapat gunung-gunung tertinggi di dunia. Seperti Gunung Everest dan Kangchenjunga. Tak heran apabila banyak dari para pendaki dari segala penjuru dunia yang datang ke kawasan pegunungan ini.

Nah, untuk Bandara Lukla sendiri merupakan sebuah bandara dengan ukuran kecil yang terletak di kota Lukla, Nepal Timur. Dengan predikat sebagai bandara paling berbahaya di dunia, tentunya terdapat banyak fakta-fakta menarik seputar bandara ini yang perlu lo ketahui. Daripada semakin penasaran, langsung simak saja beberapa informasinya di bawah ini. Semoga dapat berguna bro!

Bandara Lukla – Berada di Ketinggian yang Ekstrim

Suasana di Bandara Lukla. Credit: 1lifeonearth.com

Salah satu alasan mengapa bandara ini paling berbahaya di dunia, ialah dengan kondisi ketinggiannya sendiri. Seperti apa yang sudah diketahui kalau bandara ini sendiri merupakan rute yang harus dilalui untuk para pendaki tiba di Pegunungan Himalaya, maka tak heran apabila bandara ini berada di sebuah ketinggian yang cukup ekstrim.

Bahkan, bagi para pilot yang sudah berpengalaman masih merasa gerogi untuk bisa mendarat di bandara ini. Pesawat yang bisa mendarat di bandara ini hanyalah pesawat dengan ukuran yang kecil, kurang lebih hanya memuat 18 orang.

Nah, untuk ketinggian dari bandara ini sendiri berada di titik 9.000 kaki di atas permukaan laut. Tentunya dengan ketinggian tersebut cukup membuat para pilot kesulitan untuk dapat mendaratkan pesawatnya di bandara ini. Kecelakaan di bandara ini pun cukup sering terjadi.

Bandara Lukla – Landasan Pacu yang Pendek

Kondisi di Landasan Pacu Bandara Lukla. Credit: cntraveler.com

Selain dari ketinggiannya, ternyata Bandara Lukla ini sendiri juga memiliki fakta lainnya yang cukup mencengangkan. Ternyata bandara ini memiliki landasan pacu yang cukup pendek bro, sehingga bukan hanya perkara mendaratnya saja yang susah, untuk tinggal landas di bandara ini pun juga memerlukan tingkat kemampuan yang tinggi.

Landasan aspal yang terdapat di Bandara Lukla ini sendiri hanya memiliki panjang sekitar 1.500 kaki dan lebar 65 kaki. Tentunya dengan ukuran seperti itu, sangatlah kecil. Tentunya dengan ukuran bandara seperti itu, Bandara Lukla hanya bisa dilalui oleh pesawat kecil serta helikopter.

Bandara Lukla – Jurang di Ujung Landasan

Suasana di Bandara Lukla. Credit: it.wikipedia.org

Memang bandara ini sangat cocok untuk mendapatkan predikat tersebut, karena memang terlihat dari kondisinya. Sudah terdapat di titik yang cukup tinggi dan memiliki landasan pacu yang pendek dan kecil, ternyata bandara ini memiliki fakta mengerikan lainnya.

Ternyata di ujung dari landasannya langsung berhadapan dengan jurang yang cukup curam loh bro, kira-kira kedalaman dari jurang tersebut 2.000 kaki. Dan tak jauh dari landasan tersebut terdapat sebuah tembok pegunungan yang cukup tinggi.

Sehingga tidak boleh ada kesalah sedikit pun mengenai mendarat atau lepas landas di bandara ini, karena jika terjadi sebuah kesalahan, baik itu kecil dapat berakibat sangat fatal. Kembali lagi, pilot yang memiliki pengalaman yang banyak pun belum tentu bisa mendaratkan atau lepas landas dari bandara ini loh bro.

Bandara Lukla – Berputar Mengelilingi Pegunungan

Suasana di Lukla Bandara. Credit: markhorrell.com

Fakta lainnya dari Bandara Lukla itu sendiri ialah dengan kondisi lingkungan sekitarnya yang berbahaya. Karena bandara ini dikelilingi oleh gunung-gunung yang tinggi serta curam. Hal tersebut pun menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para pilot untuk menerbangkan pesawatnya ke daerah atau kawasan ini.

Bayangkan saja, ketika sang pilot belum mendapatkan izin untuk mendarat di bandara ini, mau atau tidak mau pesawat yang ia bawa harus mengelilingi pegunungan yang ada di kawasan ini. Bukan hanya sekedar pegunungan tinggi saja yang mereka hadapi, namun dari angina serta cuaca yang susah diprediksi menjadi faktor penting lainnya yang harus diperhatikan oleh sang pilot.

Sehingga sang pilot pun harus-harus benar-benar jelih untuk membaca arah angina serta bagaimana mengontrol pesawat yang ia bawa. Tentu ini menjadi alasan lainnya yang menjadikan Bandara Lukla sebagai bandara paling berbahaya di dunia.

Bandara Lukla – Landasan yang Sering Digunakan Para Pejalan Kaki

Suasana di Bandara Lukla. Credit: twitter.com

Yaap, ini bukan merupakan sebuah hisapan jempol belaka. Memang betul landasan pacu yang ada di Bandara Lukla sendiri sering digunakan oleh pejalan kaki untuk menyebrang dari kota yang satu ke kota lainnya.

Jika ada pesawat yang ingin mendarat atau lepas landas, biasanya para pejalan kaki tersebut diperingatkan dengan suara sirine yang cukup keras. Sehingga para pejalan kaki tersebut akan cepat-cepat menjauh dari landasan pacu. Biasanya hal ini yang membuat pesawat yang ingin mendarat akan sedikit berputar-putar di udara.

Kurang lebih fakta-fakta di atas merupakan hal yang akan lo dapatkan ketika ingin mendaki di Pegunungan Himalaya, hal tersebut pun sudah dialami oleh seorang Allan Prodinger bersama dengan tim SuperAdventure ketika melakukan pendakian ke pegunungan tersebut yang bisa lo lihat di video di bawah ini. Keseruan dari mendaki gunung tertinggi di dunia tersebut bisa juga lo lihat di dalam videonya.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Bandara Lukla di atas? Semoga bisa menjadi sebuah informasi yang berguna ketika lo ingin mendaki Pegunungan Himalaya kelak yaa. Selalu utamakan keamanan serta teruslah berpetualang bro!

 


Please login to comment
1 COMMENTS
vermaruby38
November 14, 2018 at 1:28 PM

Karena memang di negara ini sendiri terdapat sebuah pegunungan yang sangat indah namun ekstrim, yaitu Pegunungan Himalaya, geometry dash of game for kids