Pantai Karang Bolong, Pantai Indah di Kebumen yang Ikonik Bro

Bicara soal pantai di Pulau Jawa, gak hanya di Gunung Kidul aja bro yang ada deretan pantai indah. Kabupaten Kebumenjuga punya wisata pantai yang gak kalah indah dan juga menyimpan sejarah dan mitos unik. Salah satunya adalah wisata bahari Pantai Karang Bolong.

Pantai Karang Bolong, Pantai Indah di Kebumen yang Ikonik Bro

Pulau Jawa dikaruniai dengan segudang keindahan alam yang udah diakui oleh dunia. Hal ini pun divalidasi oleh Pulau Jawa yang dianggap sebagai pulau terbaik di dunia versi Travel and Leisure bro. Jelas aja, Pulau Jawa ini memiliki banyak banget lokasi wisata yang bisa lo coba kunjungi mulai dari wisata alam sampai wisata sejarah.

Berbagai wisata alam seperti pantai, danau, gunung dan masih banyak lagi contoh wisata alam lainnya yang ada di Pulau Jawa sering jadi buruan para wisatawan. Nah, bicara pantai indah yang ada di Pulau Jawa, Kabupaten Kebumen juga punya wisata pantai yang gak kalah dari pantai Gunung Kidul loh bro. Pantai yang dimaksud adalah Pantai Karang Bolong.

Pantai Karang Bolong, Pantai Indah di Kebumen yang Ikonik Bro

Pantai Karang Bolong, Pantai Indah di Kebumen yang Ikonik Bro. Photo Credit: rahmawatie.com

Deburan ombak dan keindahan alam sekitar pantai dijamin bakal membuat lo atau siapa pun menjadi betah dan lebih santai. Nah, buat lo yang belum pernah berkenalan dengan salah satu pantai indah di Kabupaten Kebumen yang satu ini, langsung aja lo simak bahasan kali ini bro. Biar lo gak kaget dan kebinungan saat berkunjung ke sana.

Sejarah dan Mitos Tentang Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong, Pantai Indah di Kebumen yang Ikonik Bro

Pantai Karang Bolong, Pantai Indah di Kebumen yang Ikonik Bro. Photo Credit: facebumen.com

Dulunya Pantai Karang Bolong ini dikenal dengan nama Pantai Karang Suraga yang diambil dari Suryadilaga, seorang ilmu tinggi yang bertapa di sana. Akan tetapi perubahan nama ini berdasarkan keberadaan batu karang yang ada di pantai tersebut berlubang. Lubang di batu karang ini pun masih menjadi misteri, tetpi diduga bahwa hal itu disebabkan oleh letusan Gunung Krakatau di tahun 1883.

Layaknya pantai yang ada di Indonesia, Pantai Karang Bolong juga diceritakan memiliki cerita mitos yang dipercayai masyarakat sekitar. Berdasarkan sejarah dan mitos yang ada tentang Pantai Karang Bolong, masyarakat sering menggelar ritual yang diberi nama "Unduh Sarang Walet". Upacara oleh warga sekitar ini rutin dilakukan sehari sebelum memalukan panen sarang walet yang terdapat di gua-gua sekitar pantai.

Pantai Karang Bolong, Pantai Indah di Kebumen yang Ikonik Bro

Pantai Karang Bolong, Pantai Indah di Kebumen yang Ikonik Bro. Photo Credit: lintaskebumen.wordpress.com

Sarang walet tersebut dapat ditemukan di Gua Pasir, Gua Karangduwur, dan juga Gua Karang Bolong. Sebenarnya tujuan utama dilakukannya ritual ini adalah untuk meminta keselamatan dan keberkahan kepada Tuhan dan juga meminta ijin kepada Ratu Pantai Selatan Nyi Roro Kidul. Ijin ini dilakukan karena warga setempat menganggap semua yang ada di Laut Selatan adalah miliki Nyi Roro Kidul sebagai penguasa Laut Selatan.

Ada juga mitos unik yang berlokasi gak jauh dari Gua Karang Bolong dimana ada lubang kecil yang hanya dapat dilihat saat air laut surut. Konon, lubang itu terkadang digunakan untuk melakukan ritual pemanggilan jin bro, dimana orang-orang akan membawa sesajen serta membaca mantra khusus saat ada di dalam lubang tersebut. Bahkan gak sedikit yang menggunakan gua di Pantai Karang Bolong untuk mencari pesugihan.

Keindahan Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong, Pantai Indah di Kebumen yang Ikonik Bro

Pantai Karang Bolong, Pantai Indah di Kebumen yang Ikonik Bro. Photo Credit: wisataindonesia.co.id

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang ada di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, lebih tepatnya lagi pada sisi bagian selatan setelah daerah Gombong. Jika lewat kawasan ini, lo semua akan disambut dengan pegunungan kapur yang keren banget, dan jika lo teruskan perjalanan lo akan sampai di gugusan pantai-pantai indah.

Selain Pantai Karang Bolong, di sana juga ada berbagai pantai indah yang bisa lo kunjungi seperti Pantai Suwuk dan Pantai Meganti. Sesampainya lo di Pantai Karang Bolong, lo akan disambut oleh deburan ombak yang bergerak mendekati bibir pantai. Kondisi pasir yang berwarna putih keabuan juga menambah pesona Pantai Karang Bolong yang juga disertai dengan deretan pohon kelapa.

Pantai Karang Bolong, Pantai Indah di Kebumen yang Ikonik Bro

Pantai Karang Bolong, Pantai Indah di Kebumen yang Ikonik Bro. Photo Credit: travelingyuk.com

Salah satu daya tarik dari Pantai Karang Bolong ini adalah saat mulai datang waktu air surut. Ketika air surut, lo dapat menjelajahi karang-karang yang terlihat di permukaan. Saat inilah kehidupan bawah laut bisa lo lihat dengan jelas.

Tentunya, layaknya wisata pantai lainnya, lo juga bisa bermain air dan menyewa perahu kecil serta banana boat di sana. Tetapi, sorotan utama Pantai Karang Bolong adalah spot gua batu yang memiliki panjang sekitar 30 meter dengan tinggi 5 meter dan lebar 30 meter. Spot ini merupakan ikon dari Pantai Karang Bolong dan tentu aja menjadi lokasi favorit para pengunjung untuk berfoto di sana.

Menuju Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong, Pantai Indah di Kebumen yang Ikonik Bro

Pantai Karang Bolong, Pantai Indah di Kebumen yang Ikonik Bro. Photo Credit: yukpiknik.com

Nah, bagi lo yang mau berkunjung ke Pantai Karang Bolong, lo harus menempuh jarak sekitar 40 kilometer dari pusat Kota Kebumen menuju ke arah Barat Daya. Waktu yang diperlukan untuk sampai ke Pantai Karang Bolong dari sana kurang lebihnya sekitar 1 jam perjalanan bro.

Jalur transportasi yang bisa lo gunakan juga mudah banget bro dari pusat kota Kebumen. Lo akan perlu menempuh perjalanan menuju ke arah Kota Gombong lalu memilih jurusan Karang Bolong.

Selain itu juga lo bisa memilih jalur menuju Petanahan dari pusat kota lalu menuju ke arah Pantai Suwuk. Setelah sampai, lo harus menyebrang muara sungau terlebih dahulu. Atau bisa dengan jalur darat yang agak memutar dengan jarak tempuh sekitar 4,4 kilometer.

Nah, itu lah bro segala informasi tentang keindahan serta sejarah dan mitos Pantai Karang Bolong. Gimana bro, tertarik gak nih buat berkunjung ke sana?

 

Source

Feature Image – bisniswisata.co.id

Wilderness Beginner pantai solo traveling solo backpacker
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!