OCT 31, 2018

Ketika Pesawat Delay, 6 Hak Penumpang Ini Bisa Lo Minta Ke Pihak Maskapai Loh!

Pesawat delay atau keterlambatan tentu menjadi sebuah momok yang jangan sampai terjadi ketika lo melakukan perjalanan. Namun bila hal itu terjadi, tenang saja bro, sebagai penumpang lo memiliki hak-hak yang bisa lo perjuangkan kok. Enggak percaya, lihat saja informasinya di bawah ini!


Apa yang terlintas di kepala ketika lo harus merasakan delay ketika sedang ingin bepergian menggunakan pesawat? Tentunya merupakan hal yang sangat mengesalkan bukan. Banyak hal yang harus lo korbankan apabila delay itu terjadi. Mungkin buat lo yang hanya ingin liburan, delay masih bisa lo toleransi, namun bayangkan apabila lo sedang menjalakan perjalanan bisnis.

Kalau hanya ditunda selama 10-15 menit mungkin bukan merupakan masalah yang besar, namun kalau sudah lebih dari itu tentunya sudah menjadi hal yang sangat membuat diri lo naik pitam. Nah, daripada lo cuman marah atau ngomel mengenai delay dari sebuah maskapai penerbangan, ternyata sebagai penumpang lo mendapatkan kompensasi loh.

Menurut Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No. 89 Tahun 2015 keterlambatan penerbangan terbagi atas enam kategori loh bro. Nah, makanya sebelum lo marah-marah atau sebelum mengalami delay, enggak ada salahnya kok untuk melihat apa saja sih yang menjadi hak penumpang ketika kejadian yang paling dibenci ini terjadi. Semoga bermanfaat!

Hak Penumpang Ketika Delay Melanda – Kategori 1

Ilustrasi Pesawat Delay. Credit: saga.co.uk/

Sebagai penumpang tentunya kenyamanan serta keamanan menjadi sebuah hal yang seharusnya lo dapatkan dari setiap maskapai penerbangan. Namun ketika delay itu terjadi, sebenarnya apa sih yang akan lo dapatkan.

Jika pesawat mengalami keterlambatan sekitar 30-60 menit sebagai penumpang, ternyata lo berhak loh untuk mendapatkan kompensasi berupa minuman ringan. Jadi, lo bisa loh untuk menanyakan hal ini kepada pihak maskapai untuk mendapatkan hak lo.

Hak Penumpang Ketika Delay Melanda – Kategori 2

Ilustrasi Ketika Pesawat Delay. Credit: independent.co.uk

Ketika keterlambatan dari pesawat yang lo alami semakin lama, maka lo berhka juga untuk mendapatkan kompensasi yang lebih dari kategori pertama. Ingat, karena penumpang itu merupakan sebuah aset yang harus dijaga serta dipertanggung jawabkan oleh pihak maskapai.

Jika pesawat yang ingin lo naiki mengalami keterlambatan mulai dari 1 hingga 2 jam maka lo mendapatkan hak yang lebih loh. Seperti mendapatkan snack serta minuman ringan. Jadi, kalau hal ini terjadi kepada lo, jangan segan loh untuk meminta hak lo kepada pihak yang berwajib.

Hak Penumpang Ketika Delay Melanda – Kategori 3

Ilustrasi Pesawat Delay. Credit: medium.com

Keterlambatan pesawat memang merupakan sebuah momok yang paling dihindari oleh setiap penumpang. Namun hal ini memang tidak bisa lo prediksi. Ada banyak faktor loh yang bisa menyebabkan hal ini terjadi kepada lo. Mungkin dari pesawatnya yang harus menjalani perawatan lebih agar penerbangan lo lebih aman atau bisa juga memang terjadi keterlambatan dari destinasi sebelumnya.

Nah, kalau dari keterlambatan atau delay tersebut sudah menyentuh di waktu yang cukup lama sekitar 121 hingga 180 menit atau lebih dari 2 jam, tentunya lo memiliki hak lebih yang tentunya bisa lo minta kepada maskapai penerbangannya. Hak tersebut ialah lo bisa mendapatkan makanan atau minuman berat dan jangan segan yaa untuk meminta hak lo itu kepada maskapai penerbangan yang bersangkutan.

Hak Penumpang Ketika Delay Melanda – Kategori 4

Ilustrasi Pesawat Delay. Credit: roadwarrior.blog

Menyelesaikan masalah dengan emosi memang bukan merupakan solusi terbaik yang bisa lo tempuh. Karena masih terdapat jalan lain yang bisa lo lakukan loh, termasuk mengetahui regulasi yang ada. Mengenai keterlambatan pesawat itu sendiri, sebagai penumpang lo juga memiliki hak.

Kalau pesawat lo sudah terlambat hingga mencapai 181 – 240 menit atau lebih dari 3 jam tentunya lo memiliki hak yang lebih ketimbang kategori-kategori sebelumnya. Ketika lo sudah berada di posisi tersebut, lo berhak loh untuk mendapatkan minuman, makanan ringan (snack box0 dan makanan berat (heavy meal). Jangan segan pula untuk meminta hal ini kepada pihak yang bersangkutan yaa bro.

Hak Penumpang Ketika Delay Melanda – Kategori 5

Ilustrasi Pesawat Delay. Credit: twitter.com/

Bila sudah menyentuh kategori 5 berarti keterlamabatanyang lo alami sudah semakin serius nih bro. Tentunya hal ini harus memiliki tindakan baik dari sang penumpang maupun dari maskapainya itu sendiri. Namun tetap yaa jangan gunakan emosi lo, tetap memiliki kepala yang dingin.

Terkadang pesawat bisa menunda penerbangannya lebih dari 240 menit atau lebih dari 4 jam. Biasanya sih hal ini bisa terjadi karena terdapat kendala dari pesawat yang akan lo gunakan. Baik dari kerusakan mesin, cuaca atau kendala teknis lainnya.

Untuk kategori ini, lo memiliki hak bukan hanya berupa makanan dan minuman saja bro, namun ganti rugi senilai Rp 300.000 berupa uang tunai, trander ke rekening maupun voucher yang dapat diuangkan dengan waktu maksimal 3x24 jam sejak delay terjadi.

Hak Penumpang Ketika Delay Terjadi – Kategori 6

Ilustrasi Pesawat Delay. Credit: skyrefund.com

Kategori ini merupakan yang terakhir dari peraturan yang ada dari pemerintah, biasanya hal ini pun terjadi dikarenakan oleh pembatalan penerbangan. Sebagai penumpang lo juga memiliki hak yang harus dipenuhi dari pihak maskapai yang perlu lo ketahui.

Untuk pembatalan penerbangan sendiri, maskapai wajib untuk mengalihkan penumpang ke penerbangan berikutnya atau mengembalikan uang tiket atau refund. Selain mendapatkan kompensasi berupa makanan dan minuman, ternyata dari setiap penumpang yang terkena delay dari kategori 2 hingga 5 juga bisa meminta untuk dialihkan ke penerbangan berikutnya atau meminta refund sepenuhnya.

Ketika terkena delay, lo bisa meminta pertanggungjawaban ke General Manager, Station Manager, staf maupun pihak-pihak yang ditunjuk untuk mewakili maskapai. Nah dengan mengetahui hak-hak lo sebagai penumpang di atas, semoga lo bisa lebih tahu harus ngapain ketika delay itu melanda lo.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar hak-hak apa saja yang bisa lo dapatkan ketika delay itu melanda. Semoga bisa menjadi hal yang berguna yaa bro. Teruslah bersemangat dan jangan berhenti beraksplorasi bro!

Source

 

 

Featured Image: cntraveler.com


Please login to comment
1 COMMENTS
Sukma Muhammad Rizqi Salsabilla
November 5, 2018 at 8:28 AM

Mantap sekali