OCT 31, 2018

10 Fakta Menarik yang Harus Lo Ketahui Tentang Turbulensi Pesawat!

Turbulensi adalah hal yang umum bisa terjadi kapan saja di angkasa sana. Goncangan tersebut memang akan membuat tidak nyaman, tapi sikapilah dengan tenang! Simak bahasan ini dulu!


Buat para petualang dan traveller yang sering kali berpindah destinasi petualangan lintas negara yang mengharuskan mereka untuk berpergian menggunakan pesawat terbang, tentu istilah turbulensi sudah tidak asing lagi di telinga mereka.

10 Fakta Menarik yang Harus Lo Ketahui Tentang Turbulensi Pesawat! credit photo: dailystar.co.uk

Secara umum, turbulensi pesawat adalah di mana pesawat terbang tengah berada di dalam kondisi yang tidak begitu stabil atau tengah mengalami pergerakan yang acak dalam waktu tertentu. Turbulensi sendiri biasanya – pada umumnya terjadi karena pesawat masuk ke dalam kondisi cuaca yang beresiko tinggi.

10 Fakta Menarik yang Harus Lo Ketahui Tentang Turbulensi Pesawat! credit photo: pegipegi.com

Oleh karena itu, goncangan yang bisa lo rasakan sampai di dalam kabin adalah efek dari turbulensi tersebut. Meski lo sudah sering sekali naik pesawat terbang, tentu turbulensi ini juga dapat membuat lo cemas dan resah akan resiko besar yang akan lo terima.

Buat lo yang belum pernah atau sudah pernah merasakan turbulensi, berikut 10 fakta menarik yang perlu lo ketahui terkait hal tersebut.

Luka atau Cidera: Bisa Terjadi Tapi Jarang

Federasi Administrasi Penerbangan menyatakan bahwa setiap tahunnya akan selalu ada kasus turbulensi di berbagai negara. Dalam beberapa kasus yang terjadi, ada awak pesawat dan penumpang yang terluka.

Dari sekian banyak yang pernah terluka akibat turbulensi, dua pertiganya adalah para pramugari. Hal ini tentu terkait dengan pekerjaan mereka yang melayani para penumpang sehingga tidak heran jika mereka telat menggunakan serta mengencangkan sabuk pengaman sehingga bisa berbenturan dengan bagian kabin karena terhuyung akibat turbulensi tersebut.

Turbulensi Sangat Umum Terjadi

Pada dasarnya, turbulensi terjadi dikarenakan oleh angin, badai, jet stream, daerah dekat pegunungan, dan banyak lagi lainnya. Hal ini – turbulensi – sangat umum terjadi dalam dunia penerbangan. Anggapannya, pesawat yang tengah turbulensi sama saja seperti mobil yang terguncang karena melewati gundukan.

Goncangan di dalam kabin tersebut ternyata berasal dari angin yang bisa mencapai kecepatan hingga 402 kilometer/jam. Angin yang bercampur dengan udara yang bergerak lambat menabrak pesawat, menghasilkan goncangan yang lo rasakan di dalam kabin.

Pilot Tahu Kapan Turbulensi Akan Terjadi

Dalam banyak kasus turbulensi yang sudah terjadi, rata-rata pilot sudah mengetahui kapan turbulensi itu akan terjadi. Hal ini tentu berdasarkan laporan cuaca sebelum penerbangan, radar dan sensor di kokpit dan juga laporan dari pesawat lain yang melintasi daerah tersebut.

Dengan begitu, wajar jika pilot sudah menyalakan atau mengaktifkan tanda sabuk pengaman untuk para penumpang dan awak pesawat.

CAT – Clear Air Turbulance

Turbulensi memiliki beragam jenis dan yang paling sering terjadi dalam penerbangan pada umumnya adalah CAT – Clear Air Turbulance. CAT adalah turbulensi yang terjadi di saat langit cerah tidak ada awan sehingga radar cuaca tidak dapat memprediksi bahwa kondisi tersebut ternyata bisa memicu turbulensi.

Karena tidak bisa di prediksi, CAT adalah jenis turbulensi yang cukup berbahaya.

Global Warming Juga Picu Turbulensi

Percaya atau tidak jika global warming juga bisa menyebabkan turbulensi dalam penerbangan, lho. Global warming menyebabkan pesawat dan segala sensor atau radar cuacanya tidak bisa memprediksi kemungkinan pesawat mengalami guncangan karena cuaca tengah cerah dan terang.

Turbulensi Tidak Menyebabkan Pesawat Kecelakaan

Berdasarkan pengalaman pilot dari British Airways, Steve Allright menyatakan turbulensi dibagi menjadi tiga kelas, yaitu ringan, sedang dan berat. Turbulensi ringan yang akan membuat lo seperti di dalam mobil dan melewati gundukan, turbulensi sedang – akan membuat pesawat melenceng 3-6 meter dari rutenya.

Lain halnya dengan turbulensi berat yang bisa menyebabkan pesawat menyimpang dari rutenya sejauh atau setinggi 30 meter dengan guncangan hebat. Hal ini tentu tidak nyaman bagi para penumpang namun tetap tidak berbahaya. Turbulensi adalah hal umum yang akan dialami tiap pesawat.

Pilot Dilatih Untuk Santai Menghadapi Turbulensi

Para pilot telah diajarkan dan dilatih untuk merespon turbulensi dengan santai dan tidak mudah panic. Hal ini terkait dengan para pilot yang berhati-hati mempelajari pola cuaca dan memilih rute terbaik pada penerbangannya.

Jika turbulensi terjadi tanpa bisa diprediksi, dan tidak bisa dihindari lagi, tugas pilot selanjutnya adalah menenangkan kecemasan para penumpang.

Mematuhi Aturan Sabuk Pengaman

Satu-satunya cara yang paling efektif saat terjadi turbulensi adalah tetap bersikap tenang dan mematuhi tanda memakai sabuk pengaman yang dinyalakan pilot. Hal ini cukup sederhana tapi bisa mengurangi resiko cedera saat terjadi turbulensi.

Oleh karena itu, pastikan dari awal lo sudah duduk di kursi penumpang di kabin, lo juga sudah menggunakan sabuk pengaman. Hal ini tentu tidak akan merepotkan lo sendiri ketika ada turbulensi barulah lo menggunakan sabuk pengaman.

Tidak Memangku Barang Bawaan

Laci di atas kursi penumpang yang berguna untuk menyimpan tas atau koper yang beratnya tidak lebih dari 20 kilogram adalah tempat aman di mana lo harus menaruh segala barang yang lo bawa. Jangan sampai saat turbulensi lo malah menaruh barang bawaan lo dipangkuan ya. Cukup berbahaya lho itu.

Teknologi Baru Untuk Pesawat Terhindari dari Turbulensi

Para perancang penerbangan tengah mengembangkan sebuah teknologi baru yang dapat membantu pesawat terhindari dari turbulensi. Jadi, di masa yang akan datang – pesawat tidak perlu mengalami guncangan yang tidak nyaman tersebut.

10 Fakta Menarik yang Harus Lo Ketahui Tentang Turbulensi Pesawat! credit photo: b24.am

Teknologi ini kabarnya akan berupa laser ultraviolet yang fungsinya menembakan semacam gelombang ke jalur pesawat yang akan dilewati sehingga udara di sana menjadi stabil. Dengan begitu, rute pesawat menjadi aman dari gangguan turbulensi.

10 Fakta Menarik yang Harus Lo Ketahui Tentang Turbulensi Pesawat! credit photo: arah.com

Dari 10 fakta menarik di atas, tentu lo tidak perlu takut lagi ketika pesawat lo mengalami goncangan hebat ya. Tentu hal tersebut adalah turbulensi yang biasa terjadi.

 

Source

Feature Image - travelingyuk.com


Please login to comment
3 COMMENTS
Sukma Muhammad Rizqi Salsabilla
November 5, 2018 at 8:28 AM

Mantap sekali


Sukma Muhammad Rizqi Salsabilla
November 5, 2018 at 8:28 AM

Mantap sekali


abrahamlincoln
November 8, 2018 at 10:02 AM

This really interesting post. Thanks for sharing! Click hotmail login account free.