5 Tips Trekking Menarik ke Pulau Padar yang Bisa Bermanfaat Untuk Lo, Nih!

Begitu banyak para petualang yang ingin pergi ke Pulau Padar untuk mendapatkan foto ciamik yang khas dari sana. Untuk lo yang sudah siap, simak dulu tips untuk trekking ke puncak Pulau Padar!

5 Tips Trekking Menarik ke Pulau Padar yang Bisa Bermanfaat Untuk Lo, Nih!

Pulau Padar di Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu pilihan utama bagi para petualang yang melakukan perjalanan ke Taman Nasional Komodo dan sekitarnya. Pulau Padar sendiri terletak tepat di antara Pulau Komodo dan Pulau Rinca.

Dengan letaknya yang seperti itu, wajar jika Pulau Padar menjadi salah satu pilihan utama untuk setiap petualang. Terlebih, Pulau Padar sendiri mempunyai pemandangan ikonik yang sepertinya tidak bisa di lewatkan begitu saja oleh setiap petualang yang datang ke sana.

Pulau Padar sendiri adalah pulau yang memiliki padang savana yang luas dan mempunyai jalur trekkingnya sendiri untuk mendapatkan pemandangan ikonik yang dimaksud di atas. Dari Labuan Bajo, setidaknya 4 jam perjalanan menggunakan perahu.

Buat lo yang sudah tidak sabar untuk mengetahui kelanjutan bahasan kali ini, sila simak 5 tips untuk trekking di Pulau Padar! Siapkan stamina yang cukup serta tekad yang bulat untuk mendapatkan pemandangan yang luar biasa di sana, ya!

Pertama, Siapkan Stamina yang Prima

5 Tips Trekking Menarik ke Pulau Padar yang Bisa Bermanfaat Untuk Lo, Nih!

5 Tips Trekking Menarik ke Pulau Padar yang Bisa Bermanfaat Untuk Lo, Nih! credit photo: dailyvoyagers.com

Seperti yang sudah disebutkan pada baris sebelumnya di atas, stamina atau kekuatan fisik yang sehat dan prima adalah salah satu kunci di mana lo akan berhasil untuk melewati seluruh trek trekking di Pulau Padar.

Untuk bisa sampai ke Puncak Pulau Padar, setidaknya lo harus trekking kurang lebih 45 menit sampai satu jam lamanya. Terlebih, sepanjang jalur trekking – tidak ada sumber air yang dekat, jadi satu-satunya cara untuk menjaga lo agar jauh dari dehidrasi adalah membawa perbekalan minum yang cukup.

Untuk lo yang sudah siap dengan perbekalan minum yang cukup, sekarang tinggal lo pastikan waktu mulai trekkingnya. Pagi sekali atau sore sekali adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan momen matahari terbit atau matahari terbenam.

Jika tengah hari, memang pencahayaan sedang bagus-bagusnya – akan tetapi trekking tengah hari bolong malah akan menyusahkan lo, lho. Lo akan cepat sekali kehilangan cairan karena aktivitas trekking lo tersebut dan udara panasnya yang akan menemani lo sepanjang perjalanan tersebut.

Kedua, Best Moment in Pulau Padar: Sunrise/Sunset

5 Tips Trekking Menarik ke Pulau Padar yang Bisa Bermanfaat Untuk Lo, Nih!

5 Tips Trekking Menarik ke Pulau Padar yang Bisa Bermanfaat Untuk Lo, Nih! credit photo: takaitu.com

Seperti yang sudah disebutkan di atas, dua momen terbaik yang ada di atas atau di Puncak Pulau Padar adalah momen matahari terbit atau matahari terbenam. Sunrise dan sunset di puncak Pulau Padar memang tak pernah salah untuk menjadi kenangan saat lo berada di sana, bro.

Oleh karena itu, pastikan jika lo membawa peralatan fotografi yang lengkap untuk menangkap segala momen yang seru saat lo berada di sana. Sila berangkat lebih pagi untuk mendapatkan sunrise sempurna saat berada di sana.

Terlebih saat sunset, mengambil time lapse sunset di sana tidak ada salahnya bro. Pergerakan matahari yang perlahan berakhir di garis cakrawala sana adalah salah satu momen terbaik yang ada di puncak Pulau Padar.

Ketiga, Sublock – Topi dan Kacamata Hitam, Bikin Lo Kece!

5 Tips Trekking Menarik ke Pulau Padar yang Bisa Bermanfaat Untuk Lo, Nih!

5 Tips Trekking Menarik ke Pulau Padar yang Bisa Bermanfaat Untuk Lo, Nih! credit photo: thelabuanbajo.com

Eits, jangan pernah meremehkan sinar matahari di Pulau Padar ya. Akan super panas sekali bro jika cuaca tengah terang sekali. Oleh karena itu, di atas juga sudah disebutkan jika lo terlambat untuk mendapatkan sunrise, jangan sesekali trekking ke Pulau Padar saat tengah hari, tanpa sunblock, bisa jadi lo akan mendapatkan cedera kulit karena saking panasnya.

Lindungi kulit dengan mengoleskan sunblock supaya kulit lo tidak cedera karena sengatan matahari, atau setidaknya – lo bisa menggunakan baju lengan panjang yang melindungi seluruh bagian kulit lengan lo itu. Termasuk menggunakan topi, bucket hat mungkin menjadi salah satu yang direkomendasikan.

Selain topi atau bucket hat – kacamata hitam adalah salah satu gear yang penting yang bisa lo gunakan saat berpetualang ke sana. Sinar matahari bisa jadi akan menyilaukan mata lo karena memang akan sangat terang sekali.

Keempat, Gunakan Alas Kaki yang Nyaman

5 Tips Trekking Menarik ke Pulau Padar yang Bisa Bermanfaat Untuk Lo, Nih!

5 Tips Trekking Menarik ke Pulau Padar yang Bisa Bermanfaat Untuk Lo, Nih! credit photo: wisatatempat.com

Trekking di Pulau Padar memang tidak begitu terlalu esktrem seperti trekking di pegunungan. Namun, lo juga tidak bisa menyepelekan trekking di sana karena medannya yang dilalui lumayan susah dan sempit. Jika lo ceroboh, lo akan terpeleset dan jatuh ke laut.

Oleh karena itu, pastikan lo menggunakan sepatu trekking saja supaya nyaman dan aman saat menjejakan kaki ke sana. Jalurnya atau treknya yang berbatuan krikil dan menanjak akan menuntut lo untuk berhati-hati dalam menjejakan kaki di sana.

Kelima, Jangan Menyalakan Api Seenaknya

5 Tips Trekking Menarik ke Pulau Padar yang Bisa Bermanfaat Untuk Lo, Nih!

5 Tips Trekking Menarik ke Pulau Padar yang Bisa Bermanfaat Untuk Lo, Nih! credit photo: seru.bereum.com

Jangan sampai seperti Gili Lawa kemarin ya – satu kompleks bukit bisa terbakar karena ada yang sembarang menyalakan api. Jadi, jelas jangan sampai lo menyalakan api seenaknya saja. Hal ini cukup berbahaya untuk lo dan untuk alam bebasnya juga.

Oleh karena itu – jelas jangan sampai dengan seenaknya lo menyalakan api ya! Padang savana di sana cukup kering dan gersang, kemudian – angin yang besar juga akan semakin memudahkan api akan membesar di sana.

Wah bagaimana nih bro? sudah semakin penasaran bagaimana lo bisa trekking ke Pulau Padar dan mendapatkan foto ciamik khas zaman sekarang? Kalau iya, langsung saja lo siapkan segalanya, berkemas dan berangkat ke sana!

 

Source

Feature Image - blog.reddoorz.com

Wilderness Beginner Extreme pantai pulau komodo nusa tenggara timur
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!