NOV 3, 2018

Mendaki Gunung di Nepal, Jangan Lupa Untuk Mencicipi 8 Pilihan Kuliner Khasnya Yang Nikmat!

Percaya atau tidak, ternyata kuliner khas Nepal ternyata memiliki rasa yang cukup unik serta nikmati loh bro. Penasaran? Lihat saja informasinya di bawah ini!


Selain dari pegunungannya, ternyata Nepal juga memiliki keindahan lainnya yaitu melalui kulinernya yang nikmat loh. Tak heran apabila para pendaki yang sedang melakukan aktivitasnya khususnya di Pegunungan Himalaya sangat menanti-nantikan makanan khas Nepal ketika mereka sedang berada di pos istirahat. Oleh sebab itu, tak ada salahnya buat lo agar mengetahui bagaiamana kenikmatan dari sebuah hidangan khas Nepal.

Salah satu kudapan yang paling terkenal dari Nepal itu sendiri bernama dal bahat. Yang merupakan sup kacang-kacangan beserta dengan nasi. Namun apakah hanya itu saja yang terdapat di negara yang memiliki pegunungan paling tinggi di dunia ini. Tentunya tidak bro, maka dari itu di dalam artikel ini akan membahas mengenai beberapa pilihan makanan khas Nepal yang harus lo ketahui bro.

Namun tenang saja bro, sebagai orang Indonesia yang memiliki cita rasa yang tergolong unik tidak akan menemukan kesulitan kok untuk menemukan keselarasan dengan kuliner khas Nepal. Karena dari setiap bahan yang mereka gunakan masih termasuk familiar di lidah lo. Daripada semakin penasaran, berikut beberapa pilihan kuliner khas Nepal.

Kuliner Khas Nepal – Sel Roti

Nikmatnya Sel Roti Asal Nepal. Credit: idntimes.com

Ketika berada di Nepal jangan lupa untuk merasakan kenikmatan dari Sel Roti yaa. Banyak yang beranggapan pula kalau kuliner satu ini merupakan donat ala Nepal. Bentuknya yang bulat serta bolong di tengahnya dimasak dengan cara digoreng.

Namun cita rasa yang dimiliki oleh Sel Roti itu sendiri tidak terlalu manis bila dibandingkan dengan donat pada umumnya. Lo juga tidak akan kesulitan kok untuk menemukan Sel Roti ini ketika berada di Nepal. Karena banyak terdapat pedagang Sel Roti di pinggir jalan.

Selain itu warga Nepal sendiri juga membuat sel roti ketika festival tertentu. Seperti ketika Festival Maghe Sankranti dan Tihar. Menikmati ketika sore hari ditemani dengan segelas teh merupakan hal yang tepat untuk lo lakukan, belum lagi dengan pemandangan alam yang indah.

Kuliner Khas Nepal -  Gundruk

Nikmatnya Gundruk. Credit: nepalesecuisineofficial.blogspot.com

Gundruk sendiri merupakan salah satu pilihan kuliner khas Nepal yang sangat populer di Nepal. Buat lo yang suka dengan sayuran, tentunya kuliner satu ini patut untuk lo rasakan, karena memiliki cita rasa yang cukup unik.

Makanan yang terbuat dari sayuran hijau yang differmentasi kemudian dibuat menjadi semacam asinan ini disebut juga gundruk ko achar. Campuran rasa kecut dan asin terdapat di dalam kuliner satu ini. Paling nikmati dinikmati dengan kari Nepal dan Dal Bhat.

Kuliner Khas Nepal – Bara

Nikmatnya Bara. Credit: videoblocks.com

Untuk pilihan kuliner khas Nepal berikutnya yang perlu untuk lo ketahui serta nikmati ialah Bara. Sebuah kuliner yang cocok sekali untuk menemani waktu sore lo ataupun ketika pagi hari, tentu bisa menjadi kuliner nikmat sekali ketika dimakan dengan cuaca Nepal yang relatif dingin.

Bara sendiri merupakan kue yang mirip dengan panekuk yang terbuat dari tepung beras. Kuliner ini sendiri datangnya dari Etnis Newari. Kudapan ini bisa dimakan polos dan bisa juga ditambah dengan telur mata sapi atau daging kerbau cincang.

Kuliner Khas Nepal – Chatamari

Nikmatnya Chatamari. Credit: .pinterest.com

Kuliner satu ini pun cukup unik, karena memiliki bentuk yang mirip dengan pizza. Namun rasanya berbeda loh, memiliki cita rasa yang cukup unik. Banyak yang beranggapan pula kalau Chatamari ini merupakan pizzanya orang Nepal.

Chatmari sendiri terbuat dari tepung beras yang ditambah beberapa topping seperti irisan bawang, ketumbar, daging cincang, telur, cabai, serta rempah-rempah lainnya. Tentunya memiliki rasa yang sangat berbeda bukan, apabila pizza yang berasal dari Italia yang dominan dengan keju serta saus tomat. Namun rasa yang dimiliki oleh Chatamari sendiri tak kalah nikmatnya loh.

Kuliner Khas Nepal – Yomari

Nikmatnya Yomari. Credit: theculturetrip.com

Kuliner yang biasanya dijumpai saat Festival Yomari Punhi ini selain memiliki rasanya yang nikmat, ternyata juga merupakan kuliner yang menandakan berakhirnya musim panen padi. Yomari ini sendiri terbuat dari tepung beras yang dibentuk seperti ikan dan diisi dengan chaku.

Chaku sendiri merupakan campuran air tebu, gula merah, mentega dan kacang. Rasa manis beserta gurih merupakan sebuah perpaduan rasa yang tepat dan berada di dalam Yomari ini. Rasanya nikmat tersebut juga bisa menjadi penambah tenaga lo ketika melakukan pendakian.

Kuliner Khas Nepal – Chiura

Penampakan Dari Chiura. Credit: .idntimes.com

Kuliner Nepal sendiri memang memiliki pilihan kuliner yang cukup unik, tak heran apabila banyak dari penikmat kuliner dari berbagai penjuru dunia yang suka dengan jenis-jenis kuliner yang ada. Salah satunya ialah Chiura.

Chiura merupakan kuliner yang terbuat dari beras yang dikeringkan, sehingga kurang lebih bentuknya seperti oatmeal. Tujuan utama dari terbuatnya kuliner satu ini dikarenakan untuk membuat beras tersebut lebih awet. Dengan teksturnya yang kering, biasanya kuliner ini sangat nikmat bilamana disantap dengan kari.

Kuliner Khas Nepal – Sandheko

Penampakan Dari Sandheko. Credit: /nepalitummy.blogspot.com/

Buat lo yang suka dengan salad dan kuliner-kuliner pedas, tentunya kuliner khas Nepal satu ini merupakan pilihan yang tepat. Karena memang perpaduan tersebut ada di dalam satu jenis kuliner ini, Sandheko namanya.

Salad pedas khas Newari ini biasanya terbuat dari kentang atau kacang yang kemudian ditambah dengan cabai, bawang mentah, ketumbar dan rempah-rempah lainnya. Uniknya salad ini disajikan dingin. Makanan ini pun memiliki rasa yang sangat enak dan populer di kedai-kedai makanan ringan di Nepal.

Kuliner Khas Nepal – Momo

Nikmatnya Momo. Credit: en.wikipedia.org

Banyak yang beranggapan pula kalai Momo ini sendiri merupakan makanan favorit orang Nepal setelah dal bhat. Bentuknya yang mirip dengan dim sum tentunya memiliki rasa yang cukup nikmat serta unik. Tentunya merupakan santapan yang pas untuk mengisi perut lo ketika jam makan siang.

Momo ini sendiri diisi dengan sayuran cincang atau daging ayam dan kerbau. Terdapat dua cara untuk memasak momo, cukup dikukus saja atau juga bisa dikukus kemudian digoreng. Ketika berada di Nepal jangan lupa untuk mencicipi kuliner satu ini yaa.

Jadi bagaimana brod dengan informasi seputar kuliner khas Nepal di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo ketika ingin mencari kuliner Nepal yang memiliki rasa nikmat. Teruslah bersemangat bro dan jangan berhenti bereksplorasi!

Source

 

 

Featured Image: foody.id


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!