NOV 5, 2018

6 Hal yang Perlu Lo Lakukan saat Gempa Mengguncang Gunung

Gempa bumi dapat terjadi di mana saja, termasuk di pegunungan. Oleh sebab itu, pendaki perlu memperhatikan sejumlah hal agar siap menghadapi bencana gempa di gunung. Mereka juga dianjurkan membawa barang persiapan bencana apabila terjadi hal yang tidak diduga-duga.


Bahaya gempa bumi selalu mengintai setiap orang di manapun, termasuk di pegunungan. Para pendaki sebaiknya sudah mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan saat gempa berlangsung. Mereka juga perlu memerhatikan lokasi yang harus dijauhi ketika gempa berguncang.

Saat gempa berlangsung, para pendaki baiknya menerapkan langkah dan teknik tertentu agar tetap bertahan hidup. Mereka juga perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap gempa bumi dengan menyiapkan barang persiapan bencana. Hal ini tentunya wajib dilakukan setiap orang sebelum memulai pendakian.

Apabila sudah mempelajari informasi untuk menyelamatkan diri, para pendaki dapat terhindar dari berbagai ancaman gempa bumi seperti longsor atau hujan batu. Informasi ini juga berguna agar para pendaki siap menghadapi ancaman lava panas atau asap beracun dari gunung saat gempa berlangsung. Berikut adalah tips menyelamatkan diri saat mengalami gempa di gunung.

1. Jangan Berlari ketika Gempa Masih Berlangsung

6 Hal yang Perlu Lo Lakukan saat Gempa Mengguncang Gunung. Photo Credit: blogspot.com

Setiap pendaki dianjurkan tidak berlari saat gempa terjadi. Hal ini ditujukan agar pendaki tidak mengalami jatuh atau luka-luka. Ketika gempa berlangsung, para pendaki sebaiknya melindungi kepala dengan posisi tangan bertumpuk sambil berjongkok. Sikap ini dilakukan agar pendaki tidak mengalami luka di bagian kepala dan tangan.

2. Jangan Masuk ke dalam Gua

6 Hal yang Perlu Lo Lakukan saat Gempa Mengguncang Gunung. Photo Credit: walterpinem.me

Saat gempa berlangsung, lo sangat disarankan untuk tidak masuk ke dalam gua. Pasalnya, tempat tersebut justru akan membahayakan keselamatan setiap pendaki. Guncangan gempa bisa saja membuat gua menjadi longsor. Dengan demikian, masuk ke dalam gua bukanlah langkah yang sebaiknya diambil para pendaki saat gempa berlangsung.

3. Hindari Tebing

6 Hal yang Perlu Lo Lakukan saat Gempa Mengguncang Gunung. Photo Credit: blogspot.com

Para pendaki sebaiknya tidak berdekatan dengan tebing saat guncangan gempa mulai terasa. Hal ini dimaksudkan agar mereka terhindar dari bahaya hujan batu. Menjauhi tebing juga ditujukan agar pendaki selamat dari ancaman longsor yang biasanya terjadi pada musim hujan.

Ada tiga lokasi yang sebaiknya dijauhi pendaki saat gempa. Pertama adalah tebing, kedua adalah kawah gunung, dan ketiga adalah aliran air atau aliran salju. Menjauhi tiga area ini tentu akan membuat pendaki menjadi lebih aman sehingga selamat dari ancaman gempa.

4. Pindah ke Pos terdekat saat Gempa Berakhir

6 Hal yang Perlu Lo Lakukan saat Gempa Mengguncang Gunung. Photo Credit: backpackerjakarta.com

Apabila guncangan benar-benar telah berhenti serta tidak ada batu yang berjatuhan dari tebing, pendaki disarankan untuk berpindah ke pos terdekat. Usai gempa terjadi, pendaki sebaiknta tidak melanjutkan proses pendakian demi keselamatan.

Sebelum pergi ke pos, pastikan lo juga mengajak pendaki lainnya untuk berangkat secara bersama-sama. Di tengah situasi darurat seperti ini, setiap pendaki baiknya mengesampingkan kepentingan pribadi dan tetap meningkatkan kepedulian terhadap pendaki lainnya. Apabila sudah sampai di pos, pendaki tentu dapat menggali informasi tentang kondisi dan situasi terbaru.

5. Menambah Pengetahuan seputar Proses Evakuasi sebelum Mendaki

Sebelum berangkat mendaki, lo sebaiknya memahami sejumlah informasi seputar proses evakuasi. Informasi tersebut tentu menambah kesiapan lo selama mendaki, khususnya untuk mengantisipasi bencana alam yang marak terjadi belakangan ini. Lo dapat mempelajari proses evakuasi dari pakar pendakian atau pos penjagaan resmi.

6. Menyiapkan Barang untuk Mengantisipasi Bencana

Setiap pendaki dianjurkan untuk tidak lupa menyiapkan barang untuk menghadapi bencana di tas mereka. Barang-barang persiapan bencana sebaiknya diletakkan di tas yang berbeda. Hal ini ditujukan agar pendaki dapat membawa barang-barang tersebut dengan mudah saat bencana berlangsung.

Demikian 6 tips yang perlu dilakukan pendaki untuk menyelamatkan diri saaat gempa. Melalui keenam tips ini, para pendaki mampu lebih siap menghadapi tantangan saat berada dalam situasi gempa. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati selama mendaki ya bro!

Source

Feature image – blogspot.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!