NOV 5, 2018

Gunung Agung Bali, Beberapa Tips dan 2 Jalur Pendakian Utamanya!

Gunung Agung adalah gunung tertinggi yang ada di Pulau Bali. Banyak pemandangan dan keindahan alam yang bisa lo lihat di sana. Penasaran? Sila simak bahasan ini untuk tahu 2 jalur pendakian utamanya!


Gunung Agung merupakan gunung tertinggi yang berada di Bali. Predikat ini adalah hal utama yang membuat banyak para petualang dan pendaki gunung, semakin penasaran dengan gunung tertinggi di Bali ini. Tentu, Gunung Agung juga mempunyai beberapa jalur pendakian.

Gunung Agung di Bali merupakan salah satu gunung stratovolcano yang diyakini oleh masyarakat setempat sebagai salah satu bersemayamnya para dewa. Dengan begini tentu – Gunung Agung menjadi tempat yang sakral untuk masyarakat Hindu.

Tingginya gunung ini merupakan salah satu hal yang dipercaya bagi masyarakat setempat sebagai salah satu tempat paling dekat dengan nirwana. Oleh karena itu – Gunung Agung juga merupakan salah satu tempat yang disucikan dan sering juga menjadi tempat untuk beberapa upacara adat.

Gunung Agung Bali, Beberapa Tips dan 2 Jalur Pendakian Utamanya! credit photo: seminyaktimes.com

Keindahan alam yang ada di Gunung Agung sudah tidak diragukan lagi nih bro. Pasalnya, dari gunung ini, lo juga bisa melihat gunung-gunung lainnya seperti Gunung Rinjani di Lombok, Gunung Batur beserta danaunya.

Perlu lo ketahui nih bro, setidaknya ada tiga puncak di Gunung Agung. Puncak pertama memiliki ketinggian 2.800 mdpl, puncak ke dua dengan ketinggian 3.140 mdpl, dan yang terakhir – puncak paling tinggi dengan ketinggian 3.142 mdpl.

Nah, buat lo yang sudah semakin penasaran bagaimana keindahan alam yang ada di sana, dan ingin buru-buru mendaki Gunung Agung, sebelum itu – sila simak dahulu nih dua jalur pendakian yang sering dilewati oleh para pendaki dan para petualang.

Jalur Pendakian Gunung Agung: Pura Agung Besakih

Gunung Agung Bali, Beberapa Tips dan 2 Jalur Pendakian Utamanya! credit photo: balitour-paket.com

Jalur pendakian Gunung Agung lewat Jalur Pura Agung Besakih adalah salah satu jalur pendakian yang paling sering digunakan dan dilalui. Hal ini dikarenakan jalur Pura Agung Besakih ini mampu mengantarkan lo ke puncak tertinggi yang memiliki ketinggian 3.142 mdpl.

Sebelum sampai ke puncak, lo akan melewati Pura Penyimpangan. Selain itu juga, terdapat Tirta Giri Kusuma serta basecamp dan Kori Agung. Untuk lo yang mendaki Gunung Agung dan sudah bertemu dengan Kori Agung, itu artinya lo sudah dekat dengan puncak tertinggi tersebut. Kori Agung adalah sebuah pintu masuk yang akan mengantarkan lo ke puncak tertinggi Gunung Agung.

Gunung Agung Bali, Beberapa Tips dan 2 Jalur Pendakian Utamanya! credit photo: travel.tribunnews.com

Pura Agung Besakih ini berlokasi di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem. Di Lokasi Pura Agung Besakih ini, terdapat dua jalur pendakian lainnya. Jalur pendakian pertama adalah Mulut Junggul dengan start point di ketinggian 1.300 mdpl, dan jalur kedua adalah Pura Penguban dengan ketinggian 2.600 mdpl.

Dengan start point yang sudah setinggi itu, pastikan lo cukup stamina karena jelas Gunung Agung mempunyai jalur-jalur pendakian yang cukup terjal dan curam. Jangan lupa, jika belum benar-benar menguasai pendakian, disarankan lo juga mengajak pemandu yang sudah hafal jalur pendakian tersebut.

Jalur Pendakian Gunung Agung: Pura Pasar Agung

Gunung Agung Bali, Beberapa Tips dan 2 Jalur Pendakian Utamanya! credit photo: travel.kompas.com

Jalur pendakian Gunung Agung yang kedua, atau lewat Pura Pasar Agung ini mempunyai tingkat kesulitan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jalur pendakian sebelumnya. Oleh karena itu, untuk lo yang sudah biasa mendaki gunung, jalur ini tidak masalah untuk menjadi pilihan lo.

Tetapi jika lo masih belum terlalu berpengalaman dalam pendakian gunung tinggi, lebih baik lo mengambil jalur pendakian sebelumnya saja. Jalur pendakian Gunung Agung lewat Pura Pasar Agung ini merupakan jalur pendakian yang jarang sekali dilewati oleh para pendaki gunung amatir.

Jalur pendakian ini berlokasi di Desa Sebudi yang berada di ketinggian 1.058 mdpl. Sebelum pergi ke puncak, lo diwajibkan untuk mendaftar ke pos pendakian dengan biaya Rp 20 ribu yang buka dari jam 1 pagi hingga jam 9 malam.

Gunung Agung Bali, Beberapa Tips dan 2 Jalur Pendakian Utamanya! credit photo: bersabda.com

Di jalur ini, hal pertama yang akan lo hadapi saat memulai pendakian adalah 280 anak tangga yang terbuat dari tanah dan dilanjutkan dengan trekking di hutan basah. Hampir dari keseluruhan tantangan pertama ini merupakan jalur tanjakan. Jelas butuh stamina lebih untuk melewati jalur ini.

Nah, dengan jalur pendakian awal tersebut, jangan sampai lo datang ke sini saat musim hujan ya. Tentu jika jalur ini terguyur hujan, jalur ini akan semakin sulit untuk dilalui. Licin dan terjalnya trek tersebut tentu akan jadi hal yang menyulitkan sekaligus menyenangkan untuk para pendaki!

Tetapi, jika dibandingkan – jalur Pura Pasar Agung ini memiliki jalan bebatuan yang panjang, namun waktu tempuh menuju puncaknya yang pendek. Cukup berbeda dengan jalur Pura Agung Besakih yang mempunyai jalur pendakian yang berbatu pendek namun waktu tempuhnya lebih lama.

Buat para pemula, disarankan jika ingin mendaki Gunung Agung – lo perlu melewati Pura Agung Besakih saja, karena memang treknya yang lebih mudah. Tetapi, jika benar-benar belum biasa dengan kondisi pendakian, sebaiknya meminta bantuan pemandu atau masyarakat setempat yang sudah biasa dengan keadaan di sana.

Pemandangannya yang Berbeda-Beda

Gunung Agung Bali, Beberapa Tips dan 2 Jalur Pendakian Utamanya! credit photo: youtube.com

Lain jalur pendakiannya, tentu pemandangan yang akan dilihat juga berbeda. Untuk lo yang suka dengan momen sunrise atau matahari terbit – Jalur Pura Pasar Agung adalah yang terbaik. Oh iya, sebagai spot petualangan yang disucikan, tetap ada norma-norma yang harus lo ikuti dan patuhi lho.

Contohnya, di jalur pendakian tersebut, jangan membawa air yang diambil langsung dari mata air yang di Gunung Agung karena sudah disucikan. Hal-hal ini tentu terkait dengan adat dan budaya serta sejarah-sejarah yang ada di Gunung Agung.

Gunung Agung Bali, Beberapa Tips dan 2 Jalur Pendakian Utamanya! credit photo: bisniswisata.co.id

Wah bagaimana nih bro? Semoga dua jalur pendakian Gunung Agung di atas serta beberapa tips dan panduan untuk mendaki Gunung Agung di atas bisa bermanfaat dan membantu lo saat ingin mendaki ke sana, ya.

Jadi, sudah ambil waktu cuti dari rutinitas? Kalau sudah, langsung saja berkemas, beli tiket pesawat ke Bali dan langsung saja berangkat bro!

 

Source

Feature Image - travel.tribunnews.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!