6 Fakta Menarik Dibalik Keindahan Alam di Pulau Pisang, Lampung!

Pernah mendengar Pulau Pisang? Pulau yang terletak di Lampung ini ternyata menyimpan keindahan alam yang memuakau loh. Enggak percaya? Simak saja informasinya di bawah ini!

6 Fakta Menarik Dibalik Keindahan Alam di Pulau Pisang, Lampung!

Sebagai seorang traveller tentunya untuk bisa menemuka sebuah tempat yang baru tentunya menjadikan sebuah hal yang cukup memuaskan bukan? Nah, tepat terletak di Lampung terdapat sebuah pulau yang memiliki keindahan yang memukau loh, pulau tersebut ialah Pulau Pisang. Tentunya buat lo para pelancong, harus memasukkan pulau satu ini ke dalam bucket list lo.

Memang bila mendengar nama dari pulau ini sedikit agak asing, karena memang eksistensinya sendiri belum terlalu dikenal oleh khalayak luas, berbeda dengan Pulau Bali atau Pulau Lombok, namun pulau ini pun patut untuk lo kunjungi karena terdapat sebuah kejutan yang belum tentu lo dapatkan di lain tempat.

Pulau Pisang merupakan salah satu pulau paling barat yang ada di Provinsi Lampung dan langsung menghadap ke Samudera Hindia. Pulau ini merupakan kecamatan tersendiri yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung. Jadi buat lo yang sedang berada di kawasan Lampung, jangan lupa untuk datang ke pulau ini yaa.

Pulau Pisang – Keindahan Alam

6 Fakta Menarik Dibalik Keindahan Alam di Pulau Pisang, Lampung!

Suasana di Pulau Pisang. Credit: duniaindra.com

Pulau seluas sekitar 2.310 hektar ini menyuguhkan keindahan pantai yang sangat menakjubkan. Hamparan pasir putih yang luas dan lembut menjadi daya tarik utama di kawasan wisata ini. Buat lo yang suka dengan suasana alam pantai nan indah, Pulau Pisang ini bisa menjadi pilihan lo.

Dikarenakan dengan keindahan alam yang ada, tentunya akan ada banyak aktivitas yang bisa lo lakukan di sana. Suasananya yang sepi dan tenang seakan mengajak lo untuk melupakan kepenatan yang ada di dalam kepala secara sejenak. Air lautnya yang jernih cocok sekali untuk lo bisa mandi serta berenang.

Namun selalu memperhatikan kondisi alam yang ada di kawasan pulau ini, karena memang terdapat beberapa spot yang memilik ombak cukup besar sehingga tidak aman buat lo untuk bisa berenang di kawasan tersebut. Paling aman ialah kawasan pulau bagian utara, karena ombaknya relatif tidak terlalu besar.

Selain itu, pantai ini juga tersusun dari bebatuan dengan sedikit pasir. Kuatnya ombak dan besarnya gelombang memang seringkali membuat pulau ini cocok untuk bermain surfing atau papan seluncur. Tak heran apabila banyak dari para peseluncur asal luar negeri yang datang ke kawasan Pulau Pisang.

Pulau Pisang – Surganya Surfing

6 Fakta Menarik Dibalik Keindahan Alam di Pulau Pisang, Lampung!

Suasana di Pulau Pisang. Credit: surfsouthsumatra.net/

Sebagai pemain surfing atau papan selancar, tentunya lo harus untuk datang ke Pulau Pisang bro. Selain dari keindahannya yang ada di pulau tersebut, ombaknya yang relatif besar tersebut banyak mengundang perhatian dari para peseluncur mancanegara.

Oleh sebab itu mengapa pulau ini cocok untuk dijadikan atau dijuluki sebagai salah satu surga untuk bermain papan selancar di Indonesia. Gelombang ombaknya yang besar tentunya menjadi alasan utama serta bisa membawa lo untuk berselancar dengan keseruan yang sudah untuk dilupakan.

Pulau Pisang – Pantai Dermaga

6 Fakta Menarik Dibalik Keindahan Alam di Pulau Pisang, Lampung!

Suasana di Pantai Dermaga. Credit: kelilinglampung.wordpress.com

Ketika berada di pulau ini, tentunya ada salah satu tujuan yang jangan sampai terlewatkan yaitu Pantai Dermaga. Termasuk salah satu psot yang paling sering dikunjungi ini terletak di Pekon Pasar dan terdapat ciri khas yang unik yaitu terdapat tiang-tiang beton sisa bangunan dermaga yang rusak tergerus ombak.

Pantai Dermaga juga menawarkan hamparan pasir putih yang bersih serta luas loh. Lo juga bisa melihat bangunan dermaga yang menjorok ke laut memungkinkan pengunjung untuk loncat dan menyelami keindahan laut dan menikmati airnya yang segar.

Ketika senja datang, lo juga bisa melihat keindahan dari matahari terbenam di pantai ini, jadi bagi lo yang memiliki hobi fotografi, jangan sampai lupa untuk membawa kamera lo yaa. Karena di Pantai Dermaga sendiri terdapat beberapa spot foto yang unik.

Pulau Pisang – Batu Intan dan Gua Liang

6 Fakta Menarik Dibalik Keindahan Alam di Pulau Pisang, Lampung!

Suasana di Pulau Pisang. Credit: pariwisatapesisirbarat.com

Selain dari Pantai Dermaga, di Pulau Pisang juga terdapat tempat atau kawasan alam lainnya yang patut untuk lo kunjungi ialah Batu Intan dan Gua Liang. Batu Intan sendiri merupakan spot wisata alam yang masuk ke dalam wilayah Pekon Pasar. Di dalam kawasan tersebut lo bisa melihat serta menikmati kerlap kerlip batu pantai yang diterpa sinar matahari. Buat lo yang melihatnya dari pinggir pantai akan merasa seperti melihat kilauan intan yang eksotis.

Nah, untuk Gua Liang sendiri merupakan spot wisata ala, yang juga masuk ke dalam wilayah Pekon Bandar Dalam. Gua Liang sendiri menyuguhkan pemandangan laut lepas yang mempesona termasuk memandangi keindahan. Di sepanjang perjalanan menuju Gua Lian, lo akan menemukan banyak sekali kera ekor panjang bergantungan dan berlompatan dari satu pohon ke pohon lainnya.

Pulau Pisang – Batu Tiga

6 Fakta Menarik Dibalik Keindahan Alam di Pulau Pisang, Lampung!

Suasana di Pulau Pisang. Credit: virdaaltariaputri.blogspot.com

Spot selanjutnya apabila berlibur ke Pulau Pisang ialah Batu Tiga yang berada di Pekon Sukamarga. Spot ini pun masih satu jalur dengan Gua Liang. Dinamakan batu Tiga karena ketika kita menyusuri bagian kiri Pulau Pisang, lo akan menemukan tiga batu besar yang tersebar di bibir pantai.

Sebagian besar dari pantai ini terbentuk dari lapisan batu karang yang dihantam oleh ombak. Di kawasan ini lo bisa melihat warga sekitar memancing. Sehingga jangan sampai lupa untuk melihat keindahan yang ada di Batu Tiga yaa.

Pulau Pisang – Rute ke Lokasi

6 Fakta Menarik Dibalik Keindahan Alam di Pulau Pisang, Lampung!

Suasana di Pulau Pisang. Credit: familytravellingblog.com

Untuk bisa menginjakkan kaki lo di pulau ini tentunya lo harus menempuh perjalanan yang perlu untuk lo ketahui. Perjalanan darat dari Bandar Lampung menuju Krui. Perjalanan ini pun akan memakan waktu sekitar 6 hingga 7 jam.

Ketika lo sudah tiba di Krui, perjalanan lo berlanjut dengan perjalanan darat selama 20 menit dari Krui hingga Pekon Tebakak menggunakan ojek. Lalu, lo bisa memulainya dari Pelabuhan Tebakak.

Perjalanan lo ajan dilanjutkan dengan menggunakan jukung menuju Pulau Pisang. Perjalanan laut ii akan memakan waktu kurang lebih 15-20 menit. Harga untuk sekali penyeberangannya ialah sekitar Rp 15.000 per orang.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Pulau Pisang di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo ketika berkunjung ke sana yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari setiap tempat wisata yang sudah lo kunjungi yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti bereksplorasi bro!

Source

 

 

Featured Image: travel.detik.com

 

 

 

Wilderness Beginner pantai solo traveling
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!