NOV 6, 2018

Sudahkah Lo Mencoba Kuliner Malam Khas Aceh yang Unik Ini?

Di Aceh, lo dapat menemukan berbagai wisata kuliner unik dengan cita rasa lezat. Begitu banyak kuliner khas Aceh yang dibuat dari bahan serta bumbu khusus. Sejumlah kuliner unik khas Aceh ini juga seringkali dihidangkan pada waktu malam hari.


Aceh dikenal dengan kekayaan kulinernya yang begitu beragam. Di sana, lo dapat menemukan berbagai makanan unik dengan cita rasa lezat. Makanan-makanan tersebut juga dapat lo temukan di waktu malam hari.

Apa saja makanan khas Aceh yang enak disantap saat malam hari? Di mana sajakah tempat yang menjajakan makanan-makanan itu? Berikut adalah deretan kuliner khas Aceh yang cocok disantap pada waktu malam. Silakan disimak ya bro!

1. Ayam Tangkap

Sudahkah Lo Mencoba Kuliner Malam Khas Aceh yang Unik Ini? Photo Credit: makanajib.com

Menu yang satu ini kabarnya digemari banyak penduduk di Aceh. Ayam tangkap umumnya dijual dengan harga berkisar dari Rp 20.000 hingga Rp 30.000. Selain harganya yang cukup terjangkau, kuliner ini juga mudah ditemukan di berbagai tempat makan di Aceh

Bahan dasar pembuatan ayam tangkap cukup sederhana. Pertama-tama, lo harus menyiapkan irisan ayam dalam potongan kecil. Setelah itu, ayam tersebut dimasukkan ke dalam bumbu khas untuk kemudian digoreng.Saat digoreng, campur ayam tersebut dengan daun pandan, daun temurui, dan cabai hijau.

Campuran tersebut nantinya membuat ayam terasa semakin gurih. Ayam tangkap pas untuk disantap saat berkumpul dengan keluarga atau sahabat terdekat di malam hari. Apakah lo pernah mencicipi menu ini!

2. Mi Aceh

Sudahkah Lo Mencoba Kuliner Malam Khas Aceh yang Unik Ini? Photo Credit: resepharian.com

Banyak dari lo mungkin sudah pernah mendengar masakan khas Aceh ini. Tempat makanan Mi Aceh diketahui sudah tersebar luas di berbagai tempat. Meski begitu, lo sangat disarankan menyantap masakan ini langsung di daerah asalnya untuk meresapi rasa aslinya.

Seporsi Mie Aceh umumnya dihidangkan dengan berbagai campuran potongan daging. Akan tetapi, makanan berbumbu rempah-rempah ini kadang juga disajikan dengan makanan laut di beberapa tempat. Salah satu tempat makan mi Aceh yang ramai didatangi pembeli adalah Mi Razali. Tempat tersebut berlokasi di Jalan Panglima Polem no.85, Banda Aceh.

3. Kopi Sanger

Sudahkah Lo Mencoba Kuliner Malam Khas Aceh yang Unik Ini? Photo Credit: blogspot.com

Minuman ini memiliki cita rasa unik yang patut dicoba para pencinta kopi. Sensasi berbeda yang disuguhkan Kopi Sanger membuat minuman ini disukai banyak orang. Kopi Sanger dapat dengan mudah lo temukan di warung kipi yang berlokasi di sejumlah titik kota Aceh.

Mengenai harga, Kopi Sanger dijual dengan harga yang relatif murah. Dengan demikian, lo dapat mencicipi kenikmatan kopi ini dengan gampang tanpa merogoh kocek lebih dalam. Asik sekali gak tuh, bro?

Dua tempat Kopi Sanger yang ramai diserbu pembeli di Aceh adalah Warung Solong dan Chek Yuke. Di sana, lo dapat mencicipi kopi bersama keluarga atau teman sembari mengobrol. Dua tempat tersebut cocok dikunjungi pada waktu malam hari.

4. Kuah Beulangong

Sudahkah Lo Mencoba Kuliner Malam Khas Aceh yang Unik Ini? Photo Credit: travelingyuk.com

Makanan yang akrab disapa dengan nama kari Aceh ini terbuat dari bahan daging ayam, sapi, dan kambing. Pembuatan kuah beulangong diketahui melibatkan rempah-rempah dan bumbu khusus. Hal tersebut membuat kuah ini memiliki aroma yang harum serta cita rasa yang lezat.

Waktu terbaik untuk mengonsumsi makanan ini tidak lain adalah malam hari saat cuaca dingin. Kuah hangat ini tentu akan memanjakan lidah setiap penikmatnya. Jangan lupa dicicip ya bro!

5. Ayam Pramugari

Sudahkah Lo Mencoba Kuliner Malam Khas Aceh yang Unik Ini? Photo Credit: goodindonesianfood.com

Sebagian besar masyarakat Aceh dikabarkan jatuh cinta dengan cita rasa yang ditawarkan makanan ini. Ayam pramugari dibuat dengan teknik unik sehingga tampilannya menarik. Keunikan-keunikan tersebut membuat menu ini populer serta banyak dijajakan di berbagai tempat di Aceh.

Asal muasal terciptanya nama “Ayam Pramugari” juga menarik. Berdasarkan cerita yang tersebar, makanan ini dahulu sering dikonsumi oleh para pramugari. Banyak juga orang memuji tampilan makanan ini yang begitu indah seperti pramugari. Sejak saat itu, makanan ini kerap dijuluki “Ayam Pramugari”

Salah satu tempat yang menjual menu Ayam Pramugari di Aceh adalah tempat makan Pak Sofyan. Tempat ini berlokasi di dekat Lanud Sultan Iskandar Muda, tepatnya Blang Bintang. Jangan lupa ke sini ya bro!

Source

Feature Image - goodindonesianfood.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!