6 Fakta Di Balik Megahnya Gunung Rinjani Ini Perlu Untuk Lo Ketahui Bro! (100% Menarik)

Selain mendaki hingga puncaknya, ternyata Gunung Rinjani juga memiliki fakta-fakta menarik lainnya yang perlu untuk lo ketahui. Penasaran? Langsung simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

6 Fakta Di Balik Megahnya Gunung Rinjani Ini Perlu Untuk Lo Ketahui Bro! (100% Menarik)

Sebagai seorang pendaki, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Gunung Rinjani dong. Gunung yang terletak di kawasan Lombok ini memang menyimpan pemandangan alamnya yang indah. Bukan hanya itu saja, dapat menaklukan puncak gunung ini sudah merupakan kebanggaan tersendiri. Gunung yang sering pula menjadi tolak ukur bagi para pendaki ini juga memiliki beberapa fakta menarik yang harus lo ketahui.

Dengan puncak setinggi 3.726 meter di atas permukaan laut ini memang merupakan gunung tertinggi kedua yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu, tak heran apabila gunung ini merupakan tempat favorit bagi para pendaki. Karena letaknya pula yang ada di kawasan Lombok, tentunya bisa membuat lo untuk menikmati keindahan alam lainnya yang ada di pulau ini.

Gunung Rinjani sendiri juga menjadi lokasi pusat gempa bumi yang mengguncang Lombok bulan Agustus kemarin loh. Nah, daripada lo semakin penasaran mengenai apa saja yang menjadi fakta menarik serta daya tarik dari gunung ini, tak ada salahnya untuk melihat informasinya di bawah ini bro. Semoga bisa bermanfaat!

Megahnya Gunung Rinjani – Terletak di Tiga Kabupaten

6 Fakta Di Balik Megahnya Gunung Rinjani Ini Perlu Untuk Lo Ketahui Bro! (100% Menarik)

Suasana di Gunung Rinjani. Credit: phinemo.com

Salah satu fakta menarik mengenai gunung ini ialah gunung ini memiliki ukuran yang cukup besar dan luas. Buktinya gunung ini terletak di tiga kabupaten sekaligus loh. Bila dilihat secara administrative memang gunung ini terletak di tiga wilayah kabupaten.

Tiga kabupaten tersebut ialah Lombok Tengah, Lombok Timur dan Lombok Barat. Namun, wilayah dari Rinjani juga mendominasi sebagian dari wilayah Pulau Lombok Utara. Bisa dibayangkan bor, betapa besarnya kawasan dari gunung ini.

Megahnya Gunung Rinjani – Ribuan Spesies

6 Fakta Di Balik Megahnya Gunung Rinjani Ini Perlu Untuk Lo Ketahui Bro! (100% Menarik)

Suasana di Kawasan Gunung Rinjani. Credit: thevocket.com

Fakta menarik lainnya mengenai gunung ini ialah merupakan rumah bagi ribuan spesies yang ada di kawasan ini. Tak heran, karena memang kawasan wisata ini masuk ke dalam Taman Nasional Gunung Rinjani.

Taman Nasional Gunung Rinjani atau biasa juga disingkat TNGR ini merupakan ekosistem dengan tipe hutan pegunungan dan savan. Luasnya pun mencapai 40 ribu hektar. Bukan hanya itu saja, taman nasional ini juga ditumbuhi oleh beragam flora loh. Bunga Anggrek, Bunga Eidelweis dan Pohon Cemara Gunung bisa lo temukan.

Sedangkan untuk faunanya sendiri, di kawasan gunung ini pun juga terdapat beragam pilihannya yang bisa lo lihat loh. Seperti musang, trenggiling dan rusa juga hidup di Taman Nasional Gunung Rinjani.

Megahnya Gunung Rinjani – Beragam Mitos yang Ada

6 Fakta Di Balik Megahnya Gunung Rinjani Ini Perlu Untuk Lo Ketahui Bro! (100% Menarik)

Suasana di Gunung Rinjani. Credit: kinantikamilah.blogspot.com

Bukan hanya keindahannya saja yang menjadi sorotan bagi banyak orang, ternyata di Gunung Rinjani juga memiliki mitos yang cukup terdengar, apalagi di kuping para pendaki. Gunung ini sendiri juga memiliki nama indah yang perlu lo ketahui yaitu Dewi Anjani.

Banyak yang bernggapan pula kalau Dewi Anjani merupakan anak pertama Resi Gotama dengan seorang bidadari Batara Asmara bernama Dewi Indradi. Namun ada pula yang beranggapan kalau Dewi Anjani merupakan keturunan Selaparang dan makhluk halus yang bermukin di Gunung Rinjani.

Konon sang Dewi pun pernah memohon agar hujan turun di Selaparang yang saat itu dilanda kekeringan panjang. Nah, darisitulah muncul sebuah tradisi yang higga hari ini masuk diteruskan oleh para warga Suku Sasak. Mereka melaksanakan ritual ini untuk memohon hujan kepada Dewi Anjani dengan memberikan sesaji berupa lempengan emas yang berbentuk segala macam makhluk air dengan cara ditenggelamkan ke Danau Segara Anakan.

Megahnya Gunung Rinjani – Pendakian Besar-Besaran Pada Bulan Agustus

6 Fakta Di Balik Megahnya Gunung Rinjani Ini Perlu Untuk Lo Ketahui Bro! (100% Menarik)

Suasana di Kawasan Gunung Rinjani. Credit: amazetrip.id

Perlu diketahui juga kalau Gunung Rinjani merupakan gunung tertinggi kedua yang ada di Indonesia, maka tak heran apabila gunung ini menarik perhatian dari banyak komunitas-komunitas pecinta alam untuk bisa meraih puncak Rinjani.

Ketika ingin mendaki gunung ini, satu hal yang perlu lo perhatikan ialah jika pada bulan Juli sampai Agustus gunung ini akan ramai karena banyak yang melakukan pendakian pada kurun waktu tersebut. Alasan utama kenapa di waktu tersebut banyak terdapat muatan pendakian, karena momennya akan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Sehingga banyak dari para pendaki yang ingin mengibarkan Merah Putih di puncak Rinjani maupun Danau Segara Anak. Jadi buat lo yang ini melihat momen ini, jangan lupa untuk datang pada kurun waktu tersebut yaa bro.

Megahnya Gunung Rinjani – Terdapat Dua Jalur Pendakian Menuju Puncak

6 Fakta Di Balik Megahnya Gunung Rinjani Ini Perlu Untuk Lo Ketahui Bro! (100% Menarik)

Suasana di Kawasan Gunung Rinjani. Credit: /twitter.com

Untuk bisa menginjakkan kaki lo di Gunung Rinjani terdapat dua jalur yang perlu lo ketahui terlebih dahulu. Untuk jalur yang pertama lo bisa melewati jalur Sembalun. Untuk jalur Sembalun sendiri berada di ketinggian 1.156 mdpl. Dari basecamp menuju pos 1 pendakian, lo bisa menaiki mobil pick-up sekitar 30 menit. Kemudian melewati tiga pos sebelum mencapai Plawangun Sembalun.

Sedangkan jalur Senaru berada di ketinggian 601 mdpl. Bisanya para pendaki melakukan pendakian dari jalur Sembalun dan mengakhiri lewat jalur Senaru. Jadi sudah siap belum bro untuk menaklukan puncak dari Gunung Rinjani?

Megahnya Gunung Rinjani – Ditetapkan Sebagai Geopark Dunia

6 Fakta Di Balik Megahnya Gunung Rinjani Ini Perlu Untuk Lo Ketahui Bro! (100% Menarik)

Suasana di Gunung Rinjani. Credit: nengnongki.blogspot.com

Salah satu fakta yang cukup membanggakan dari Gunung Rinjani ialah tepat pada bulan April 2018, UNESCO secara resmi mengumumkan kawasan Gunung Rinjani sebagai anggota UNESCO Global Geopark. Tentunya ini merupakan sebuah pencapaian yang snagat membanggakan bukan?

Dengan peningkatan status ini, kawasan dari Gunung Rinjani ini semakin terkenal secara internasional. Harapannya tentunya agar sektor pariwisata akan terus berkembang dan tentunya kesejahteraan dari warga Nusa Tenggara Barat akan terus meningkat.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Gunung Rinjani di atas? Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian dari setiap tempat wisata yang lo kunjungi yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti bereksplorasi yaa bro!

Source

 

 

Featured Image: wisataku.id

 

Wilderness Beginner hiking solo traveling
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!