NOV 7, 2018

Pendakian ke Gunung Rinjani, Jangan Lupa Untuk Mampir ke Danau Segara Anak Yaa!

Melakukan pendakian ke Gunung Rinjani jangan lupa untuk mampir ke Danau Segara Anak yaa bro. Karena danau ini menyimpan beberapa fakta menarik yang perlu untuk lo ketahui. Penasaran? Cek saja beberapa informasinya di bawah ini!


Mendaki Gunung Rinjani kurang rasanya apabila lo tidak mampir ke Danau Segara Anak. Karena dengan hadirnya danau ini, keindahan alam di sekitar kawasan gunung ini memang semakin terpancar. Tak heran apabila banyak dari para pendaki yang memang sengaja untuk melihat keindahan yang ditawarkan oleh danau ini. Memang untuk menuju ke danau ini sendiri memerlukan usaha yang tidak mudah.

Danau yang berada di ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut ini mampu menarik perhatian banyak orang melalui panoramanya yang indah. Menjadikannya sebagai bahan untuk hasil foto yang indah juga bisa menjadi salah satu alasan mengapa banyak dari para pelancong yang ingin datang ke sana.

Bukan hanya itu saja, bagi sebagian orang, danau ini pun memiliki tempat khusus. Karena memang danau ini sering digunakan untuk melakukan ritual tertentu. Banyak pula yang beranggapan kalau Danau Segara Anak sendiri mampu membangkitkan chemistry pendakian bagi para pendaki. Sehingga mengetahui beberapa fakta menarik mengenai danau ini merupakan hal yang tepat untuk lo lakukan. Berikut informasinya bro!

Danau Segara Anak – Mitos Seputar Umur

Suasana di Danau Segara Anak. Credit: rinjaniexcellent.com

Bila membicarakan mengenai mitos, hampir semua tempat yang berada di pegunungan biasanya tidak akan lepas dari mitos. Tak heran apabila danau ini pun juga memiliki mitos, konon katanya siapa yang melihat danau ini sebagai danau yang luas, maka orang tersebut akan memiliki umur yang panjang.

Sebaliknya, siapa yang melihat danau ini sebagai danau yang sempit maka ia akan memiliki umur yang relatif pendek. Umat Hindu sendiri juga meyakini kalau danau ini merupakan tempat bersemayamnya para dewa-dewa.

Danau Segara Anak – Salah Satu Danau Tertinggi di Indonesia

Suasana di Danau Segara Anak. Credit: priyadidanu.blogspot.com

Keindahan alam yang ada di danau ini pun bukan merupakan hal yang perlu dipertanyakan, karena di Danau Segara Anak ini memiliki keunikan lainnya yang perlu lo ketahui. Keunikan tersebut ialah danau ini berada di ketinggian kurang lebih 2.000 meter di atas permukaan laut.

Fakta tersebut pun yang membuat danau ini masuk ke dalam pilihan danau tertinggi di Indonesia. Banyak pula terdapat beberapa danau di Indonesia yang berlokasi di atas gunung, termasuk Ranu Kumbolo di Gunung Semeru serta Danau Gunung Tujuh di Taman Nasional Kerinci Seblat.

Sedangkan untuk danau tertinggi yang ada di Indonesia ialah Danau Habena yang berada di ketinggian 3.321 meter di atas permukaan laut. Danau tersebut pun berada di Pegunungan Trikora, Papua.

Danau Segara Anak – Lokasi Memancing

Suasana di Danau Segara Anak. Credit: klikhotel.com

Dengan keindahan yang terbentang tentunya lo bisa melakukan beragam aktivitas di danau ini. Termasuk memancing. Di kawasan Danau Segara Anak sendiri tidak ada larangan untuk bisa melakukan aktivitas ini. Tentunya buat lo yang suka memancing, sekali-kali merasakan memancing di Danau Segara Anak merupakan pengalaman yang sangat berarti.

Sehingga tak ada salahnya untuk membawa pancing dari rumah dan menikmati momen dengan memancing di danau ini yaa. Namun untuk selalu diperhatikan kebersihan serta kelestarian dari danau ataupun sekitarnya yaa. Karena akan sangat disayangkan sekali apabila kawasan wisata alam ini bisa rusak karena keteledoran manusianya sendiri.

Danau Segara Anak – Gua Sekitar Danau

Gua di Sekitar Danau. Credit: yukpiknik.com/

Ketika lo berada di kawasan Danau Segara Anak terdapat objek lainnya yang perlu untuk lo kunjungi ketika berada di danau ini. Karena memang danau ini memiliki berbagai objek yang layak dijelajahi. Termasuk gua-gua yang tersebar di wilayah ini.

Kurang lebih terdapat tiga gua yang bisa lo temukan di sana yaitu Gua Susu, Gua Payung dan Gua Manik. Diantara ketiga gua tersebut, yang paling terkenal ialah Gua Susu. Gua ini pun berjarak sekitar 1 km dari danau sehingga lo harus trekking terlebih dahulu.

Danau Segara Anak – Butuh Waktu 7 Jam

Suasana di Danau Segara Anak. Credit: kahfijourney.com

Untuk bisa menginjakkan kaki di danau ini, kira-kira lo membutuh waktu tempuh sekitar 7 hingga 8 jam. Perjalanan lo pun bisa dimulai dari jalur Senari maupun jalur Sembalun. Memang dengan ketinggian yang dimiliki oleh danau ini, sehingga harus membuat lo sedikit berusaha untuk bisa sampai ke sana.

Waktu dan tenaga yang sudah lo buang tersebut tidak akan sia-sia, karena keindahan yang ada di sana pun mampu mengalahkan rasa letih lo serta dapat membayar usaha lo yang memang memerlukan sebuah usaha yang besar itu. Keindahan alam pun akan terus menanti lo di ujung sana. Terus semangat bro!

Danau Segara Anak – Terdapat Gunung Lain

Suasana di Danau Segara Anak. Credit: holobis.net

Ternyata di kawasan Danau Segara Anak sendiri terdapat sebuah gunung yang berbeda. Bukan Gunung Rinjani melainkan sebuah gunung yang terletak di tepi danaunya. Nama dari gunung tersebut ialah Gunung Barujari.

Bila dilihat dari danau, gunung tersebut pun terlihat indah dan rasanya ingin sekali untuk menjelajahinya. Belum lagi apabila lo berhasil untuk mencapai puncak dari Gunung Rinjani, maka lo akan melihat keindahan Gunung Barujari dari kejauhan. Perlu diketahui pula kalau Gunung Barujari merupakan gunung berapi yang masih aktif loh.

Kembali lagi dengan letaknya yang berada persis di kawah Gunung RInjani, tepatnya di desa Sembalun Lawang, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Nah, untuk Segara Anak sendiri memiliki arti anak laut karena dari warna biru yang ada di danau ini.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Danau Segara Anak di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo ketika berkunjung ke sana. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihannya yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti bereksplorasi bro!

Source

 

 

Featured Image: dolanterus.tk


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!