NOV 7, 2018

7 Kuliner Nikmat Asal Pulau Ambon yang Patut Untuk Lo Cicipi!

Tak disangka ternyata kuliner asal Pulau Ambon memiliki cita rasa yang nikmat serta cocok untuk lo lidah lo. Nah, daripada semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini!


Selain dari keindahan alam berupa air lautnya yang jernih beserta dengan hamparan pasirnya yang luas, Pulau Ambon juga memiliki pilihan kulinernya yang nikmat serta unik. Tentunya ketika lo sedang berlibur di pulau tersebut, jangan sampai lupa untuk mencicipi salah satu pilihan kulinernya. Belum lagi ditambah dengan orang-orangnya yang ramah, tentunya akan membuat waktu lo di pulau tersebut semakin nyaman.

Berwisata sembari mencicipi kearifan lokal yang ada tentunya menjadi sebuah paket yang lengkap ketika berlibur ke Pulau Ambon. Pulau yang memiliki budaya yang unik serta indah pun terpancar dari berbagai pilihan kulinernya yang memiliki rasa yang berbeda bila dibandingkan dengan kuliner Indonesia pada umumnya.

Mudah untuk diterima merupakan sebuah kata yang tepat untuk menggambarkan bagaimana kuliner Pulau Ambon itu sendiri. Banyak pula dari para pelancong yang sudah mencicipi kulinernya secara langsung pun memiliki kesan yang positif. Cocok banget deh dengan lidah lo. Daripada semakin penasaran langsung saja cek beberapa informasinya di bawah ini.

Kuliner Khas Pulau Ambon – Papeda dan Ikan Kuah Kuning

Nikmatnya Papeda dengan Kuah Ikan Kuah Kuning. Credit: pacarkecilku.com

Kurang rasanya apabila lo berkunjung ke Pulau Ambon namun tidak mencicipi kuliner satu ini. Papeda sendiri ternyata merupakan makanan utama untuk menggantikan nasi. Rasanya yang tawar dan menyerupai lem, papeda terbuat dari sagu.

Meskipun tawar, namun rasanya pun enak belum lagi ditambah dengan Ikan Kuah Kuning yang menambah varian rasa dari kuliner satu ini. Ketika berada di Pulau Ambon lo tidak akan kesusahan untuk menemukan kuliner satu ini. Karena banyak terdapat restoran atau warung makan yang menyediakannya. Menjadi menu santap makan siang lo merupakan hal yang tepat untuk lo lakukan.

Kuliner Khas Pulau Ambon – Bagea, Kue Kenari dan Kue Tumbu

Nikmatnya Kue Bagea. Credit: indonesiakaya.com

Bukan hanya makanan beratnya saja yang jadi primadona di Pulau Ambon bro, karena lo juga bisa menikmati nikmatnya makanan-makanan kecil yang tentunya tak kalah enaknya loh. Makanan kecil yang ada di Pulau Ambon sendiri memiliki tekstur yang cukup keras.

Menikmatnya bersama kopi untuk menemani waktu sore hari lo menjadikan sebuah hal yang tepat untuk lo lakukan. Bagea, Kue Kenari dan Kue Tumbu merupakan beberapa pilihan makanan kecil yang patut untuk lo cicipi ketika berada di sana. Rasanya yang gurih akan membuat lo ketagihan dan terus ingin mengunyahnya.

Kuliner Khas Pulau Ambon – Ikan Asap

Nikmatnya Ikan Asap di Ambon. Credit: twitter.com

Selain dari Papeda, ketika berada di Ambon jangan lupa untuk mencicipi ikan asap yaa. Biasanya orang Ambon sendiri menyebuat kuliner ini dengan sebuat Ikan Asar. Selain nikmat, Ikan Asar ini juga bisa bertahan hingga satu pekan loh.

Biasanya ikan tuna, cakalang hingga tongkol. Tentunya menikmatinya dengan nasi putih yang hangat menjadi sebuah perpaduan yang sangat nikmat. Satu piring aja sepertinya tidak cukup deh bro. Cara memasaknya pun cukup unik.

Ikan utuh dibumbui terlebih dahlu, lalu ditusuk bamboo dan dibungkus daun pisang. Kemudian diasapi hingga matang. Paling mudah untuk menemukan Ikan Asar ini ialah di Pasar Mardika.

Kuliner Khas Pulau Ambon – Sambal Colo-Colo

Nikmatnya Sambal Colo-Colo. Credit: hanyaresepku.blogspot.com

Setelah sudah membeli Ikan Asar jangan lupa untuk padukan dengan sambal colo-colo. Karena itu merupakan sebuah perpaduan yang sangat tepat. Apalagi buat lo yang suka dengan kuliner dengan cita rasa yang pedas.

Sambal yang terbuat dari bawang merah, cabai rawit, tomat dan jeruk nipis. Rasa pedas yang segar pun akan lo rasakan dari setiap gigitan Ikan Asar yang sudah dilumuri dengan sambal colo-colo ini. Kemudian dari bahan-bahan sambal ini diiris tipis dan dicampur menjadi satu wadah lalu diberi kecap manis. Lo juga bisa menambahkan daun seledri supaya rasanya semakin kuat dan sedap.

Kuliner Khas Pulau Ambon – Nasi Kuning Bagadang

Nikmatnya Nasi Kuning Bagadang. Credit: idntimes.com

Buat lo yang suka dengan nasi kuning dan tiba-tiba kelaperan di malam hari, jawabannya ialah Nasi Kuning Bagadang. Karena tempat makan yang ada di perempatan Tugu Trikora Ambon ini bisa menawarkan satu piring nasi kuning yang nikmat.

Tempat makan yang buka sejak pukul 19.00 hingga 03.00 WIT. Kuliner malam yang cukup terkenal ini memiliki cita rasa yang gurih. Dengan tambahan lauk seperti ikan, serundeng, acar, sambal goreng, sambal mentah, ayam goreng, perkedel dan lain-lain tentunya akan membuat perut lo terisi dan senang pada saat malam hari.

Kuliner Khas Pulau Ambon – Rujak Natsepa

Nikmatnya Rujak Natsepa. Credit: travelingyuk.com/

Ketika sedang jalan-jalan di Pantai Natsepa, Ambon jangan lupa untuk mencicipi Rujak yang ada di kawasan tersebut. Rujak ini pun juga biasa disebut Rujak Natsepa. Sama seperti rujak manis pada umumnya, rujak ini berisi buah-buahan seperti kedondong, mentimun, pepaya, manga, nanas, jambu air, belimbing dan sebagainya.

Perbedaan yang akan lo temukan dari rujak ini ialah terdapar potongan buah pala yang dicampur dengan irisan gula merah dan kacang tanah goreng. Tentunya setelah lo selesai melakukan beragam aktivitas di Pantai Natsepa lo bisa menikmati rujak ini.

Kuliner Khas Pulau Ambon – Kopi Sibu-Sibu

Nikmatnya Kopi Sibu-Sibu. Credit: deskgram.net

Buat lo yang suka meminum teh jahe, kali ini lo harus mencoba kopi jahe alias rarobang. Rasanya yang unik serta mampu membuat badan lo hangat tentunya akan cocok sekali untuk menemani waktu sore lo yang indah.

Lo bisa menikmati kopi ini dengan ketan yang disiram parutan kelapa dan gula aren yang biasa disebut pulut siram, koyabu, embal kacang dan getuk. Kurang rasanya bila sedang berlibur ke Pulau Ambon tidak mencicipi Kopi Sibu-Sibu ini.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar kuliner yang ada di Pulau Ambon? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti bereksplorasi bro!

Source

 

 

Featured Image: pasberita.com

 


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!