NOV 7, 2018

Tiga Obyek Wisata Menarik di Pulau Samosir

Pulau Samosir menawarkan panorama alam yang indah dan menyejukkan. Pulau ini juga menyediakan spot menarik bagi wisatawan yang tertarik menyelami sejarah dan kebudayaan suku Batak. Di mana sajakah itu?


Salah satu tempat wisata yang cukup ramai dikunjungi wisatawan asing dan lokal di Sumatera Utara adalah Pulau Samosir. Pulau yang terletak di tengah Danau Toba tersebut dikenal dengan keindahan alamnya yang memukau. Di sana, pengunjung dapat menemukan berbagai spot wisata menarik untuk berfoto.

Tiga Obyek Wisata Menarik di Pulau Samosir. Photo Credit: ksmtour.com

Pulau Samosir kabarnya memiliki ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Banyak pihak meyakini pulau ini sebagai lokasi kelahiran suku Batak. Pulau ini juga cocok didatangi turis yang memiliki minat besar terhadap budaya dan sejarah. Di sini, wisatawan dapat melihat proses penenunan kain Ulos secara langsung.

Apa sajakah obyek wisata menarik yang ada di Pulau Samosir? Berikut adalah tiga di antaranya. Silakan disimak ya bro!

1. Kampung Siallagan

Tiga Obyek Wisata Menarik di Pulau Samosir. Photo Credit: pesona.travel

Keunikan kampung ini teriihat dari lokasinya yang dikelingi batu-batu besar bertingkat dengan posisi teratur. Di masa lampau, tembok tersebut digunakan penduduk setempat untuk melindungi diri mereka dari serangan binatang buas atau serangan suku luar. Kala itu, tembok tersebut masih disertai dengan bambu dan benteng.

Lo dapat menemukan Kampung Siallagan di Desa Ambarita Pulau Samosir. Hampir setiap harinya, kampung ini didatangi wisatawan lokal dan luar negeri. Sesuai dengan namanya, kawasan perkampungan ini didirikan sewaktu Raja Laga Siallagan menjabat sebagai pemimpin. Setelah itu, ia mewariskan jabatan pemimpin kampung ini kepada penerusnya hingga sekarang.

Salah satu spot unik yang dapat ditemukan wisatawan di perkampungan ini adalah Batu Parsidangan. Asal-usul nama batu ini berkaitan dengan kegunaannya untuk menghakimi pelaku kejahatan atau orang yang tidak menaati hukum adat, misalnya seperti pencuri, pembunuh, atau pemerkosa. Selain itu, batu ini juga dipakai untuk mengadili musuh politik raja.

2. Kehadiran Danau, Museum, dan Tempat Asal Usul Kelahiran Suku Batak

Tiga Obyek Wisata Menarik di Pulau Samosir. Photo Credit: blogspot.com

Pulau Samosir menyediakan pilihan destinasi wisata unik yang berkaitan dengan budaya dan sejarah. Di pulau ini, ada dua danau yang dapat dijadikan tempat rekreasi bagi para wisatawan. Dua danau tersebut adalah Danau Sidihono dan Aek Natonang. Tidak hanya itu, ada juga tempat bernama Pusuk Buhit yang diklaim sebagai tempat kelahiran suku Batak.

Tempat wisata lainnya yang dapat dikunjungi wisatawan di pulau ini adalah Museum Adat Budaya Batak. Keunikan museum ini tergambar dari lokasinya yang berada di ruang terbuka. Di sana, wisatawan dapat menyaksikan banyak batu warisan milik raja yang dpercaya menjadi pendiri suku Batak. Pengunjung nantinya dapat menyimak informasi sejarah yang dipaparkan penjaga museum.

3. Desa Suhi Suhi

Tiga Obyek Wisata Menarik di Pulau Samosir. Photo Credit: beritagar.id

Ada sebuah desa bernama Suhi Suhi yang terletak di kota Panguruan, Kabupaten Samosir. Desa ini dapat ditempuh wisatawan dari Desa Tomok dalam kurun waktu 40 menit. Lo juga dapat mengunjungi desa ini dari kota Panguruan melalui jalur darat dalam waktu 20 menit.

Setiap wisatawan dapat bebas mengunjungi desa ini tanpa perlu membayar tiket masuk. Desa Suhi Suhi adalah destinasi wisata yang cocok dikunjungi bagi pemburu kain tradisional Ulos. Di desa ini, lo akan melihat banyak perajin kain Ulos dari berbagai kalangan usia.

Setiap wisatawan dapat menyaksikan proses penenunan kain Ulos secara langsung di desa ini. Tidak hanya itu, wisatawan juga berkesempatan mempelajari teknik menenun di tempat ini. Kain Ulos yang dijual di Desa Suhi Suhi berkisar dari harga Rp 250.000 hingga Rp 5.000.000.

Demikian informasi seputar obyek wisata menarik di Pulau Samosir. Semoga informasi ini berguna buat lo yang berniat mengunjungi pulau tersebut dalam waktu dekat. Selamat menikmati keindahan alam di sana ya bro!

Source

Feature Image - blogspot.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!