NOV 8, 2018

5 Tips Mudah Dari Satria Vijie Untuk Skateboarding Biar Bisa Grinding Mulus Halus!

Teknik grinding adalah salah satu teknik yang penting saat bermain skateboard. Buat lo yang ingin mencoba teknik itu, coba cek dulu nih lima tips yang langsung diajarkan oleh ahlinya!


Skateboard sudah masuk kategori olahraga eksrem dan aksi seru yang sudah lama digandrungi oleh banyak anak muda. Mengapa begitu? Jelas karena mulai dari gayanya, sampai berbagai trik yang ada di skateboard – semua patut untuk diikuti.

Nah, bicara soal trik – banyak sekali trik yang diperlihatkan oleh para pro skater di mana lo pasti akan berusaha untuk mengikutinya. Salah satu trik yang keren dan banyak sekali ingin diikuti oleh skater pemula adalah grinding.

Lewat teknik grinding, tentu lo akan bisa pamer control penuh terhadap papan skate yang tengah lo pakai. Biasanya, media untuk melakukan teknik grinding adalah rail atau funbox yang dibuat sendiri di sebuah taman atau skate park.

Walau terkadang bisa merusak papan skatenya, tapi trik ini tentu harus lo kuasai nih. Pasalnya, trik ini juga mempunyai kesulitan yang tinggi. Jadi, kalau lo sudah bisa menguasainya, tentu akan menjadi nilai plus saat lo gunakan trik tersebut dalam sebuah kompetisi.

Nah, buat lo yang mau melakukan teknik grinding, sila simak dulu lima tips mudah untuk melakukan teknik grinding langsung dari ahlinya! Ya – Satria Vijie, adalah skater nasional yang jago luar biasa! Buat lo yang penasaran, langsun saja simak terus nih!

Tahu Persis Jenis Trik Grindingnya

5 Tips Mudah Dari Satria Vijie Untuk Skateboarding Biar Bisa Grinding Mulus Halus! credit photo: youtube.com

Grinding tidak hanya ada satu gerakan saja, lho. Ada beberapa gerakan atau gaya yang menceritakan grinding tersebut. Grinding tidak hanya sekedar melaju di atas rail saja, lho. Layaknya trik lain, ada beberapa gerakan kombinasi yang membuat teknik grinding baru.

Sebut saja 50-50 grind, 5.0 grind, Nose Grind, sampai Crook Grind. Dari berbagai teknik grinding yang baru saja disebutkan – yang paling susah untuk dilakukan adalah Feeble Grind. Feeble Grind mengharuskan sang skater harus menggesekan truck belakang dan setengah papan dengan arah sedikit serong.

Grinding yang baik tentu ada di titik keseimbangan. Oleh karena itu, menyeimbangkan badan dengan papan skatenya adalah salah satu kunci sukses untuk grinding. Buat lo yang ingin mencobanya, jangan langsung grinding panjang bro, yang pendek-pendek saja dulu.

Menguasai Teknik Dasarnya

5 Tips Mudah Dari Satria Vijie Untuk Skateboarding Biar Bisa Grinding Mulus Halus! credit photo: sidewalkmag.com

Nah, sebelum lo sampai ke teknik grinding, ada beberapa teknik dasar yang wajib lo kuasai nih. Ollie dan backside atau frontside Ollie adalah syarat utamanya. Hal ini dikarenakan untuk lo mudah mendapatkan pakem.

Menurut Satria – Ollie serta backside dan frontside Ollie berguna untuk memudahkan lo melakukan grinding. Jika sudah bisa Ollie, lo bisa menjaga keseimbangan untuk melakukan trik grinding tersebut. Keseimbangan setelah menghentak papan skate, meloncat ke object di mana lo akan grinding adalah kunci utamanya.

Lompatan dengan pakem yang pasti adalah salah satu yang harus lo kuasai sebelum melakukan teknik grinding. Sebelum dan setelah grinding tentu akan ada loncatan dengan papan skate lo tersebut. Tidak mungkin lo akan terus grinding di object yang sama kan. Oleh karena itu, menjaga keseimbangan saat meloncat dengan papan adalah sebuah kewajiban.

Menggunakan Papan yang Presisi

5 Tips Mudah Dari Satria Vijie Untuk Skateboarding Biar Bisa Grinding Mulus Halus! credit photo: youtube.com

Percaya atau tidak – dalam teknik atau trik grinding, ukuran dari papan skate lo adalah salah satu yang paling berpengaruh. Seperti yang sudah disebutkan di atas, keseimbangan adalah fokus dan kunci keberhasilan lo melakukan trik ini.

Jadi, ada baiknya papan yang lo gunakan presisi ukurannya dan nyaman saat digunakan. Menurut Satria, jika papan skate lo tidak presisi secara ukuran yang biasa dipakai dengan standar internasional, lo akan sulit melakukan grinding.

Oleh karena itu – ia juga mengatakan jangan menggunakan papan yang terlalu kecil dan juga jangan menggunakan papan yang terlalu besar. Presisi adalah hal yang diperlukan oleh papan skate lo tersebut.

Belajar Jatuh, Mengapa?

5 Tips Mudah Dari Satria Vijie Untuk Skateboarding Biar Bisa Grinding Mulus Halus! credit photo: youtube.com

Banyak skater yang belum tahu bagaimana cara jatuh yang aman saat melakukan trik. Hal ini yang terkadang menjadi momok para skater dalam melakukan teknik-teknik atau trik yang rumit. Oleh karena itu, perlu belajar jatuh yang aman.

Posisi tangan tentu perlu di perhatikan. Menurut Satria – cara jatuh yang aman saat gagal melakukan trik adalah tidak menahan saat tangan duluan yang jatuh. Usahakan untuk berguling agar tidak cidera parah saat terjatuh.

Selain cara jatuh, untuk mengurangi resiko cidera besar, sebelum lo melakukan berbagai teknik atau trik termasuk grinding, usahakan melakukan pergerangan lebih banyak. Hal ini tentu untuk menghindari resiko cidera parah saat terjatuh.

Go Get Many References!

5 Tips Mudah Dari Satria Vijie Untuk Skateboarding Biar Bisa Grinding Mulus Halus! credit photo: thought.co

Learn from the Pro! Tentu istilah ini sudah diketahui banyak orang, termasuk para skater yang baru saja terjun ke dunia skateboarding. Buat teknik grinding, perlu berbagai macam percobaan dan melihat banyak pro melakukannya.

Satria juga menyatakan bahwa grinding adalah salah satu teknik yang serius sehingga carilah referensi para pro skater bagaimana mereka melakukan grinding, bagaimana mereka jatuh dan bagaimana mereka menghindari cidera serius.

Terlebih saat ini, youtube menjadi salah satu platform untuk belajar dan tahu apapun. Jadi, jangan menutup diri dari teknologi, manfaatkan segala platform yang ada untuk melakukan teknik grinding tersebut ya!

Nah, bagaimana nih bro? lima tips dari Satria Vijie yang sudah dijelaskan di atas? Sudah cukup jelas? Kalau iya, langsung saja nih persiapkan segalanya dan go to the skate park now!

 

Source

Feature Image - videoblocks.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!