NOV 12, 2018

5 Jenis Alat Khusus Pendakian Gunung Es yang Harus Lo Perhatikan Bro!

Pendakian ke gunung es merupakan hal yang sangat menantang bagi para pendaki. Namun harus dilengkapi dengan alat-alat khusus tentunya. Penasaran alat-alat apa saja sih yang diperlukan? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!


Pendakian ke gunung es merupakan sebuah pencapaian yang cukup membanggakan apabila bisa dicapai oleh seorang pendaki. Karena memang terdapat sebuah tantangan tersendiri yang mendorong lo untuk bisa mengalahkan diri lo. Dari kondisi medan yang sulit serta beragam rintangan lainnya pun menjadi sebuah ujian agar lo bisa untuk mengalahkan banyak hal di dalam diri lo sendiri.

Bila membicarakan mengenai pendakian ke gunung es, tentunya peralatan yang harus lo miliki serta gunakan pun harus sangat aman dan lengkap. Karena memang ekspedisi ini pun sangat berbahaya. Seperti apa yang dilakukan oleh Allan Prodinger beserta tim SuperAdventure di program House of Snow yang telah berhasil menaklukan Puncak Lobuche di Pegunungan Everest. Mereka pun menggunakan alat pendakian khusus yang lengkap agar bisa menggapai puncak yang menjadi mimpi mereka.

Tentunya dari ujung kaki hingga ujung kepala lo harus terlindungi beserta harus terus tertutupi agar selalu hangat ketika melakukan pendakian ke gunung es. Nah, daripada semakin penasaran terhadap apa saja yang diperlukan untuk melakukan pendakian nan ekstrim ini, simak saja beberapa informasi di bawah ini bro!

Alat Pendakian Khusus Gunung Es – Alas Kaki

Penampakan dari Double Plastic Boots. Credit: switchbacktravel.com

Untuk alat pendakian pertama yang harus diperhatikan ketika melakukan pendakian ke gunung es ialah alas kaki. Karena memang, kaki lo itu sendiri merupakan sebuah pondasi untuk lo terus bisa melanjutkan ekspedisi ini. Tak heran apabila terdapat banyak sekali jenis alas kaki yang perlu untuk lo ketahui ketika ingin melakukan pendakian ke gunung es.

Seperti Double Plastic Boot atau biasa juga disebut Aveloit Linners. Alas kaki saut ini merupakan sepatu mendaki dengan dua bentuk sepatu, lapisan luat dibuat dari plastic yang kuat, bagian dalam dibuat dengan bahan empuk namun kuat.

Fully Insulated Boot juga bisa lo gunakan untuk melakukan pendakian ke gunung es. Sepatu boot yang mampu menutupi hingga bagian betis. Alas kaki jenis ini pun juga bisa memberikan suhu yang hangat terhadap kaki lo loh.

Crampon yang Sudah Terpasang di Sepatu. Credit: ems.com

Yang paling terpenting untuk bagian alas kaki lo ketika melakukan pendakian ke gunung es ialah Crampon. Alat yang akan membantu lo untuk bisa terus terpijak di medan yang sangat licin ini tentunya menjadi sebuah pondasi yang cukup penting.

Allan Prodinger beserta tim SuperAdventure pun selalu menggunakan Crampon untuk bisa menggapai puncak. Namun memang walaupun sudah menggunakan Crampon, segala kemungkinan pun masih dapat terjadi.

Alat Pendakian Khusus Gunung Es – Peralatan Panjat

Ice Axe atau Kapak Es. Credit: blueice.com

Selain dari alas kaki, ketika melakukan pendakian es terdapat hal lainnya yang perlu untuk lo perhatikan Yaitu peralatan panjat. Karena ini merupakan alat yang cukup krusial ketika lo harus melewati beberapa medan yang cukup licin atau memiliki kemiringan yang cukup tajam.

Salah satunya ialah Ice Axe atau biasa juga disebut Kapak Es. Nah, untuk menggunakan alat ini pun, lo harus memperhatikan tinggi badan lo dengan ukuran yang dimiliki oleh alat ini. Kalau lo memiliki tinggi badan dibawah 170 cm maka gunakanlah kapak dengan ukuran 60 cm. Untuk yang memiliki tinggi badan 170 hingga 185 cm gunakanlah kapak dengan ukuran 65 cm dan untuk yang memiliki tinggi badan lebih dari 185 cm disarankan menggunakan kapak es yang memiliki panjang 70 cm.

Kalau lo sudah menonton video House of Snow di atas, terdapat sebuah insiden dimana salah satu dari tim SuperAdventure tergelincir ketika melakukan pendakian ke Puncak Lobuche. Namun terselamatkan oleh Kapak Es ini. Bisa dilihat bukan seberapa pentingnya alat satu ini bro.

Lalu terdapat pula beberapa alat lainnya yang perlu lo perhatikan ketika melakukan pendakian ke gunung es, seperti Perlon Webbing, Climbing Harness serta Adjustable Ski/ Trekking Poles yang merupakan tongkat mendaki yang dapat disesuaikan ukuran panjang dan pendeknya.

Alat Pendakian Khusus Gunung Es – Pakaian

Gore Tex Shell. Credit: worldbackpacker.co.uk/

Tentunya pakaian merupakan hal yang tidak boleh lo lupakan ketika melakukan pendakian ke pegunungan es. Lo enggak mau kan kalau tiba-tiba badan lo membeku? Untuk itu memperhatikan pakaian yang akan lo gunakan merupakan hal yang sangat penting.

Untuk pakaian dalamnya saja lo harus menggunakan Expedition Weight Underwear yang terbuat dari bahan Polypro atau Capilene. Atau lo juga bisa menggunaan Lightweight Underwear, merupakan pakaian dalam yang ringan terdiri dari atasan dan bawahan dibuat dari bahan Capilene, sintesis atau wool. Dengan resleting bentuk T hingga leher pun mampu memberikan pilihan keluar masuknya udara.

Lalu lo bisa menggunakan Pile Jacket atau Heavyweight Pile. Pilihlah tipe dengan retsleting penuh agar lebih mudah untuk dikenakan dan punya ventilasi udara yang lebih baik daripada jaket tipe pull over. Jangan menggunakan jaket jenis Windstopper karena tidak memiliki ventilasi udara yang baik.

Setelah itu terdapat pula Pile Pants, Down Pants, Down Parka dan Gore Tex Shell yang bisa lo pilihan bro. Tentunya untuk pakaian itu sendiri benar-benar harus lo perhatikan baik dari kegunaannya hingga apa saja yang bisa pakaian itu berikan kepada lo.

Alat Pendakian Khusus Gunung Es – Sleeping Bag dan Sarung Tangan

Sleeping Bag. Credit: mec.ca

Tak lupa ialah Sleeping Bag, nah untuk pemilihannya pun harus diperhatikan bro. Karena memang lo akan tidur di kondisi udara yang sangat dingin maka disarankan untuk menggunakan Sleeping Bag yang bagian dalamnya terbuat atau terdapat bulu angsa.

Sarung tangan juga merupakan hal yang harus lo perhatikan ketika sedang melakukan pendakian, karena memang tangan merupakan bagian tubuh yang paling mudah untuk membeku loh. Ada dua jenis sarung tangan yang bisa lo gunakan. Ada sarung tangan yang bentuknya tidak memisahkan jari-jari lo dan ada sarung tangaan yang memisahkan ibu jari dengan empat jari lo, biasanya disebut Mitten.

Alat Pendakian Khusus Gunung Es – Ransel dan Kacamata

Kacamata Khusus Pendakian Gunung Es. Credit: skis.com/

Hal lain yang harus lo perhatikan ialah bagaimana pemilihan ransel lo. Ransel dengan internal frame merupakan pilihan yang tepat, karena bisa diperluas daya tampungnya. Tas ransel jenis ini pun juga mudah dan ringan. Disarankan untuk menghindari risleting yang tak perlu dan lain-lain yang sekiranya bisa menambahkan beban.

Karena penglihatan merupakan hal penting yang harus lo perhatikan, sehingga pemilihan kacata pun harus sangat presisi. Gunakanlah yang diperuntukan untuk mendaki gunung es atau juga bisa yang digunakan untuk bermain ski.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar alat khusus yang harus lo penuhi ketika melakukan pendakian gunung es di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa bro, jangan lupa loh untuk menonton program House of Snow di YouTube yaa. Kalau lo ketinggalan tak perlu khawatir karena terdapat episode satu hingga keempat yang bisa lo nikmati setiap saat di kanal SUPERADVENTUREID. Semangat selalu dan jangan berhenti bereksplorasi bro!

Source

 

 

Featured Image: travelingyuk.com

 


Please login to comment
4 COMMENTS
jessica
November 12, 2018 at 5:52 PM

The post is really superb. It’s varied accessory write my college paper information that consists during a basic and necessary method. Thanks for sharing this text. The substance is genuinely composed. This web log is frequently sharing useful actualities. Keep sharing a lot of posts.


jessica
November 12, 2018 at 5:54 PM

Good post. Thanks for sharing with us. I just loved your way of presentation. I enjoyed reading this .Thanks for sharing and keep writing. It is good to read blogs like this. As constantly, we appreciate Vin Diesel XXX Jacket yourself assurance and accept as true within us.


Jcobliam
November 14, 2018 at 4:14 PM

You should have clearly define topics which you want to learn and start collecting study material according to that topics. Also some assignment help service you can use to get knowledge as well. Just proceed accordingly and don’t waste your time because time is precious. Assignment Help


alishiasergi
November 23, 2018 at 12:45 AM

Thank you, I’ve recently been searching for info about this subject for ages and yours is the best I’ve found so far. wedding anniversary quotes for husband