NOV 13, 2018

6 Fakta Menarik Mengenai Gunung Bromo Ketika Membeku yang Perlu Untuk Lo Ketahui!

Bukan hanya keindahan beserta hamparan pasirnya saja yang bisa lo nikmati di Gunung Bromo, karena lo bisa melihat kawasan ini membeku loh. Penasaran? Lihat saja informasinya di bawah ini!


Belum lama ini terjadi sebuah fenomena alam yang jarang terjadi, suhu udara di malam hari pun semakin dingin. Bahkan di beberapa tempat sampai muncul es di waktu-waktu tertentu loh. Yang belum lama terjadi tepat berada di kawasan Dieng, Jawa Tengah. Namun selain kawasan tersebut ternyata Gunung Bromo juga terselimuti oleh es.

Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memang terkenal dengan cuaca yang sangat dingin, apalagi jika malam sudah tiba. Bahkan pernah loh kawasan gunung ini membeku selama satu pekan. Destinasi yang terkenal dengan lautan pasir ini memang merupakan tujuan favorit bagi para pelancong baik dari dalam maupun luar negeri.

Banyak hal yang bisa lo lakukan loh bila berada di kawasan gunung ini. Karena memang terdapat beberapa anjungan yang bisa lo sewa serta rasakan di sana. Kembali berbicara mengenai membeku selama sepekan, ternyata kawasan wisata ini menyimpan beberapa fakta yang harus lo ketahui. Daripada lo semakin penasaran, berikut beberapa informasi tersbeut dan semoga bisa berguna.

Fakta Seputar Gunung Bromo Ketika Membeku – Terjadi Setiap Tahun

Suasana Membeku di Gunung Bromo. Credit: wartabromo.com

Ternyata fenomena alam yang cukup unik ini pasti terjadi setiap tahunnya di kawasan gunung yang penuh dengan lautan pasirnya. Tepatnya setiap musim bediding datang, atau biasa juga disebut musim kemarau amplitudo.

Ketika musim tersebut suhu udara antara siand dan malam relatif lebih tinggi daripada biasanya. Pada siang hari suhu udara yang ada di kawasan gunung ini pun bisa sangat panas. Namun ketika malam hari suhunya pun bisa berubah 180 derajat, bahkan bisa menyentuh di bawah 0 derajat celcius.

Ooo iyaa, buat lo yang masih bingung mengenai apa itu musim bediding, merupakan sebuah sebutan masyarakat Jawa mengenai puncak musim kemarau.

Fakta Seputar Gunung Bromo Ketika Membeku – Butiran Es

Suasana Membeku di Gunung Bromo. Credit: .pantura7.com/

Dengan cuaca yang sangat dingin tersebut, seringkali membuat cuaca di pagi harinya pun ikut dingin. Bisa dibayangkan ketika malam hari suhu yang ada di kawasan ini pun bisa menyentuh -2 derajat celcius. Hal tersebut pun membuat uap air yang turun pada pagi hari pun sangat dingin.

Bahkan bisa berubah menjadi butiran es, salah satu kawasan yang terselimuti es yakni Pos Pengamatan Gunung Bromo, yang memiliki jarak sekitar 3 km dari puncak kawah. Suhu di sana pun bisa mencapai 2 derajat celcius.

Fakta Seputar Gunung Bromo Ketika Membeku – Persediaan Air Berkurang

Suasana Gunung Bromo Membeku. Credit: youtube.com

Satu hal yang cukup membuat para pengunjung atau masyarakat yang tinggal di kawasan Gunung Bromo ini sedikit khawatir ketika musim kemarau ini berlangsung ialah dengan persediaan airnya yang berkurang. Karena memang suhu yang ada di sana sangat dingin, sehingga bukan hanya uapan airnya saja yang membeku.

Air yang dialirkan ke rumah warga melalui pipa paralon pun juga bisa berubah menjadi es. Oleh sebab itu, keperluan untuk melakukan kegiatan sehari-hari pun berkurang. Sehingga ketika musim kemarau tiba dan lo sedang berada di Gunung Bromo, jangan lupa untuk menghematkan air yang lo gunakan yaa.

Fakta Seputar Gunung Bromo Ketika Membeku – Daya Tarik Tersendiri

Suasana di Gunung Bromo. Credit: .idntimes.com

Dengan fenomena alam yang cukup unik ini ternyata mendapatkan banyak perhatian dari para pelancong. Karena minat dari para wisatawan yang datang ke Gunung Bromo tidaklah surut. Memang pemandangan yang akan lo lihat cukup berbeda bila dibandingkan dengan biasanya.

Banyak pula dari wisatawan yang datang penasaran terhadap apa sih yang bisa ditawarkan oleh Gunung Bromo ketika sedang diselimuti oleh es. Belum lagi dengan latar keindahan matahari yang terbit, tentunya menjadi sebuah perpaduan yang sangat indah.

Fakta Seputar Gunung Bromo Ketika Membeku – Spot Fotografi

Suasana di Gunung Bromo. Credit: .idntimes.com

Buat lo yang suka atau memiliki hobi sebagai fotografer, tentunya ketika Gunung Bromo sedang membeku lo bisa memanfaatkan momen ini sebagai tempat atau spot agar lo bisa mendapatkan sebuah hasil foto atau gambar yang memuaskan.

Banyak hal yang bisa lo dapatkan ketika fenomena ini terjadi, mulai dari pemandangan es yang luas hingga hamparan warna putih yang tentunya bisa lo mainkan. Bukan hanya itu saja ketika matahari terbit ataupun tenggelam bisa menjadi momen yang unik untuk lo tangkap.

Suasananya yang unik beserta sedang berada di sebuah pegunungan es akan lo dapatkan ketika gunung ini sedang berada di cuacanya yang paling dingin. Jadi jangan lupa untuk membawa kamera lo ketika sedang berlibut atau berwisata ke Gunung Bromo bro, karena akan sangat disayangkan sekali apabila lo kelewatan momen indah ini.

Fakta Seputar Gunung Bromo Ketika Membeku – Perjalanan Menuju Bromo

Suasana di Gunung Bromo. Credit: .flinsetyadi.me

Tentunya sebelum itu semua lo harus tahu bagaimana cara agar bisa menginjakkan kaki di gunung ini, apalagi buat lo yang belum pernah ke sana. Nah, kalau dari Probolinggo lo bisa naik bis menuju Sukapura. Lalu bisa melanjutkan perjalanan lo ke Ngadisari.

Dari Ngadisari lo bisa naik kuda atau berjalan kaki menuju Cemoro Lawang kurang lebih dengan jarak 3 km. Di Cemoro Lawang lo bisa bermalam di hotel atau losmen yang ada di kawasan tersebut. Besok paginya lo bisa melanjutkan perjalanan ke kawah Gunung Bromo yang bisa lo tempuh dengan berjalan kaki atau naik kuda yang disewakan oleh masyarakat setempat.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Gunung Bromo ketika membeku di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa ketika ingin berkunjung ke sana. Namun untuk selalu diingat loh menjaga kebersihan serta kelestarian dari tempat wisata alam yang sudah lo kunjungi. Semangat selalu dan jangan berhenti bereksplorasi!

Source

 

 

Featured Image: wisataku.id


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!