6 Hal Seru yang Dapat Lo Lakukan di Pulau Peucang

Pulau Peucang memiliki keindahan alam yang banyak diburu wisatawan lokal dan asing. Pulau yang berada di bagian timur Taman Nasional Ujung Kulon ini memiliki air laut yang begitu jernih dan terumbu karang yang indah. Tidak hanya itu, pulau ini juga menjadi tempat tinggal bagi sejumlah flora dan fauna liar.

6 Hal Seru yang Dapat Lo Lakukan di Pulau Peucang

Salah satu tempat wisata yang menawarkan sejuta keindahan pesona alam adalah Pulau Peucang. Pulau cantik ini diketahui terletak di Selat Panaitan, Kabupaten Pandeglang, Lo dapat menemukan pulau ini di bagian timur area Taman Nasional Ujung Kulon.  

Pulau Peucang dikenal dengan air lautnya yang begitu jernih, terumbu karangnya yang menawan serta pasir putihnya yang begitu indah. Pulau ini juga menjadi habitat bagi sejumlah flora dan fauna liar. Lo dapat mengamati aktivitas satwa liar secara lebih dekat di tempat ini.

Apa sajakah aktvitas seru yang dapat dilakukan wisatawan di Pulau Peucang? Berikut adalah 6 di antaranya. Silakan disimak ya bro!

1. Melakukan Perjalanan ke Karang Copong

6 Hal Seru yang Dapat Lo Lakukan di Pulau Peucang

6 Hal Seru yang Dapat Lo Lakukan di Pulau Peucang. Photo Credit: indonesiakaya.com

Salah satu kegiatan yang banyak dilakukan wisatawan di Pulau Peucang adalah trekking ke Karang Copong. Daya tarik karang ini terlihat pada tampilannya yang menyerupai Tanah Lot dengan disertai lubang. Karang Copong diketahui berada di sebelah barat Pulau Peucang. Waktu yang dibutuhkan wisatawan untuk melakukan trekking ke Karang Copong adalah sekitar 1 jam.

Banyak wisatawan menyambangi karang ini untuk mengamati pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Di tempat ini, lo akan disuguhi keindahan panorama alam yang tak terlupakan. Momen tersebut tentu akan menjadi salah satu kenangan manis selama lo berlibur di Pulau Peucang.

Sebelum melakukan trekking ke Karang Copong, ada baiknya lo menyiapkan lotion anti nyamuk ke dalam tas yang akan dibawa.  Selain itu, lo juga disarankan menengguk obat antimalaria sebelum memulai perjalanan. Barang lainnya yang wajib dikenakan saat trekking adalah sepatu gunung dan pakaian nyaman.

Seluruh persiapan ini ditujukan agar lo mampu mengantisipasi rintangan yang menghadang di tengah perjalanan. Wisatawan akan menjumpai berbagai jenis fauna yang tinggal saat melakukan trekking ke Karang Copong, contohnya seperti biawak, burung hantu, elang, dan burung merak. Lo juga berkesempatan melihat pohon tinggi dengan akar raksasa bernama Pohon Kiara.

2. Menaiki Perahu Kano ke Muara Cigenter

6 Hal Seru yang Dapat Lo Lakukan di Pulau Peucang

6 Hal Seru yang Dapat Lo Lakukan di Pulau Peucang. Photo Credit: xingwisata.com

Aktivitas seru lainnya yang dapat lo lakukan di Pulau Peucang adalah menaiki perahu kano. Melalui kano, lo berkesempatan menjelajahi dua tempat di Ujung Kulon. Dua tempat tersebut adalah Pulau Handeuleum dan Muara Cigenter.

Pertama-tama, perahu kano akan mengantarkan lo untuk singgah ke Pulau Handeuleum. Setelah itu, perahu akan kembali berangkat dan membawa lo ke Muara Cigenter. Sesampainya di sana, lo dapat menjajal fasilitas perahu kecil beserta dayung untuk menikmati keindahan alam Muara Cigenter.

Adrenalin lo akan diuji dengan keadaan perahu yang bergoyang akibat terkena terjangan ombak. Air laut yang memiliki ketinggian hampir sejajar dengan perahu juga akan membuat jantung lo berdegup kencang. Apabila mencari arus tenang, wisatawan dapat menyambangi muara untuk bersantai sambil mengamati pohon aren di sebelah kanan dan kiri.

3. Bermain dan Berjemur di Bibir Pantai

6 Hal Seru yang Dapat Lo Lakukan di Pulau Peucang

6 Hal Seru yang Dapat Lo Lakukan di Pulau Peucang. Photo Credit: blogspot.com

Pulau Peucang diketahui memiliki pantai dengan pasir putih yang cantik. Lo dapat bermain di pasir pantai ini sembari menghirup udara segar yang menyejukkan. Pasir putih ini juga dapat lo jadikan sebagai tempat berfoto yang “instagrammable”.

Aktivitas lainnya yang dapat dilakukan wisatawan di pantai ini adalah berjemur. Lo dapat mengubah penampilan kulit menjadi lebih eksotis dengan berjemur di bawah matahari saat cuaca cerah. Wiasatawan asing kabarnya sering melakukan aktivitas ini sembari menikmati keelokan pantai.

4. Menikmati Pemandangan Bawah Laut di Cihandarusa

6 Hal Seru yang Dapat Lo Lakukan di Pulau Peucang

6 Hal Seru yang Dapat Lo Lakukan di Pulau Peucang. Photo Credit: blogspot.com

Wisatawan juga dapat menikmati keindahan biota laut di Pulau Peucang. Lo dapat menyaksikan keanggunan terumbu karang serta aktivitas ikan dengan mencoba snorkeling di Cihandarusa. Kejernihan air lautnya akan memudahkan lo mengamati pemandangan terumbu karang dengan jelas.

5. Menyaksikan Aktivitas Fauna Liar di Berbagai Penjuru Tempat

6 Hal Seru yang Dapat Lo Lakukan di Pulau Peucang

6 Hal Seru yang Dapat Lo Lakukan di Pulau Peucang. Photo Credit: ngetripmulu.com

Pulau Peucang akan menawarkan pengalaman berlibur yang unik kepada para wisatawan. Di sini, wisatawan dapat menyaksikan hewan liar berlarian ke sana ke mari dengan bebas. Pemandangan ini biasanya akan disaksikan wisatawan yang berjalan ke arah wisma.

Fauna liar yang dapat dijumpai wisatawan di antaranya adalah rusa, monyet, dan babi hutan. Lo akan terbiasa melihat rusa dan monyet berlarian mengitari hamparan padang rumput. Babi hutan juga terkadang mendekati wisatawan yang sedang makan di wilayah pulau ini.

Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, wisatawan dianjurkan tidak mengusik aktivitas hewan liar di Pulau Peucang. Hewan liar di sana tidak akan menyerang wisatawan selagi mereka tidak diganggu. Wisatawan juga disarankan selalu memerhatikan barang-barang bawaan agar tidak dicuri oleh para monyet.

6. Mengamati Banteng di Cidaon

6 Hal Seru yang Dapat Lo Lakukan di Pulau Peucang

6 Hal Seru yang Dapat Lo Lakukan di Pulau Peucang. Photo Credit: indonesiakaya.com

Spot wisata menarik lainnya yang patut dijajal wisatawan adalah Cidaon. Tempat ini diketahui berada dalam area utama Taman Nasional Ujung Kulon. Lo dapat menempuh daerah ini dari Pulau Peucang dengan menaiki perahu dalam waktu dua puluh menit. Jarak yang terbentang antara Cidaon dan Pulau Peucang adalah dua kilometer.

Di Cidaon, lo dapat bersantai sembari menyaksikan kerumunan banteng. Wisatawan juga dapat menjajal menara untuk mengamati panorama alam secara puas. Keindahan pemandangan alam di sana  tentu akan memanjakan mata para wisatawan.

Demikian enam aktivitas seru yang dapat lo lakukan di Pulau Peucang. Semoga informasi ini membuat lo tertarik datang ke pulau ini secepatnya. Jangan lupa datang ke sini ya bro!

Source

Feature Image - pedomanwisata.com

Wilderness Beginner snorkling tracking
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!