4 Spot Diving di Wakatobi yang Bisa Menggugah Selera Petualangan Lo Nih!

Wakatobi jelas sudah terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya yang luar biasa. Spot diving atau titik penyelaman yang akan dibahas kali ini diyakini akan menggugah selera petualangan lo. Tidak percaya? Sila simak bahasan ini bro!

4 Spot Diving di Wakatobi yang Bisa Menggugah Selera Petualangan Lo Nih!

Percaya atau tidak, apakah selama ini lo mengira Wakatobi adalah sebuah tempat? Secara administratif, benar. Wakatobi adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara yang berpusat di Wangi-wangi. Namun, lo tahu tidak kalau Wakatobi juga sebuah akronim?

Wakatobi adalah sebuah akronim dari keempat pulau utamanya. Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Baru tahu ya lo? Selain keempat pulau tersebut, masih ada beberapa pulau-pulau kecil lainnya di sana.

Wakatobi, siapa yang tidak kenal dengan spot petualangan yang berasal dari Indonesia bagian timur ini. Keindahan alam bawah lautnya sudah populer seantero dunia. Banyak para petualang mancanegara berlomba untuk datang dan menikmati keindahan alam bawah lautnya di sini.

Soal keindahan alam bawah laut, tidak kurang dari 942 spesies ikan baik yang besar atau yang kecil dan 750 spesies karang tercatat menjadi penghuni di perairan Wakatobi. Oleh karena itu, tidak heran jika dari tahun 1996, Wakatobi sudah ditetapkan sebagai salah satu cagar alam dunia untuk biosfer laut oleh UNESCO.

Bicara soal keindahan alam bawah laut, menyelam adalah salah satu cara untuk menikmatinya. Percaya atau tidak, setidaknya ada 40 spot diving di Wakatobi. Nah, buat lo yang sudah tergugah untuk diving di Wakatobi tapi belum tahu di mana saja spot yang oke untuk menikmati keindahan alam bawah lautnya, sila simak bahasan kali ini yang merangkum dive spot tersebut menjadi 4 titik penyelaman saja.

House Reef

4 Spot Diving di Wakatobi yang Bisa Menggugah Selera Petualangan Lo Nih!

4 Spot Diving di Wakatobi yang Bisa Menggugah Selera Petualangan Lo Nih! credit photo: topindonesiaholiday.com

Di kalangan para penyelam, istilah ‘House Reef’ merujuk pada terumbu karang yang dapat diakses dengan mudah dari beberapa dive spot yang ada di Wakatobi. Wakatobi terkenal dengan ‘padat’ penduduk’ soal terumbu karang.

Deretan terumbu karangnya masih bisa ditemukan dengan mudah walau sudah berada di kedalaman 15 meter sampai 25 meter. Namun, kalau lo yang ingin snorkelling saja – House Reef Wakatobi juga berada di kedalaman 3 meter – 5 meter, lho.

House Reef ini adalah salah satu spot diving yang terkenal dan populer di kalangan para penyelam karena cukup bersahabat untuk penyelam baru. Jadi, untuk lo yang Lod Dive atau jam menyelamnya masih belum banyak, tidak masalah karena arus yang ada di sana tidak terlalu berbahaya.

Cornucopia

4 Spot Diving di Wakatobi yang Bisa Menggugah Selera Petualangan Lo Nih!

4 Spot Diving di Wakatobi yang Bisa Menggugah Selera Petualangan Lo Nih! credit photo: tripzilla.id

Spot diving yang indah berikutnya ada di dekat Pulau Tomia, lebih tepatnya di sekitar Pulau Tomia. Di spot ini, para penyelam bisa menemukan terumbu karang yang tampak seperti sebuah dinding vertikal di kedalaman 20 meter – 55 meter.

Dengan kedalaman seperti itu, jelas untuk mencapai dan menikmati keindahan alam bawah laut yang ada di sana, hanya penyelam-penyelam pro atau yang jam menyelamnya sudah banyak yang bisa menyelam di kedalaman itu.

Selain butuh skill yang oke untuk menyelam di sana, para penyelam tentu sudah harus punya sertifikat untuk menyelam di kedalaman seperti itu. Cornucopia, selain terkenal kedalamannya, arus yang ada di sana tidak bisa diprediksi dengan presisi. Oleh karena itu, pastikan lo sudah tersertifikasi ya.

Coral Garden

4 Spot Diving di Wakatobi yang Bisa Menggugah Selera Petualangan Lo Nih!

4 Spot Diving di Wakatobi yang Bisa Menggugah Selera Petualangan Lo Nih! credit photo: scubadivingresource.com

Berlokasi di kedalaman antara 18 meter – 25 meter, Coral Garden yang ada di sekitar Pulau Tomia juga merupakan salah satu titik penyelaman yang dihiasi oleh berbagai terumbu karang yang cantik. Ditambah, berbagai biota laut dari yang kecil hingga besar juga ada di sana.

4 Spot Diving di Wakatobi yang Bisa Menggugah Selera Petualangan Lo Nih!

4 Spot Diving di Wakatobi yang Bisa Menggugah Selera Petualangan Lo Nih! credit photo: littlenomadid.com

Sebut saja seperti berbagai jenis ikan warna-warni, lobster dan udang lainnya serta kura-kura hijau, bisa dengan mudah lo temukan di sini. Ibarat sebuah kebun, Coral Garden adalah salah satu spot luas yang dengan mudah dieksplorasi oleh para penyelam.

Roma

4 Spot Diving di Wakatobi yang Bisa Menggugah Selera Petualangan Lo Nih!

4 Spot Diving di Wakatobi yang Bisa Menggugah Selera Petualangan Lo Nih! credit photo: scubadiverlife.com

Nah, spot diving keempat adalah spot Roma yang berada di sisi barat Pulau Tomia. Di spot yang mempunyai kedalaman 15 meter – 25 meter ini, visibility-nya masih cukup baik untuk dinikmati. Mayoritas spot diving ini tidak begitu berbeda dari spot diving lainnya.

Hamparan terumbu karang warna-warni serta berbagai jenis biota laut yang indah ada di sana. Selain itu, arusnya yang tidak begitu kencang menjadi alasan utama mengapa banyak penyelam baru bisa menyelam dengan santai di sini.

4 Spot Diving di Wakatobi yang Bisa Menggugah Selera Petualangan Lo Nih!

4 Spot Diving di Wakatobi yang Bisa Menggugah Selera Petualangan Lo Nih! credit photo: wakatobitourism.com

Wakatobi memang luar biasa indah. Tidak heran kalau keindahan alam bawah lautnya dapat dengan mudah membius banyak petualang, tidak terkecuali petualang dari dalam negeri sendiri. Hal tersebut juga dirasakan oleh Marzuki ‘Kill the DJ’ dan Erix Soekamti untuk datang ke sana.

Saat ini, Kill the DJ dan Erix Soekamti tengah berada di Wakatobi dalam eksplorasinya bersama Super Adventure. Sebelum Wakatobi, mereka juga diving di Alor. Mereka tengah bertugas untuk memperlihatkan keindahan alam bawah laut Indonesia yang luar biasa indah.

Mereka tergabung dalam program I DARE XPLORE INDONESIA akan merangkai keindahan alam bawah laut yang luar biasa. Mulai dari Alor, sekarang ada di Wakatobi dan selanjutnya mereka akan berada di Banda Neira.

Buat lo yang udah penasaran bagaimana serunya mereka berdua dalam I DARE XPLORE INDONESIA – sila simak video seru ini!

 

Source

Feature Image - harivalyazuka.com

I DARE EXPLORE INDONESIA Beginner snorkling pantai diving I DARE EXPLORE INDONESIA
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!