6 Fakta Seputar Keindahan Alam Bawah Laut yang Ada di Wakatobi!

Berbicara mengenai keindahan alam bawah laut, tentunya Wakatobi merupakan tujuan yang tepat. Enggak percaya? Lihat saja informasinya di bawah ini bro!

6 Fakta Seputar Keindahan Alam Bawah Laut yang Ada di Wakatobi!

Menikmati keindahan alam bawah laut merupakan sebuah keuntungan yang bisa lo dapatkan bila berada di kawasan Sulawesi Tenggara. Apalagi buat lo pcinta snorkeling atau diving. Karena di kawasan tersebut ada Kepulauan Wakatobi. Bahkan banyak dari para penyelam asal luar negeri pun yang rela untuk menyempatkan waktu mereka untuk melihat secara langsung keindahannya.

Tak heran apabila banyak dari para pelancong yang sudah berkunjung ke kawasan wisata alam ini memiliki kesan yang indah mengenai Wakatobi. Terletak di Segitiga Terumbu Karang, wajar kalau Wakatobi ini menjadi salah satu destinasi impian. Bukan hanya itu saja, bahkan Kemenpar saja sudah menetapkan kalau Wakatobi merupakan salah satu dari 10 destinasi prioritas wsiata alam.

Walaupun sudah mulai terdengar namun masih ada beberapa kalangan yang salah kaprah mengenai kawasan wisata satu ini. Nah, oleh sebab itu, simak beberapa fakta menarik seputar Wakatobi yang masih jarang orang ketahui. Karena kepulauan ini pun selain menyimpan sebuah keindahan alam yang eksotis, juga menyimpan sebuah cerita yang sulit untuk dilupakan.

Wisata Alam ke Wakatobi – Bukan Sebuah Nama Pulau, Melainkan Sebuah Singkatan

6 Fakta Seputar Keindahan Alam Bawah Laut yang Ada di Wakatobi!

Suasana di Wakatobi. Credit: Tim SuperAdventure

Fakta utama yang harus lo ketahui seputar Wakatobi ialah kalau memang nama ini bukanlah sebuah pulau melainkan sebuah singkatan dari beberapa pulau yang ada di dalam satu kepulauan ini serta merupakan nama sebuah kabupaten.

Banyak pula yang beranggapan kalau Wakatobi itu sendiri memiliki kedekatan dengan Jepang, namun hal itu sama sekali tidak ada hubungannya. Nama Wakatobi itu sendiri merupakan singkatan dari suku kata terdepan dari empat pulau utama di kepulauan ini, yaitu Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia dan Binongko.

Wisata Alam ke Wakatobi – Pilihan Pulau yang Lain

6 Fakta Seputar Keindahan Alam Bawah Laut yang Ada di Wakatobi!

Suasana di Kepulauan Wakatobi. Credit: tipsdoktercantik.com

Kepulauan Wakatobi sendiri bukan hanya terdiri dari 4 pulau itu saja bro, karena masih terdapat pilihan pulau-pulau lainnya. Tentunya pulau-pulau lainnya memiliki keindahan alam yang tak kalah dengan pulau utamanya nih bro.

Pulau-pulau tersebut ialah Tokobao, Lintea Utara, Lintea Selatan, Kampenaune, Hoda, Tolondano dan masih banyak lagi. Tentunya tiap-tiap pulau memiliki pesonanya masing-masing. Daya tarik Pulau Anano misalnya, di sana lo melihat tempat penyu menetaskan telur.

Untuk Pulau Kaledupa memiliki Danau Sombano yang menjadi habitat bakau, pandan dan anggrek. Pulau Tomia sendiri memiliki Puncak Kahyangan, yang merupakan sebuah spot yang akan membawa lo untuk bisa menikmati matahari terbit di spot yang panoramik.

Wisata Alam ke Wakatobi – Masuk Kawasan Taman Nasional

6 Fakta Seputar Keindahan Alam Bawah Laut yang Ada di Wakatobi!

Suasana di Wakatobi. Credit: scubadivingresource.com

Selain dari keindahan alam yang dimiliki, ternyata Kepulauan Wakatobi masuk ke dalam kawasan Taman Nasional loh. Seluruh kabupaten yang ada di dalam kawasan ini pun masuk ke dalam Taman Nasional Wakatobi yang memiliki luas wilayah yang bisa mencapai 1,39 juta hektar.

Menjaga kebersihan serta kelestarian dari tempat wisata yang lo kunjungi merupakan sebuah kesadaran yang harus dimiliki. Tak terkecuali tempat-tempat wisata lainnya bro, sehinga jangan asal ambil binatang laut dan jangan buang sampan sembarangan atau sampai merusak terumbu karang.

Wisata Alam ke Wakatobi – Kepulauan Pandai Besi

6 Fakta Seputar Keindahan Alam Bawah Laut yang Ada di Wakatobi!

Suasana Pengrajin Besi. Credit: youtube.com

Fakta unik lainnya mengenai Wakatobi ialah pulau ini sering juga disebut sebagai Kepulauan Pandai Besi. Hal tersebut pun muncul bukan tanpa alasan, karena ketika zaman panjajahan kawasan ini pun penuh dengan pengerajin besi yang memang memiliki kemampuan yang di atas rata-rata.

Bahkan sudah terkenal kalau warga Wakatobi sendiri bisa mengolah besi menjadi berbagai jenis perkakas, dari mulai perkakas sehari-hari, pisau dapur, hingga parang. Bahkan kepulauan ini pun pernah menjadi penghasil keris tradisional berkualitas tinggi.

Pulau Binongko merupakan tempat yang tepat untuk lo bisa melihat bagaimana para pengrajin tersebut berkarya, karena memang di pulau ini lo masih bisa melihat komunitas pandai besi. Jadi, jangan lupa untuk mampir ke pulau tersebut yaa.

Wisata Alam ke Wakatobi – Memiliki Spesies Laut yang Banyak

6 Fakta Seputar Keindahan Alam Bawah Laut yang Ada di Wakatobi!

Suasana di Wakatobi. Credit: kabarwisata.com/

Berbicara mengenai keindahan alam bawah laut yang ada di Wakatobi, tentunya merupakan hal yang akan lo dapatkan. Tak heran apabila terdapat banyak pilihan spesies laut yang ada di bawah sana. Banyak terumbu karang dengan kondisi yang ideal terdapat di perairan kepulauan ini.

Posisi dari Wakatobi sendiri juga menjadi alasan mengapa pertumbuhan organisme laut menjadi lebih nyaman serta memiliki perkembangan yang cukup pesat. Semakin sehat terumbu karang di sebuah perairan, maka semakin banyak pula jumlah ikan yang ada di sana.

Wakatobi sendiri merupakan habitat dari 750 spesies terumbu karang dari total 850 spesies yang eksis di bumi. Jumlah spesies ikan yang ada di sini juga tidak main-main, sekitar 942. Sehingga lo akan puas ketika melakukan diving atau snorkeling nih bro.

Wisata Alam ke Wakatobi – Lebih dari 50 Spot Diving

6 Fakta Seputar Keindahan Alam Bawah Laut yang Ada di Wakatobi!

Suasana Spot Diving. Credit: scubadiverlife.com

Bisa dikatakan kalau Wakatobi merupakan surga bagi para penyuka diving, karena selain dari keindahan alam bawah laut yang dimiliki, ternyata di kawasan wisata alam ini memiliki kurang lebih 50 spot diving yang indah loh bro.

Lokasi-lokasi penyelaman di Wakatobi memang sangat indah. Dari dulu banyak dari para penyelam kelas dunia pun berbondong-bondong untuk datang ke kawasan ini untuk melihat langsung keindahan yang ada di spot-spot diving yang ada di sana.

Keindahan alam yang ada di Wakatobi pun memang mampu membuat banyak petualang terpukau, tak terkecuali Marzuki ‘Kill th DJ’ dan Erix Soekamti untuk datang ke sana. Saat ini, kedua petualang tersebut tengah berada di Wakatobi dalam eksplorasinya bersama SuperAdventure.

Sebelum Wakatobi, mereka juga diving di Alor loh bro. Memperlihatkan keindahan alam bawah laut Indonesia memang merupakan tugas mereka melalui program I DARE XPLORE INDONESIA. Mereka akan mulai dari Alor, sekarang ada di Wakatobi dan selanjutnya akan berada di Banda Neira.

Simak saja videonya bro agar lo tahu seberapa indahya alam bawah laut yang ada di perairan Nusantara! Semangat selalu dan jangan berhenti bereksplorasi bro!

Source 

 

 

Featured Image: Tim SuperAdventure

I DARE EXPLORE INDONESIA Beginner diving solo traveling
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!