NOV 18, 2018

Panggilan Untuk Penggila MTB dan Downhill Masa Kini, Sudah Siap Pompa Adrenalin Lo?

Penggila MTB dan Downhill, akhir pekan sudah siap goes ke mana nih? Kalau lo belum tahu sila cek di sini aja. Atau bahkan belum punya MTB nya? Duh, buruan deh lihat bahasan kali ini!


Mountain Bike, atau singkatnya MTB – adalah salah satu gear, mungkin bisa dibilang kendaraan roda dua tanpa mesin, yang bisa menyempurnakan akhir pekan lo yang kelabu. Percaya atau tidak, MTB akan mendatangkan kesenangan serta keseruan yang tidak habis-habis.

Tahu caranya gimana? Ya, downhill adalah salah satunya. Tapi, pergi ke beberapa spot petualangan yang masih penuh dengan hutan, perbukitan hijau atau bahkan pegunungan, juga merupakan tempat-tempat di mana lo akan menemukan adrenalin dengan MTB.

Tas Khusus Buat MTB

Panggilan Untuk Penggila MTB dan Downhill Masa Kini, Sudah Siap Pompa Adrenalin Lo? credit photo: bikehub.co.za

Tidak langsung lo kendarai MTB tersebut, tapi lo bisa menyimpannya ke dalam sebuah tas. Kalau sudah tersimpan di atas, lo bisa nih berkendara MTB di pegunungan Himalaya sekalipun, lho! Tinggal masuk bagasi pesawat, dan…lo bisa seru-seruan dengan MTB di tempat-tempat yang tidak biasa.

Salah satu tas MTB yang cukup terkenal dan populer di kalangan petualang adalah Evoc’s Bike Travel. Evoc adalah sebuah brand yang mengeluarkan tas, khusus untuk MTB. Tentu, MTB lo tidak semata-mata bisa langsung masuk tas ini karena yang jelas, dua bannya mesti dilepas terlebih dahulu dan ditaruh di kantung terpisah.

Gear ini (tas MTB) menjadi salah satu gear yang cukup penting untuk para penggila downhill, atau yang suka bereksplorasi dengan sepeda di tempat-tempat yang tidak umum dilalui orang biasa. Tentu, MTB perlu orang-orang yang punya nyali besar untuk berkendara MTB di spot petualangan yang menegangkan.

Jenis-Jenis MTB Berdasarkan Spot Serunya!

Nah, engga seru jugakan kalau sudah tahu ada tas MTB yang bisa buat lo sepedaan di mana saja, tanpa punya sepedanya. Oleh karena itu, lo harus tahu juga nih bagaimana memilih atau membeli MTB berdasarkan di mana lo akan sering berpetualang.

Hard Tail MTB

Panggilan Untuk Penggila MTB dan Downhill Masa Kini, Sudah Siap Pompa Adrenalin Lo? credit photo: rutlandcycling.com

Buat lo yang sudah memutuskan untuk tidak berjibaku di trek yang sulit, MTB yang cocok untuk lo adalah Hard Tail. Tipe atau jenis ini adalah MTB yang mempunyai shock pegas di bagian depan, tapi tidak di bagian belakang.

Hard Tail adalah salah satu jenis MTB yang banyak dipilih oleh para pemula. Bentuk serta desainnya yang simpel namun tangguh menjadi alasan utama, mereka para pemula memilih MTB jenis ini. Dari segi harga, Hard Tail tidak semahal MTB jenis lainnya.

Zack Vestal, seorang Marketing Manager dari sebuah pabrikan MTB, menyatakan jika lo adalah seorang pemula dan belum berencana untuk terjun di dunia MTB secara keseluruhan, Hard Tail adalah MTB yang cocok.

“Bila Anda belum pernah memiliki sepeda gunung sebelumnya, sepeda hard tail adalah pilihan awal yang baik. Sepeda ini simpel namun tangguh, selain juga harganya terjangkau” Ujar Vestal.

XC – Cross Country MTB

Panggilan Untuk Penggila MTB dan Downhill Masa Kini, Sudah Siap Pompa Adrenalin Lo? credit photo: ninerbikes.life

Nah, kalau yang satu ini – adalah jenis MTB yang sudah siap mengantarkan lo menang di setiap kejuaraan MTB. MTB jenis Cross Country adalah MTB yang sudah selalu digunakan oleh para atlet atau penggila downhill.

Cross Country mempunyai bobot yang ringan namun kuat. Jadi, untuk soal mendaki, bersepeda jarak jauh dengan kecepatan tinggi, Cross Country MTB bisa jadi pilihan untuk lo. Soal harga, tentu lebih mahal dibandingkan jenis MTB sebelumnya – Hard Tail.

Trail Bike MTB

Panggilan Untuk Penggila MTB dan Downhill Masa Kini, Sudah Siap Pompa Adrenalin Lo? credit photo: bikeradar.com

Full Pro Supension, adalah salah satu ciri khas atau kelebihan dari MTB yang satu ini. Trek tanjakan dan turunan adalah makanan empuk untuk Trail Bike MTB. Pasalnya, sepeda ini dilengkapi dengan pro suspension yang tetap membuat lo nyaman saat mengendarainya, walau trek sudah setengah gila.

Trail Bike MTB ini bahkan mampu untuk membantu lo menyeimbangkan tubuh saat tengah berjibaku dengan trek yang menanjak terjal atau menurun curam. Meski tidak seringan Cross Country MTB, namun Trail Bike MTB tetap membuat lo mudah menaklukan berbagai tanjakan terjal.

Enduro MTB

Panggilan Untuk Penggila MTB dan Downhill Masa Kini, Sudah Siap Pompa Adrenalin Lo? credit photo: gearpatrol.com

Tidak seperti MTB yang lainnya, untuk lo yang suka sepedaan dengan waktu yang lama, Enduro MTB adalah yang terbaik di kelasnya. Vestal juga menyatakan kalau Enduro MTB adalah salah satu sepeda yang cocok sekali untuk menaklukan turunan tajam.

Dengan bahan ringan dan kuat, sepeda ini juga dilengkapi dengan sunspensi yang mumpuni dan mudah sekali dikendalikan saat menuruni trek turunan curam. Jadi, lo tidak perlu khawatir untuk menabrak sesuatu di depan lo saat berkendara dengan MTB jenis ini ya!

Downhill MTB

Panggilan Untuk Penggila MTB dan Downhill Masa Kini, Sudah Siap Pompa Adrenalin Lo? credit photo: redbull.com

Jika sepeda lain masih dikayuh saat melintasi turunan curam, tidak bagi Downhill MTB. Downhill MTB dirancang khusus untuk menuruni bukit secepat mungkin. Jadi, sepeda ini didesain untuk membuat si pengendara lebih condong ke depan di posisi duduknya.

Buat para pemula, mungkin mereka tidak akan memilih Downhill MTB karena bobotnya yang lebih berat dibandingkan MTB lainnya. Tentu, bobot tersebut berguna untuk menambah kecepatan dan mengikuti gravitasi di trek turunan curam sehingga lo bisa lebih cepat dari pada MTB yang lain.

Downhill, Apakah Selalu ada di Alam Bebas Saja?

Jika sudah tahu MTB mana yang akan lo gunakan berdasarkan tempat di mana lo akan bereksplorasi dan seru-seruan, sekarang saatnya lo mengenal hal baru dari jenis downhill. Downhill pada umumnya, atau yang sudah-sudah adalah sebuah trek di mana para sepeda menuruni bukit atau pegunungan curam.

Tentu, treknya akan selalu berada di alam bebas, namanya juga bukit dan pegunungan. Tapi sekarang, ada downhill yang tidak mengharuskan lo menaiki bukit atau menaiki pegunungan dulu untuk menikmati turunan curam.

Bro, perkenalkan – Urban Downhill

Panggilan Untuk Penggila MTB dan Downhill Masa Kini, Sudah Siap Pompa Adrenalin Lo? credit photo: pinkbike.com

Direktur Indonesian Downhill, Parama Nugroho menjelaskan jika Urban Downhill adalah versi ringan di mana downhill jenis ini adalah versi ringan dari disiplin downhill yang sudah ada sebelumnya. Jelas, tempat diadakan Urban Downhill ini mudah untuk dicapai.

Lagipula, dari segi tantangan dan rintangannya, banyak yang buatan. Papan-papan kayu yang mempunyai tingkat kesulitan rendah menjadi salah satu tantangan yang ada di Urban Downhill ini. Urban Downhill juga menjadi jembatan untuk mengenalkan kepada downhill sesungguhnya.

Panggilan Untuk Penggila MTB dan Downhill Masa Kini, Sudah Siap Pompa Adrenalin Lo? credit photo: pinkbike.com

Karena lebih ringan, trek Urban Downhill juga tidak seperti downhill pada umumnya yang bisa berpuluh-puluh kilometer. Paling panjang mungkin sekitar 5 kilometer saja untuk Urban Downhill. Ditambah, para pembalap juga tidak perlu menggunakan sepeda MTB yang benar-benar khusus untuk downhill.

MTB biasapun bisa menjadi sepeda andalan saat mencoba Urban Downhill ini. Namun, soal safety gears – tidak ada salahnya menggunakan seluruh gears yang melindungi lo dari cidera beratkan? Pastikan menggunakan helm full face, google glass, sepatu, pelindung lutut dan siku.

11 Trek Downhill Super Menantang di Indonesia

Bro, buat lo yang mungkin sudah lebih jago soal downhill, Urban Downhill bisa menjadi ajang latihan saja untuk lo. Kali ini, saatnya lo mengetahui trek downhill super menantang yang ada di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa dan Bali.

Panggilan Untuk Penggila MTB dan Downhill Masa Kini, Sudah Siap Pompa Adrenalin Lo? credit photo: kaskus.co.id

Yang tidak jauh dari Kota Jakarta, trek Cihuni Tangerang adalah salah satu langganan para penggila downhill untuk memacu adrenalin mereka. Berlokasi di Desa Cijantra, trek Cihuni Tangerang menjadi salah satu trek yang menantang bagi para penggila downhill.

Selain trek Cihuni Tangerang, lo juga bisa tes MTB atau sepeda downhill lo di trek Wonogondang Yogyakarta. Berpasir gelap khas erupsi Gunung Merapi, trek ini akan menantang lo melintasi hutan lebat dengan turunan curam yang dihiasi juga oleh berbagai batuan tajam dan terjal.

Dengan kondisi trek seperti itu, tidak heran jika trek Wonogondang Yogyakarta kerap menjadi salah satu tempat untuk kompetisi downhill berkelas nasional dan internasional.

Panggilan Untuk Penggila MTB dan Downhill Masa Kini, Sudah Siap Pompa Adrenalin Lo? credit photo: trailscape.com.au

Kalau bosan dengan trek pegunungan, perbukitan dan hutan lebat – trek Secret Bali menawarkan nuansa downhill yang cukup berbeda nih. Pasalnya, trek downhill ini menawarkan nuansa pantai yang indah. Kapan lagi downhill menuruni bukit dan di depan mata lo ada pantai yang indah?

Jadi gimana nih bro? Sudah benar-benar siap untuk goes downhill? Eits, sudah punya MTB nya belum? Kalau sudah, pastikan lo selalu cek situs sportku.com yang memperlihatkan jadwal-jadwal kompetisi atau latihan aksi-aksi seru dan ekstrem, salah satunya event downhill.

Jika semua sudah siap, langsung saja pompa adrenalin dengan MTB jagoan lo ya!

 

Feature Image - yt-industries.com

 


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!