4 Alasan Mengapa Wakatobi Jadi Perairan Favorit Para Penyelam dan Wisatawan

Keindahan alam bawah laut Wakatobi seringkali menyihir wisatawan lokal dan asing. Banyak orang terpukau dengan kekayaan biota laut yang ada di perairan ini. Seperti apakah detail keindahan perairan Wakatobi yang membuat banyak orang tergila-gila?

4 Alasan Mengapa Wakatobi Jadi Perairan Favorit Para Penyelam dan Wisatawan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Taman Nasional Wakatobi menyimpan kekayaan flora dan fauna laut yang begitu beragam. Taman seluas 1,39 juta hektar ini berlokasi di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Banyak pihak menjuluki Wakatobi sebagai salah satu surga bawah laut terindah di dunia.

Ada hal unik di balik asal-usul kelahiran nama kabupaten Wakatobi. Nama “Wakatobi” sebenarnya diambil dari singkatan empat pulau utamanya, yakni Wangi-wangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Wangi-wangi diketahui menjadi ibu kota Wakatobi.

Awalnya, daerah ini menyandang nama “Kepulauan Tukang Besi” yang tergabung dalam daerah Kabupaten Buton. Setelah itu, kepulauan ini berubah nama menjadi “Wakatobi” sejak tanggal 18 Desember 2003. Nama tersebut terus digunakan hingga sampai saat ini.

Daerah Wakatobi terletak di bagian selatan garis khatulistiwa. Ada dua musim yang terjadi di Wakatobi, yakni musim hujan dan musim kemarau. Hingga sampai saat ini, wisatawan terus berdatangan ke taman nasional Wakatobi untuk merasakan keindahannya secara langsung. Lo dapat menyaksikan gambaran keelokan Wakatobi melalui program IDareXploreIndonesia dipandu oleh Erix Soekamti dan Kill The DJ di bawah ini.

Hal menarik apakah yang dtawarkan perairan Wakatobi kepada wisatawan dan penyelam? Berikut adalah deretan hal unik yang dimiliki perairan Wakatobi. Silakan disimak ya bro!

1. Menyimpan Kekayaan Koral yang Berlimpah

4 Alasan Mengapa Wakatobi Jadi Perairan Favorit Para Penyelam dan Wisatawan

4 Alasan Mengapa Wakatobi Jadi Perairan Favorit Para Penyelam dan Wisatawan. Photo Credit: wakatobi.com

Salah satu daya tarik Taman Nasional Wakatobi terletak pada keindahan koral yang hidup di dalam lautnya. Perairan Wakatobi diketahui menjadi habitat bagi ratusan spesies koral. Informasi ini didapat Inggris usai diadakannya Ekspedisi Wallacea pada tahun 1995.

Berdasarkan hasil ekspedisi tersebut, kawasan perairan Wakatobi diketahui menyimpan 750 spesies koral. Jumlah ini terbilang amat banyak mengacu pada total spesies koral dunia sebanyak 850.  Lo dapat menemukan koral di bawah laut dengan kedalaman yang berbeda. Makhlut laut ini bisa lo jumpai di permukaan datar hingga landai.

Koral juga hidup di beberapa kawasan laut yang memiliki tebing curam. Tingkat laut terdalam yang bisa ditempati koral adalah 1.044 meter. Di Wakatobi, penyelam dapat puas menikmati keindahan koralnya yang beraneka ragam. Lo akan dibuat kagum dengan warna-warni koral yang begitu memanjakan mata.

2. Kawasan Perairan dengan Suhu Relatif Hangat

4 Alasan Mengapa Wakatobi Jadi Perairan Favorit Para Penyelam dan Wisatawan

4 Alasan Mengapa Wakatobi Jadi Perairan Favorit Para Penyelam dan Wisatawan. Photo Credit: herald.ng

Wakatobi juga ramai didatangi wisatawan lantaran memiliki kekayaan fauna laut yang cukup beragam. Di perairan ini, lo berkesempatan mengamati sejumlah hewan laut unik dan langka. Salah satu fauna laut langka yang bisa lo lihat di Wakatobi adalah paus sperma (Phyester macrocephalus).

Paus sperma biasanya melintasi laut Wakatobi pada bulan November. Fauna langka ini bermigrasi ke Wakatobi saat belahan bumi lain tengah mengalami suhu beku. Air laut Wakatobi yang tergolong hangat serta kehadiran makanan yang berlimpah juga menjadi alasan mengapa mereka singgah ke perairan ini.

Selain paus sperma, fauna unik lainnya yang dapat lo jumpai di perairan Wakatobi adalah ikan pari manta (Manta Ray). Ikan bertubuh raksasa tersebut kabarnya hanya tinggal di kawasan perairan tropis. Lo disarankan tidak lupa melihat paus sperma dan ikan pari manta saat datang ke Wakatobi. Momen ini tentu akan membuat pengalaman liburan lo semakin berkesan.

3. Habitat Beragam Jenis Terumbu Karang

4 Alasan Mengapa Wakatobi Jadi Perairan Favorit Para Penyelam dan Wisatawan

4 Alasan Mengapa Wakatobi Jadi Perairan Favorit Para Penyelam dan Wisatawan. Photo Credit: blogspot.com

Banyak pihak menganggap taman nasional Wakatobi sebagai daerah wisata dengan biota laut yang melimpah. Hal tersebut nampak dari jumlah  spesies terumbu karang yang ada di perairan ini.  Lo dapat puas mengamati keindahan hamparan terumbu karang yang terbentang begitu luas di bawah laut.

Wakatobi diketahui memiliki topografi bawah laut dengan warna yang beragam. Hal ini tergambar dari bentuk topografinya yang bermacam-macam, misalnya seperti flat, atoll, slop, drop-off, serta gua bawah air. Dengan demikian, diving di perairan Wakatobi akan memberikan pengalaman tak terlupakan kepada wisatawan.

Di bawah laut Wakatobi, lo bisa menemukan 112 jenis karang yang berasal dari 13 famili. Jenis terumbu karang yang bisa lo jumpai di antaranya adalah Psammocora profundsafla, Merulina ampliata, Stylophora pistillata, Euphyllia glabrescens, Acrophosa formosa, Tubastraea frondes, Saccophyton throchelliophrum, A Hyacinthus, Leptoseris yabei, dan lain-lain. Keberagaman terumbu karang ini tentu sangat menunjang kehidupan ikan dan fauna laut lainnya di perairan Wakatobi.

Perairan Wakatobi memiliki tingkat kedalaman laut yang cocok bagi beragam jenis biota laut.  Tidak hanya itu, perairan ini juga mempunyai 25 gugusan terumbu karang yang menjadi tempat tinggal para ikan. Inilah alasan mengapa perairan ini kaya akan beragam jenis ikan laut.

4. Tempat Tinggal Beragam Jenis Ikan

4 Alasan Mengapa Wakatobi Jadi Perairan Favorit Para Penyelam dan Wisatawan

4 Alasan Mengapa Wakatobi Jadi Perairan Favorit Para Penyelam dan Wisatawan. Photo Credit: cubadiverlife.com

Taman nasional Wakatobi dikenal sebagai surga wisata alam bagi para penyelam. Di dalam perairan ini, lo dapat mengamati hamparan terumbu karang indah yang begitu mempesona. Keajaiban Wakatobi tidak hanya terletak pada keindahan terumbu karangnya, melainkan juga pada keberagaman ikan yang tinggal di dalam lautnya.

Perairan Wakatobi siap menghibur para penyelam melalui kekayaan ikannya yang melimpah. Ada 93 jenis ikan hidup dalam perairan ini, contohnya seperti Amphiprion melanopus, Chelmon rostratus, Cephalopholus argus, Caesio caerularea, napoleon (Cheilinus undulatus), ikan merah (Lutjanus monostigma), takhasang (Naso unicornis), pogo-pogo (Balistoides viridescens), dan lain-lain. Kehadiran ikan-ikan ini akan menyegarkan pandangan wisatawan yang melakukan diving di di laut Wakatobi.

Demikian informasi seputar 4 hal unik yang dapat lo temukan di laut Wakatobi. Jangan lupa menyambangi perairan ini secara langsung ya bro! Selamat berpetualang!

Source

Feature Image - cubadiverlife.com

I DARE EXPLORE INDONESIA Beginner snorkling diving sulawesi I DARE EXPLORE INDONESIA
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!