NOV 26, 2018

Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Cuntel, Tanjakan Setan Sampai Lautan Awan!

Dari Tanjakan Setan sampai Lautan Awan! Ini benar adanya jika lo mendaki Gunung Merbabu lewat jalur pendakian Cuntel! Penasaran? Kuy simak bahasan kali ini!


Gunung Merbabu, salah satu gunung yang mempunyai keindahan alam yang luar biasa. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak para petualang atau pendaki yang melakukan pendakian ke Gunung Merbabu.

Bicara soal pendakian, Gunung Merbabu punya lima jalur pendakian yang cukup populer di kalangan para petualang dan pendaki lho. Sebut saja jalur pendakian Cuntel, Selo, Wekas, Suwanting, dan Tekelan.

Nah, kali ini – lo akan dibawa jalan-jalan mendaki Gunung Merbabu lewat jalur pendakian Cuntel. Buat sampai ke Basecamp, lo perlu ke alamat Jalan Umbul Songo Km 3, Desa Cuntel RT 01/RW 01 Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang.

Perlu lo ketahui juga nih kalau Basecamp Cuntel mampu menampung 50 hingga 60 orang sekaligus. Buat lo yang akan mendaki dengan jalur ini, siapkan ongkos retribusi sebesar Rp 10 ribu saja per orang.

Oh iya, apa lo sudah tahu kalau Gunung Merbabu punya tiga puncak tinggi sekaligus? Ketiga puncak tersebut adalah Puncak Kukusan, Puncak Syarif, dan Puncak Kenteng Songo. Ketiga puncak tersebut bisa diakses dari semua jalur pendakian, termasuk jalur pendakian Cuntel ini.

Oke, sebelum lo berangkat ke Gunung Merbabu dan ingin mendakinya lewat jalur Cuntel, sila simak bahasan kali ini terlebih dahulu ya!

Basecamp Cuntel – Pos I

Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Cuntel, Tanjakan Setan Sampai Lautan Awan! credit photo: dailyvoyagers.com

Jika sudah berada di basecamp Cuntel, perjalanan untuk menuju pos I akan menghabiskan waktu 1 sampai 1,5 jam trekking. Pos 1 dinamakan Watu Puput. Perjalanan dari basecamp menuju Watu Puput tergolong masih mudah karena lo masih berada di jalan yang mudah dilalui dan tidak terlalu menanjak.

Sebelum sampai di Pos I, selama perjalanannya lo juga akan bertemu dengan beberapa pos bayangan. Pos bayangan ini sebagai tempat untuk beristirahat yang berupa shelter. Cukup mempermudah lo menepi ketika turun hujan.

Pos I – Pos II

Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Cuntel, Tanjakan Setan Sampai Lautan Awan! credit photo: dailyvoyagers.com

Pos II dinamakan Kedokan. Dari Pos I ke Kedokan akan memakan waktu perjalanan selama 45 menit saja. Menuju ke Kedokan, lo akan melewati banyak semak-semak belukar. Keadaanya cukup berbeda dengan Pos I sih.

Di Pos II atau Kedokan ini, lo akan sulit menemukan shelter untuk beristirahat atau berteduh jika turun hujan. Pasalnya, Kedokan didominasi oleh tanah lapang dengan pepohonan besar. Jika lo ingin berkemah, di sinilah tempat yang direkomendasikan.

Pos II – Pos III

Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Cuntel, Tanjakan Setan Sampai Lautan Awan! credit photo: dailyvoyagers.com

Pos III atau Kergo Pasar, adalah spot atau pos paling ideal untuk bermalam mendirikan tenda karena spotnya sendiri luas dan bahkan mampu menampung 50 tenda sekaligus. Dari Pos III ini, lo bisa melihat gunung-gunung lainnya, lho.

Jika cuaca tidak berkabut atau mendung, lo bisa melihat Gunung Ungaran serta Telomoyo, dan Gunung Sindoro-Sumbing. Oh iya, jika lo sampai ke Kergo Pasar atau Pos III ini dalam waktu sore hari, pastikan kamera lo bisa merekam momen matahari terbenam yang indah.

Pos III – Pos IV

Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Cuntel, Tanjakan Setan Sampai Lautan Awan! credit photo: ahmadpajalibinzah.com

Dari Kergo Pasar menuju ke Pos IV, estimasi perjalanannya adalah 45 menit saja. Namun, perjalanannya cukup diwarnai dengan trek yang terjal. Menjadi tantangan tersendiri bagi tiap petualang untuk mendaki Gunung Merbabu lewat jalur Cuntel.

Di Pos IV ini lo sudah tidak akan menemukan pepohonan besar. Pos IV ini juga dinamakan Pos Pemancar. Oh iya, di sini sudah tidak dianjurkan untuk mendirikan tenda, lho. Pasalnya, lahannya yang sempit dan tidak merata dan dihiasi oleh jurang-jurang menjadi alasan utamanya.

Dari Pos IV – Kawah Gunung Kukusan

Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Cuntel, Tanjakan Setan Sampai Lautan Awan! credit photo: dailyvoyagers.com

Dari Pos IV, lo akan menemui sebuah kawah dari Gunung Kukusan. Terdapat sungai kecil, di sini adalah spot tepat untuk lo mengisi persediaan air minum sebelum menuju puncak sejatinya. Di sini lo juga bisa istirahat sebelum bertemu dengan tanjakan yang menyeramkan.

Tanjakan menyeramkan itu adalah Tanjakan Setan

Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Cuntel, Tanjakan Setan Sampai Lautan Awan! credit photo: pendaki.info

Tanjakan Setan adalah trek setelah Gunung Kukusan sudah terlewati. Treknya yang sangat terjal, membuat para pendaki dan petualang justru asyik berusaha menaklukan trek berbahaya ini. Tanjakan Setan hampir mempunyai kemiringan 90 derajat.

Buat lo yang belum biasa mendaki, sebaiknya jangan lewat Jalur Cuntel ketika mendaki Gunung Merbabu. Hal ini karena Tanjakan Setan tersebut. Namun, dibalik berbahayanya Tanjakan Setan, ada Puncak Syarif dan Puncak Trianggulasi yang sudah menunggu.

Jalur pendakian Gunung Merbabu via Cuntel adalah salah satu jalur pendakian yang diminati banyak petualang dan pendaki. Selain treknya yang luar biasa berbahaya, namun keindahan alam yang disuguhkan membuat siapapun akan kembali lagi ke sini.

Dari padang savana sampai lautan awan akan menjadi teman lo sepanjang perjalanan menuju Puncak Gunung Merbabu. Tidak percaya? Silakan datang ke alamat basecamp Jalur Pendakian Cuntel untuk ke Gunung Merbabu ini ya. Alamatnya sudah tertera di atas.

Jadi bagaimana nih bro? Sudah siapkan waktu luang untuk mendaki Gunung Merbabu? Kalau sudah, berarti lo tinggal berkemas dan berangkat mendaki Gunung Merbabu!

 

Source

Feature Image - flickr.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!