7 Spot Diving di Banda Neira yang Indah Luar Biasa, Kill the DJ dan Erix Soekamti Sudah ke Sini, Nih!

Banda Neira sempat diperebutkan! Wah itu sih cerita dulu bro, kalau sekarang, yang terkenal dari Banda Neira adalah spot diving atau spot menyelamnya! Penasaran kaya apa bagusnya spot menyelam di Banda Neira? Sila simak bahasan kali ini!

7 Spot Diving di Banda Neira yang Indah Luar Biasa, Kill the DJ dan Erix Soekamti Sudah ke Sini, Nih!

Percaya atau tidak kalau salah satu kepulauan di Indonesia bagian timur ada yang benar-benar diperebutkan oleh para kolonialis baik dari Amerika atau Eropa. Tahu engga kepulauan apa? Yap, Kepulauan Banda adalah harta karun yang menurut mereka lebih berharga dari tumpukan emas.

Apa sih harta karun yang ada di Kepulauan Banda sampai para kolonialis berebut seperti itu? Lo tau buah Pala? Pala adalah salah satu dari banyaknya rempah-rempah yang ditemukan mereka di alam raya Indonesia ini.

Sumber daya alam yang luar biasa itu menjadi salah satu temuan yang berharga ketimbang tumpukan logam dan batu mulia, lho. Namun, waktu terus berjalan – Kepulauan Banda sekarang ini menjadi salah satu spot petualangan yang diincar banyak petualang.

Mereka, para petualang yang datang dari dalam negeri sendiri atau dari mancanegara, terhipnotis dengan segala keindahan yang ada di dua pulau besar di sana dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Keindahan alam tersebut mulai dari gunung berapi, dan alam bawah laut yang luar biasa.

Keindahan alam bawah laut Banda sudah tidak diragukan lagi. Saban tahun, minimal – puluhan sampai ratusan petualang datang ke sana untuk membuktikan keindahan alam yang ada. Mereka tentu datang ke Banda dan Neira, dua pulau utama dan besar di Kepulauan Banda.

Bicara soal menikmati keindahan alam bawah laut Kepulauan Banda, tidak mungkin hanya berdiam di dua pulau besar tersebut. Island Hopping adalah salah satu cara menikmati keindahan alam yang ada secara keseluruhan.

Pantai yang bersih dan berpasir putih yang halus, air laut yang biru sebening Kristal, tentu menjadi godaan terbesar para petualang untuk turun dari kapal buat snorkelling dan diving. Nah, ngomong-ngomong soal diving, spot diving di Banda Neira sudah tersebar kabar baiknya secara mendunia, lho.

Tentu, mengedepankan keindahan alam bawah lautnya, diving di Banda Neira menjadi salah satu aksi seru yang diinginkan banyak petualang, termasuk Kill the DJ dan Erix Soekamti. Dua petualang kondang dari Indonesia yang tergabung dalam I DARE XPLORE INDONESIA, berkesempatan untuk menyelami keindahan alam bawah laut Banda Neira.

Sebelum Banda Neira, bersama tim Super Adventure dalam program I DARE XPLORE INDONESIA, Kill the DJ dan Erix Soekamti sudah lebih dulu menyelam di Alor dan Wakatobi. Tujuan mereka jelas, mengabarkan kepada khalayak banyak kalau Indonesia mempunyai spot diving yang luar biasa indah.

Mereka, dalam perjalanan dan petualangannya, juga menceritakan kalau Indonesia mempunyai banyak keberagaman, mulai dari keindahan alamnya sampai kehidupan setiap manusia yang menempati spot-spot tersebut. Setidaknya, ada sebuah harmoni kehidupan yang diberikan Kill the DJ dan Erix Soekamti di setiap foto atau video mereka.

Nah, sebelum lo melihat keseruan mereka di Banda Neira bagaimana, ada baiknya lo tahu juga nih beberapa spot menyelam yang menarik alam bawah lautnya di Banda Neira. Penasaran? Kuy, ikutin terus bahasan kali ini ya!

Spot Menyelam di Banda Neira – Sonegat

7 Spot Diving di Banda Neira yang Indah Luar Biasa, Kill the DJ dan Erix Soekamti Sudah ke Sini, Nih!

7 Spot Diving di Banda Neira yang Indah Luar Biasa, Kill the DJ dan Erix Soekamti Sudah ke Sini, Nih! credit photo: sunreef-charter.com

Primadona di spot menyelam Sonegat ini adalah tuna gigi anjing, blue girdled dan emperor angelfish. Spot ini sendiri adalah dinding curam yang bisa lo temukan di antara pulau Banda dan Neira. Dinding curam itu sendiri berukuran 25 meter dan beralaskan pasir.

Spot Menyelam di Banda Neira – Pulau Keraka

7 Spot Diving di Banda Neira yang Indah Luar Biasa, Kill the DJ dan Erix Soekamti Sudah ke Sini, Nih!

7 Spot Diving di Banda Neira yang Indah Luar Biasa, Kill the DJ dan Erix Soekamti Sudah ke Sini, Nih! credit photo: travelingyuk.com

Pulau Keraka atau nama lainnya Pulau Kepiting, merupakan salah satu spot menyelam yang cukup populer di Banda Neira. Pulau kecil ini dikelilingi oleh deretan pantai yang luar biasa indah. Di pantai selatannya, primadonanya adalah tuna sirip kuning dan biru, dan di pantai sebelah timur, ada berbagai terumbu karang yang indah lengkap dengan sekelompok barakuda.

Spot Menyelam di Banda Neira – Pulau Sjahrir

7 Spot Diving di Banda Neira yang Indah Luar Biasa, Kill the DJ dan Erix Soekamti Sudah ke Sini, Nih!

7 Spot Diving di Banda Neira yang Indah Luar Biasa, Kill the DJ dan Erix Soekamti Sudah ke Sini, Nih! credit photo: kolampancings.blogspot.com

Dikenal juga sebagai Pulau Pisang atau Batu Kapal, spot menyelam di Banda Neira ini menyuguhkan berbagai terumbu karang serta koral yang menjadi rumah dari ratusan atau bahkan ribuan jenis biota laut.

Spot Menyelam di Banda Neira – Pulau Lontar

Menjadi bagian paling luar dari Kepulauan Banda tidak membuat Pulau Lontar ini biasa-biasa saja, bro. Berbagai biota laut di spot menyelamnya mampu menghipnotis banyak petualang untuk tidak lupa kembali ke sini dan menyelam lagi.

Spot Menyelam di Banda Neira – Batu Belanda

7 Spot Diving di Banda Neira yang Indah Luar Biasa, Kill the DJ dan Erix Soekamti Sudah ke Sini, Nih!

7 Spot Diving di Banda Neira yang Indah Luar Biasa, Kill the DJ dan Erix Soekamti Sudah ke Sini, Nih! credit photo: bubblesdivecenter.com

Bunga karang dan gua-gua kecil yang berhiaskan banyak biota laut bisa lo temukan di spot menyelam Batu Belanda. Snappers, large emperor dan blue gridled angelfish, banner fish dan berbagai biota laut lainnya berenang bebas di sini.

Spot Menyelam di Banda Neira – Pulau Ai

7 Spot Diving di Banda Neira yang Indah Luar Biasa, Kill the DJ dan Erix Soekamti Sudah ke Sini, Nih!

7 Spot Diving di Banda Neira yang Indah Luar Biasa, Kill the DJ dan Erix Soekamti Sudah ke Sini, Nih! credit photo: dive-the-world.com

Sama dengan Pulau Hatta, Pulau Ai menawarkan spot menyelam yang luar biasa lho di Banda Neira. Dinding karang yang kasar dan halus, serta berbagai pintu gua di dalam laut menjadi salah satu daya tarik utama di spot menyelam ini.

Spot Menyelam di Banda Neira – Pulau Hatta

7 Spot Diving di Banda Neira yang Indah Luar Biasa, Kill the DJ dan Erix Soekamti Sudah ke Sini, Nih!

7 Spot Diving di Banda Neira yang Indah Luar Biasa, Kill the DJ dan Erix Soekamti Sudah ke Sini, Nih! credit photo: kesiniaja.com

White tip shark, dogtoothed tuna, napoleon wrasse dan hammerhead shark adalah beberapa primadona para penyelam di spot menyelam Pulau Hatta ini. Tidak heran, pulau ini menjadi salah satu tujuan utama para petualang ketika datang ke Banda Neira.

Gimana bro? Keindahan alam bawah laut di Banda Neira sudah tidak diragukan lagi, kan? Buat lo yang sudah penasaran bagaimana Kill the DJ dan Erix Soekamti menceritakan keseruan mereka menyelam di sini, harap sabar ya! Sebentar lagi lo bisa tahu bagaimana keseruan mereka.

Eits, kalau lo malah tidak sabar untuk datang Banda Neira buat buktiin langsung bagaimana keindahan alam bawah laut di sana yang sebenarnya, langsung saja kalau gitu berangkat!

 

Source

Feature Image - istania.net

I DARE EXPLORE INDONESIA Beginner Extreme snorkling diving solo traveling solo backpacker I DARE EXPLORE INDONESIA
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!