5 Hal yang Bisa Lo Lakukan Ketika Menjelajahi Keindahan Alam di Banda Neira

Keindahan alam bawah laut yang ada di Banda Neira merupakan daya tarik utama yang bisa lo dapatkan, namun apakah hanya sebatas itu saja? Nah, buat lo yang ingin tahu apa saja yang bisa lo lakukan di sana? Lihat saja beberapa informasinya di bawah ini!

5 Hal yang Bisa Lo Lakukan Ketika Menjelajahi Keindahan Alam di Banda Neira

Banda Neira merupakan sebuah kawasan yang terletak di Maluku dengan keindahan alamya yang memukau. Tak heran apabila banyak dari para pelancong yang datang ke kawasan ini hanya untuk menikmati alamnya. Keindahan alam bawah lautnya juga menjadi daya tarik lainnya yang tak boleh terlewatkan apabila sedang berkunjung ke sana.

Seperti apa yang dilakukan oleh Erix Soekamti dan Kill the Dj, mereka sedang melakukan ekspedisi untuk melihat keindahan alam bawah laut Nusantara yang masih jarang orang ketahui. Nah, Banda Neira merupakan salah satu tujuan yang ingin mereka bedah. Melalui acara I Dare Xplore Indonesia yang bisa lo lihat di YouTube, lo bisa melihat keindahan-keindahan apa saja yang mereka tawarkan.

Nah, ternyata keindahan yang ada di Banda Neira sendiri bukan sebatas alam bawah lautnya saja nih. Ternyata masih banyak hal lainnya yang bisa lo dapatkan ketika berkunjung ke sana. Mulai dari bangunan bersejarah hingga pemandangan alam lainnya yang tentunya akan membuat lo terpukau akan keindahannya. Untuk itu, berikut beberapa pilihan spotnya yang harus lo kunjungi yaa.

I Dare Xplore Indonesia: Banda Neira – Pulau-Pulau Kecil dan Kawasan Bersejarah

5 Hal yang Bisa Lo Lakukan Ketika Menjelajahi Keindahan Alam di Banda Neira

Suasana di Benteng Belgica. Credit: backpackerjakarta.com

Mengekspedisi kawasan Banda Neira sendiri merupakan hal yang tepat untuk lo lakukan sebelum menyelam ke dalam keindahan alam bawah lautnya. Karena memang Banda Neira sendiri memiliki 13 pulau kecil yang indah.

Uniknya lagi, 13 pulau tersebut terhubungkan dengan jalan aspal loh, sehingga lo akan mudah untuk bisa berpindah dari pulau satunya ke pulau lain. Dengan kondisi pulau yang kecil, lo hanya membutuhkan waktu sekitar 3 jam saja untuk bisa menjelajahinya.

Setelah lo sudah puas melihat serta merasakan pulau-pulau kecil yang ada di Banda Neira, perjalanan lo jangan berhenti sampai di situ saja. Karena di kota lo bisa melihat beberapa bangunan atau tempat bersejarah yang tentunya akan membuat perjalanan lo lebih berwarna.

Perjalanan ke kota Banda secara tidak langsung akan membawa lo untuk lebih dekat lagi dengan sejarah. Karena di sana lo akan menemukan dermaga, bandara dan kantor-kantor peninggalan Belanda yang masih berdiri dan menjadi bukti kalau memang Banda Neira sendiri merupakan salah satu kawasan penting ketika masa kolonialisme.

Tempat-tempat bersejarah yang patut untuk lo kunjungi ketika berada di sana ialah Gunung Api Banda, Benteng Belgica, Gereja Tua Hollandische Kerk, Rumah Budaya dan Istana Mini.

I Dare Xplore Indonesia: Banda Neira – Mengunjungi Pulau Kecil

5 Hal yang Bisa Lo Lakukan Ketika Menjelajahi Keindahan Alam di Banda Neira

Suasana di Pulau Hatta. Credit: nyeduhteh.blogspot.com

Seperti apa yang sudah dijelaskan di atas, kalau Banda Neira sendiri memiliki kurang lebih 13 pulau kecil yang indah. Sehingga ada beberapa pilihan pulau yang jangan sampai terlewatkan. Apalagi buat lo yang suka untuk menikmati alam khas kepulauan.

Contohnya seperti Pulau Hatta dan Pulau Rhun, kedua pulau tersebut pun memiliki sebuah pemandangan serta suasana alam yang tiada duanya. Lo harus memastikan pula waktu yang lo miliki cukup, agar lo lebih puas untuk mengelilingi serta menggali keindahan yang ada di pulau-pulaunya.

Untuk urusan perut, lo enggak perlu khawatir deh. Karena makanan di daerah ini pun cukup ramah kok buat dompet lo. Bayangkan saja kira-kira lo hanya butuh Rp 20.000 saja lo sudah bisa makan makanan yang layak dan nikmat.

I Dare Xplore Indonesia: Banda Neira – Wisata Bawah Laut yang Mengagumkan

5 Hal yang Bisa Lo Lakukan Ketika Menjelajahi Keindahan Alam di Banda Neira

Suasana Diving di Banda Neira. Credit: alamendah.org

Langsung ke daya tarik utama dari Banda Neira nih. Yaap, keindahan bawah laut yang ada di kawasan ini memang sidah tak perlu lagi untuk diragukan. Apalagi buat lo yang memiliki hobi diving ataupun snorkeling. Sangat disayangkan sekali apabila lo melewatkan keindahan yang ada di bawah sana.

Keanekaragaman flora fauna yang ada pun menjadi sebuah perpaduan yang sangat indah, belum lagi dengan kondisi air lautnya yang jernih. Bukan hanya itu saja, lo juga akan mendapatkan beragam pilihan spot menyelam yang memiliki keindahannya masing-masing.

Untuk salah satu spot terbaik untuk lo menyelam ialah Lava Flow atau di dermaga Banda Neira. Di spot ini lo akan takjub dengan hamparan terumbu karang di dalamnya. Jangan lupa untuk selalu mengutamakan keselamatan lo yaa. Oo iyaa, hati-hati dengan terumbu karang yang ada di dalam kawasan ini yaa.

I Dare Xplore Indonesia: Banda Neira – Penghasil Pala

5 Hal yang Bisa Lo Lakukan Ketika Menjelajahi Keindahan Alam di Banda Neira

Biji Pala di Banda Neira. Credit: /thecasualhopper.com

Ini merupakan alasan utama mengapa Belanda sangat ingin untuk menguasai Banda Neira, karena memang kawasan ini merupakan tempat penghasil pala yang cukup banyak serta berkualitas. Bahkan hingga hari ini loh bro. Sehingga ketika lo berkunjung ke sana jangan lupa untuk membawa manisan pala sebagai oleh-oleh.

Manisan dari buah pala itu sendiri diambil langsung dari para petani, manisan pala memiliki tekstur empuk dan rasa manis. Tak perlu takut bila rasanya bakal sepat, karena proses pengolahannya sendiri direndam dengan air garam selama sehari penuh. Kurang lengkap rasanya apabila lo belum membawa pulang makanan satu ini.

I Dare Xplore Indonesia: Banda Neira – Papeda

5 Hal yang Bisa Lo Lakukan Ketika Menjelajahi Keindahan Alam di Banda Neira

Nikmatnya Papeda. Credit: commons.wikimedia.org

Selain dari buah pala, kurang lengkap apabila lo tidak mencicipi papeda ketika berkunjung ke Banda Neira. Makanan khas Maluku dan Papua ini memang memiliki rasa yang cukup unik serta menjadi salah satu makanan poko di sana loh.

Papeda sendiri merupakan bubur sagu yang disajikan dengan ikan tongkol atau bubara yang sudah dibumbui. Warnanya yang putih serta memiliki tekstur lengket seperti lem menjadi sebuah cita rasa yang cukup membuat lo sulit untuk melupakannya.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar apa saja yang bisa lo lakukan di Banda Neira? Nah, buat lo yang sudah penasaran apa saja aktivitas yang dilakukan oleh Kill the DJ dan Erix Soekamti di I Dare Xplore Indonesia harap bersabar yaa. Karena sebentar lagi lo bisa tahu bagaiamana keseruan mereka di sana yaa.

Semoga dari beberapa informasi di atas bisa menjadi panduan lo ketika berwiasata ke sana yaa. Lansung saja buktikan keindahan alamnya dengan menginjakkan kaki lo di Banda Neira!

Source

 

 

Featured Image: pesonaindo.com

 

I DARE EXPLORE INDONESIA Beginner diving I DARE EXPLORE INDONESIA
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!