7 Tips Mendaki Gunung Kinabalu secara Aman dan Hemat

Gunung Kinabalu diketahui menjadi salah satu destinasi wisata alam yang layak lo jajal di Malaysia. Sebelum pergi ke sana, ada baiknya lo mempelajari tips mendaki gunung ini secara aman dan hemat. Dengan begitu, lo dapat tiba ke puncak gunung tersebut dengan selamat serta biaya yang murah.

7 Tips Mendaki Gunung Kinabalu secara Aman dan Hemat

Malaysia juga memiliki sejumlah destinasi wisata alam menarik yang layak untuk dicoba, salah satu contohnya adalah Gunung Kinabalu. Gunung ini kabarnya memiliki puncak dengan ketinggian 4.095,2 meter di atas permukaan laut. Sebelum pergi ke sana, ada baiknya lo mempelajari tips mendaki Gunung Kinabalu secara aman.

Dengan begitu, lo dapat memulai pendakian ke gunung ini dengan cara aman dan biaya terjangkau. Berikut adalah 7 tips aman mendaki Gunung Kinabalu yang dimaksud. Silakan disimak ya bro!

1. Menyiapkan Anggaran Pendakian yang Cukup

7 Tips Mendaki Gunung Kinabalu secara Aman dan Hemat

7 Tips Mendaki Gunung Kinabalu secara Aman dan Hemat. Photo Credit: tribunnews.com

Kesiapan finansial tentu akan menunjang kenyamanan  lo saat mendaki Gunung Kinabalu. Oleh sebab itu, lo disarankan sudah mengumpulkan biaya pendakian sebesar 3-4 juta rupiah sebelum berangkat mendaki ke sana. Apabila uang sudah terkumpul, lo bisa menghubungi pengelola atau SSL.

Untuk melakukan reservasi di Gunung Kinabalu, lo juga diwajibkan mengontak SSL. Aturan ini harus diikuti pendaki mandiri atau agen perjalanan. Sistem reservasi seperti ini kabarnya juga diterapkan pengelola Gunung Semeru.

Lo juga diwajibkan membayar tarif administrasi sebelum memulai pendakian di Gunung Kinabalu. Biaya administrasi yang harus lo siapkan adalah sekitar 150 ringgit Malaysia. Jadi, jangan lupa persiapkan uang yang cukup saat mendaki ke gunung ini ya bro!

2. Menentukan Waktu Pendakian yang Pas

7 Tips Mendaki Gunung Kinabalu secara Aman dan Hemat

7 Tips Mendaki Gunung Kinabalu secara Aman dan Hemat. Photo Credit: blogspot.com

Ada banyak cara untuk menghemat biaya mendaki ke Gunung Kinabalu, salah satunya dengan menentukan waktu mendaki yang pas. Apabila ingin mendapatkan harga yang lebih murah, lo dianjurkan memilih waktu pendakian pada masa off-season. Waktu tersebut berkisar dari bulan Januari hingga Februari.

Apabila mendaki pada bulan-bulan tersebut, lo dianjurkan membawa persiapan yang lengkap. Pasalnya, lo akan berhadapan dengani musim hujan saat mendaki di waktu itu. Oleh sebab itu, bawalah peralatan yang lengkap sebelum berangkat ke Gunung Kinabalu ya bro!

3. Menghubungi SSL untuk Mendapatkan Akomodasi Secara Mudah

7 Tips Mendaki Gunung Kinabalu secara Aman dan Hemat

7 Tips Mendaki Gunung Kinabalu secara Aman dan Hemat. Photo Credit: insearchoflostplaces.com

Pihak SSL diketahui menyediakan akomodasi bagi setiap pendaki Gunung Kinabalu. Lo bisa menghubungi SSL untuk mendapat berbagai hal yang dibutuhkan selama  bermalam di gunung ini. Untuk mendapat fasilitas akomodasi yang lengkap, lo butuh membayar 330 rupee Malaysia.

Dengan harga itu, lo tidak perlu lagi repot mencari tempat penginapan saat mendaki Gunung Kinabalu. Biaya tersebut juga sudah mencakup anggaran untuk makan. Jadi, jangan ragu untuk menghubungi SSL apabila lo menginginkan akomodasi secara mudah di Gunung Kinabalu.

4. Memesan Tiket Pesawat Jauh Sebelum Waktu Pendakian Dimulai

Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa biaya perjalanan ke Gunung Kinabalu tidak murah. Untuk mengakali hal ini, lo bisa memesan tiket pesawat jauh sebelum waktu pendakian dimulai. Dengan begitu, lo berkesempatan mendapat tiket dengan harga lebih murah.

Melakukan pemesanan jauh sebelum hari H juga membuka peluang bagi lo untuk mendapat tiket dengan harga miring. Lo pun dapat menghemat pengeluaran saat pergi ke Gunung Kinabalu secara drastis. Enak sekali ‘kan bro?

Harga rata-rata tiket pesawat menuju Gunung Kinabalu adalah 500 ribu rupiah. Ongkos tersebut berlaku bagi penumpang maskapai Air Asia. Semoga mendapat tiket dengan harga murah ya bro!

5. Tiba di Lokasi Tujuan sebelum Waktu Pendakian Dimulai

7 Tips Mendaki Gunung Kinabalu secara Aman dan Hemat

7 Tips Mendaki Gunung Kinabalu secara Aman dan Hemat. Photo Credit: cloudinary.com

Lo disarankan tiba lebih dahulu di lokasi tujuan sebelum waktu pendakian dimulai. Pasalnya, proses pendakian akan mengambil waktu di pagi hari. Apabila terlambat datang,  lo harus siap menanggung risiko kehilangan biaya  pendakian yang sudah disetor ke pihak SSL.

Untuk menghindari kemungkinan terlambat, lo dianjurkan sudah datang satu hari sebelum proses pendakian dimulai. Dengan begitu, lo dapat datang ke tempat yang dijanjikan tanpa perlu tergesa-gesa. Tiba sehari sebelum pendakian dimulai juga akan menjauhkan lo dari hal-hal terduga, misalnya seperti lupa membawa barang penting.

6. Datang ke Gunung Kinabalu dengan Menaiki Bus

Taman Nasional Gunung Kinabalu diketahui terletak cukup jauh dari bandara. Oleh sebab itu, lo harus menggunakan kendaraan umum untuk sampai ke taman nasional tersebut. Salah satu transportasi umum yang bisa lo tumpangi adalah bus.

Kendaraan tersebut merupakan pilihan yang ideal bagi wisatawan yang ingin menghemat biaya liburan. Untuk menaiki bus, lo hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar 5 ringgit Malaysia. Cukup murah ‘kan bro?

Apabila dibandingan dengan taksi, bus memiliki harga 36 kali lipat lebih murah. Tarif naik taksi dari bandara menuju Taman Nasional Gunung Kinabalu adalah sekitar 180 ringgit Malaysia. Berbeda sekali dengan tarif bus, bukan? Oleh sebab itu, lo dianjurkan menaiki bus untuk memperkecil pengeluaran selama berlibur di Gunung Kinabalu.

7. Mengajak Dua Orang sebelum Memulai Pendakian

7 Tips Mendaki Gunung Kinabalu secara Aman dan Hemat

7 Tips Mendaki Gunung Kinabalu secara Aman dan Hemat. Photo Credit: blogspot.com

Saat mendaki ke Gunung Kinabalu, lo tentu membutuhkan kehadiran pemandu agar tidak tersesat di tengah perjalanan. Oleh sebab itu, lo juga harus menyiapkan biaya untuk menyewa pemandu ketika pergi ke gunung ini. Dengan begitu, proses pendakian yang lo lakukan tetap berlangsung aman dan nyaman.

Pemandu Gunung Kinabalu diketahui hanya diperbolehkan membimbing tiga orang pendaki.  Mengacu pada hal tersebut, lo disarankan mengajak dua orang untuk mendaki ke atas gunung ini. Tujuannya tidak lain adalah untuk menghembat biaya sewa pemandu dengan cara menggabungkan uang.

Demikian 7 tips yang perlu lo perhatikan sebelum memulai pendakian ke Gunung Kinabalu. Untuk mengantisipasi terjadinya hal buruk, ada baiknya lo mempersiapkan peralatan dan perlengkapan sematang mungkin. Tidak hanya itu, lo juga perlu menyiapkan stamina dan kondisi fisik sebaik mungkin sebelum mendaki Gunung Kinabalu. Selamat mendaki ya bro!

Source

Feature image - blogspot.com

Wilderness Beginner hiking tracking
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!