5 Fakta Menarik Seputar Lava Flow, Spot Diving Terbaik di Banda Neira!

Banda Neira merupakan kawasan dimana lo bisa melihat keindahan alam bawah laut yang memukau. Tak heran apabila I Dare Xplore Indonesia memilih kawasan ini sebagai destinasinya. Penasaran? Langsung simak saja informasinya di bawah ini!

5 Fakta Menarik Seputar Lava Flow, Spot Diving Terbaik di Banda Neira!

Sebagai pecinta keindahan alam bawah laut, Banda Neira merupakan sebuah tujuan yang tepat untuk menjadi tempat lo berlabu berikutnya. Sebuah kawasan yang berada di Maluku ini memang memiliki keindahan alam khususnya di bawah laut yang sangat indah. Bahkan dunia internasional pun sudah mengakuinya. Tak heran apabila banyak dari para penyelam dari berbagai penjuru dunia yang datang ke kawasan ini untuk melihat keindahan tersebut secara langsung.

Pas banget nih bro, di program SuperAdventure yang bertajuk I Dare Xplore Indonesia membahas mengenai keindahan yang ada di Banda Neira. Buat lo yang belum tahu, I Dare Xplore Indonesia sendiri merupakan program yang akan mengajak lo untuk melihat keindahan alam bawah laut yang ada di Nusantara. Program ini pun dipandu oleh Kill the DJ dan Erix Soekamti yang akan memberikan beragam kejutan ketika menyelam di perairan Nusantara.

Di episode kali ini, I Dare Xplore Indonesia membahas mengenai keindahan alam bawah laut yang ada di Banda Neira. Tak disangka ternyata di sana terdapat pilihan spot diving atau menyelam yang memiliki kualitas yang sangat luar biasa. Bukan hanya itu, biota laut yang ada di sana pun menjadi sebuah daya tarik sendiri.

Salah satu spot diving yang menarik perhatian ialah Lava Flow. Dimana di dalam spot ini lo bisa melihat beragam keindahan yang tentunya akan memanjakan mata lo. Tentunya ini menjadi contoh konkrit kalau alam bawah laut Nusantara sendiri memang sangat indah dan patut untuk dijaga serta dilestarikan. Nah, daripada lo semakin penasaran apa itu Lava Flow serta keindahan apa saja yang bisa lo dapatkan, simak saja beberapa informasinya di bawah ini.

Aliran Lava

5 Fakta Menarik Seputar Lava Flow, Spot Diving Terbaik di Banda Neira!

Suasana di Lava Flow. Credit: backpackerjakarta.com

Memang sesuai dengan namanya, kalau Lava Flow itu sendiri merupakan aliran lava. Tercipta setelah gunung berapi meletus pada tahun 1988. Untuk nama dari Lava Flow ini sendiri diberi setelah letusan dasar perairan tempat penyelaman ini ditutup dengan lava.

Ketika meletus, aliran lava yang keluar dari gunung berapi ini hanya mengalir di sisi utara gunung berapi sehingga bekas letusan dari gunung berapi ini hanya bisa ditemukan disisi utara gunung berapi, sedangkan sisi lainnya subur dan ditumbuhi ileh beberapa vegetasi.

Oleh sebab itulah, mengapa kondisi atau keindahan yang ada di Lava Flow ini terbentuk. Dapati simpulkan pula kalau pemandangan yang bisa lo lihat kelak merupakan buatan alami bukan karena kehendak manusia. Hal tersebut pun menjadi sebuah nilai lebih dari spot diving satu ini.

Tutupan Karang Keras

5 Fakta Menarik Seputar Lava Flow, Spot Diving Terbaik di Banda Neira!

Suasana di Lava Flow. Credit: getlost.id

Merupakan sebuah keindahan yang tidak mudah untuk lo dapatkan, mungkin itu merupakan sebuah ungkapan yang tepat untuk ditujukan ke Lava Flow ini. Perlu diketahui pula, setelah letusan gunung berapi yang terjadi di Banda Neira, dengan segera karang mulai tumbuh pada lahar yang dingin.

Hal mengagumkan pun terjadi setelah Lava Flow telah ditutupi oleh karang dengan tutupan karang keras hampir 100% hingga kedalaman 27 meter. Prosesnya pun cukup cepat karena baru terjadi pada tahun 1988.

Karang yang tumbuh tersebut pun ternyata berhasil menjadi sebuah rumah bagi para biota-biota laut yang hidup di perairan ini. Oleh sebab itu, mengapa Lava Flow yang terletak di utara Gunung Api kepulauan Banda Neira menjadi salah satu tempat menyelam yang luar biasa dan unik di Banda Neira. Terumbu karang yang hidup di tengah-tengah lava dinginlah yang menjadi sebuah daya tarik yang membedakan titik penyelaman ini dengan titik yang lainnya.

Bukan hanya berupa karangnya saja, namun lo bisa juga melihat beragam biota alam lainnya di perairan Banda Neira. Seperti Hammerhead Shark, Lion Fish beserta dengan ikan-ikan lainnya yang memiliki warna-warni yang mampu membuat penglihatan lo di bawah sana semakin seru.

Light House "Temple of Lion Fish"

5 Fakta Menarik Seputar Lava Flow, Spot Diving Terbaik di Banda Neira!

Penampakan Dari Lion Fish. Credit: deskgram.net

Buat lo yang ingin melihat bagaimana Lion Fish hidup, lo bisa loh untuk mengunjungi spot penyelaman Light House, karena di sana terdapat sebuah tempat atau rumah bagi para ikan tersebut. Karena di sana terdapat "Temple of Lion Fish". Dimana lo bisa melihat para Lion Fish itu hidup serta berkesinambung dengan lingkungan yang ada di kawasan Banda Neira. 

Karena di spot Light House ini sendiri memiliki sebuah keindahan yang berbeda dengan spot yang lainnya, sehingga kalau lo ada waktu lebih jangan lupa untuk datang ke sana yaa. Gundukan karang kecil di tengah hamparan pasir putih ini pun menjadi tempat atau rumah bagi para Lion Fish tersebut. 

Menuju ke Lava Flow

5 Fakta Menarik Seputar Lava Flow, Spot Diving Terbaik di Banda Neira!

Suasana di Lava Flow. Credit: .youtube.com

Mengunjungi Lava Flow, tentunya lo bisa menyewa sebuah perahu temple atau perahu ketinting dari Pulau Neira yang akan memakan waktu kurang lebih 30 menit. Sehingga tak sulit untuk lo bisa mencapai ke lokasi atau spot ini.

Lava Flow sendiri bisa dikategorikan sebagai salah satu ikon spot penyelaman yang ada di Banda Neira yang sudah terkenal di dunia seiring dengan banyak para penyelam dari berbagai penjuru dunia yang lalu lalang dan merasakan kenikmatan serta pesonanya.

Lomba Perahu Belang

5 Fakta Menarik Seputar Lava Flow, Spot Diving Terbaik di Banda Neira!

Suasana Lomba Perahu Belang. Credit: .tahuribabunyi.com

Sedikit menjauh dari penyelaman atau keindahan alam bawah laut yang ada di Banda Neira, satu hal yang sangat menarik untuk lo ketahui ialah mengenai budayanya yang ada. Yaitu lomba perahu belang, yaap sesuai dengan namanya, lo akan melihat perahu belang berlomba.

Perahu Belang ialah alat transportasi khas Banda. Perahu ini merupakan perahu tradisional di Kepulauan Maluku, Indonesia. Dinamai perahu Belang karena di dalam bahasa asli Maluku berarti apa adanya, sehingga perahu ini dinamai Belang.

Biasanya perlombaan ini bisa lo saksikan di kurun waktu akhir tahun. Kira-kira sekitar bulan November. Sehingga kalau lo ingin melihat serunya perlombaan ini, jangan lupa untuk datang pada saat kurun waktu tersebut yaa.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Banda Neira di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Ooo iyaa, buat lo yang ingin melihat keseruan dari I Dare Xplore Indonesia, lo bisa langsung lihat di kanal YouTube SuperAdventure yaa bro. Semangat selalu dan jangan lupa untuk melestarikan keindahan alam bawah laut Nusantara!

Source

Wilderness Beginner diving I DARE EXPLORE INDONESIA

1 COMMENTS

SHARE
Banda neira. Love it