DEC 4, 2018

5 Pilihan Makanan yang Bisa Menambah Stamina Lo Ketika Mendaki Gunung!

Bingung mau bawa apa untuk bekal lo ketika melakukan pendakian? Lihat saja beberapa pilihan di bawah ini yang bisa menambah stamina serta tenaga! Semoga bermanfaat yaa bro!


Mendaki gunung merupakan sebuah aktivitas yang cukup menguras stamina serta fisik lo. Sehingga merupakan sebuah kewajiban untuk selalu membuat badan lo dalam kondisi yang fit sebelum melakukan aktivitas ini. Dengan cara melakukan olahraga ringan secara rutin sebelum mendaki ke gunung yang ingin lo daki.

Selain itu, aktivitas ini juga menjadi salah satu hobi yang paling disenangi di Indonesia. Banyak dari anak muda yang gemar untuk melakukan aktivitas ini. Karena memang di Indonesia sendiri memiliki beragam pilihan gunung yang indah. Belum lagi dengan pemandangannya bro.

Namun mendaki gunung itu sendiri bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, oleh sebab itu banyak cara yang bisa dilakukan untuk dapat terus membuat tubuh lo selalu fit ketika melakukan aktivitas ini. Berbicara mengenai menjaga stamina, tentunya ada beberapa asupan yang perlu untuk lo ketahui agar lo selalu bisa untuk melaju terus ketika mendaki.

Daripada lo semakin penasaran terhadap pilihan makanan apa saja yang bisa menjadi cara jitu untuk menjaga stamina lo, berikut beberapa pilihan asupan yang perlu untuk lo ketahui. Hitung-hitung daripada lo selalu membawa mie instan yang ujung-ujungnya bisa menjadi sampah di gunung, lebih baik memilih pilihan asupan ini sebagai gantinya.

Makanan yang Mampu Mengembalikan Tenaga – Oatmeal dan Buah

Penampakan Oatmeal. Credit: cookinglight.com

Ketika sedang mendaki gunung, tentunya semua harus serba praktis buka? Tentunya hal ini dilakukan agar selalu menjaga kenyamanan lo ketika melakukan pendakian. Bukan hanya itu saja, tentunya agar waktu lo mendaki pun tak terganggu.

Nah, berbicara mengenai praktis, oatmeal ataupun buah bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk lo bawa. Perlu diketahui pula kalau oatmeal yang terbuat dari biji-bijian ini mengandung karbohidrat, vitamin serta beberapa mineral yang tinggi yang akan diolah menjadi energy sehingga tubuh tidak akan mudah lelah.

Caranya pun cukup praktis, lo hanya perlu memasaknya menggunakan kompor terlebih dahulu. Karena oatmeal sendiri hanya perlu diseduh menggunakan air panas sampai bertekstur seperti bubur. Ditambah buah juga bisa menjadi pilihan yang tepat, karena akan menambah rasa.

Makanan yang Mampu Mengembalikan Tenaga – Dark Chocolate

Penampakan Dari Dark Chocolate. Credit: medicalxpress.com

Karena membutuhkan tenaga yang cukup banyak, oleh sebab itu lo juga memerlukan asupan yang bisa menggantikan tenaga lo yang sudah hilang tersebut. Nah, dark chocolate bisa menjadi pilihan lo. Karena ini merupakan solusi camilan penambah energi lo saat mendaki gunung.

Perlu diketahui pula kalau kalori di dalam cokelat sendiri mencapai 545 kcal dalam setiap 100 gramnya sangat berguna untuk memulihkan tenaga yang habis ketika sedang menelusuri jalur pendakian yang memiliki medan cukup ekstrim itu.

Selain itu, cokelat ternyata mengandung polifenol jenis epicatechin yang bisa menjadi tenaga untuk tubuh lo. Sehingga pendakian lo dapat berjalan lebih cepat dan lancar karena tidak harus berhenti berkali-kali untuk mengisi perut dan tenaga.

Makanan yang Mampu Mengembalikan Tenaga – Kentang

Penampakan Dari Kentang. Credit: abuelaskitchen.com

Kentang juga bisa menjadi bekal yang bisa menjadi pengganti nasi karena kandungan karbohidratnya yang tinggi. Bukan hanya itu saja, kentang juga sangat praktis untuk dibawa. Sehingga tidak akan menambah ruang yang banyak di dalam tas lo.

Satu buah kentang berukuran sedang mengandung 37 gram karbohidrat yang sudah cukup untuk memulihkan tenaga yang habis ketika lo mendaki. Kentang juga tidak membutuhkan banyak peralatan, hanya cukup diolah dengan cara dibakar atau direbus.

Kentang yang padat akan membuat perut lo merasa lebih cepat kenyang dan tenaga pun akan cepat pulih. Jadi buat lo yang ingin mendapatk asupan yang cukup namun tidak ribet dan praktis, kentang bisa menjadi salah satu pilihan lo yang tepat.

Makanan yang Mampu Mengembalikan Tenaga – Madu

Penampakan Madu. Credit: s1keperawatan.stikesdhb.ac.id

Sering merasa lemas ketika melakukan pendakian? Madu bisa menjadi senjata utama lo untuk menjauhi hal tersebut. Madu sendiri bisa diolah bersama air hangat atau dikonsumsi langsung, madu memang sudah lama sekali dipercaya mampu meningkatkan kekebalan dan stamina tubuh.

Dalam satu sendok madu juga terkandung 64 kalori yang cukup untuk memulihkan tenaga yang terkuras habis saat pendakian. Ternyata madu juga bisa menguatkan tulang dan otot karena kandungan zat besi, kaliun, serta kalsiumnya yang tinggi sehingga resiko cedera dapat dikurangi.

Selain bisa menjadi asupan, madu juga bisa digunakan untuk mempercepat penyembuhan pada luka. Kandungan nutrisi dan mineral pada madu dapat membantu proses pembentukan jaringan baru pada kulit yang terluka serta mampu juga untuk mengurangi rasa sakit.

Makanan yang Mampu Mengembalikan Tenaga – Jahe

Penampakan Jahe. Credit: artikelmedis.com

Selain berguna sebagai bumbu dapur, ternyata jahe juga bisa menjadi bekal lo ketika naik gunung loh. Tentunya hal ini patut untuk lo ketahui apabila lo sering melakukan aktvitas ini. Jahe juga bisa menjadi salah satu minuman yang bisa berguna kelak.

Daripada membawa kopi atau teh yang seringkali membuat perut lo rentan mengalami kembung dan mual. Lebih baik sediakan jahe untuk dibuat sebagai minuman yang dapat menghalau dinginnya udara hutan pegunungan.

Memberikan rasa tenang juga bisa dihasikan oleh jahe bila diseduh dengan air hangat. Bukan hanya madu saja yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh, karena jahe juga bisa membuat bandan lo tidak mudah terserang penyakit. Sehingga lo akan selalu aman di pegunungan.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar makanan yang bisa menggantikan stamina lo ketika melakukan pendakian? Semoga bisa menjadi panduan lo ketika melakukan pendakian kelak. Yang paling terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari gunung yang sudah lo daki yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti bereksplorasi!

Source

 

 

Featured Image: erunasite.wordpress.com

 

 

 


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!