7 Hal yang Membuat Gunung Andong Layak Dicoba Pendaki Pemula

Salah satu gunung yang dianggap ramah terhadap pendaki pemula adalah Gunung Andong. Gunung Andong berlokasi di di Kecamatan Girirejo, Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Mengapa gunung ini direkomendasikan kepada para pendaki pemula? Simak jawabannya dalam artikel di bawah ya bro!

7 Hal yang Membuat Gunung Andong Layak Dicoba Pendaki Pemula

Mendaki gunung bisa menjadi salah satu kegiatan seru yang bisa lo lakukan untuk menikmati waktu liburan. Apabila belum pernah mendaki, ada baiknya lo memilih gunung yang memiliki medan aman. Salah satu gunung yang dianggap ramah terhadap pendaki pemula adalah Gunung Andong.

Gunung Andong berlokasi di di Kecamatan Girirejo, Ngablak, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Mengapa gunung ini direkomendasikan kepada para pendaki pemula? Simak jawabannya dalam artikel di bawah ya bro!

1. Mempunyai Jalur Trekking yang Aman

7 Hal yang Membuat Gunung Andong Layak Dicoba Pendaki Pemula

7 Hal yang Membuat Gunung Andong Layak Dicoba Pendaki Pemula. Photo Credit: badrulmozila.com

Lo bisa memilih sejumlah jalur pendakian untuk bisa sampai ke puncak Gunung Andong. Dari sekian jalur pendakian yang ada, lo disarankan menaiki jalur Dusun Sawit. Alasannya tidak lain karena jalur tersebut memiliki medan yang mudah untuk didaki. Dusun Sawit juga menjadi salah satu jalur yang sering dilalui pendaki.

Gunung Andong juga memiliki basecamp yang mudah diakses kendaraan umum. Lo juga bisa menempuh basecamp ini melalui kendaraan pribadi. Mudahnya akses menunju basecamp Gunung Andong dipengaruhi oleh letaknya yang masih berada dalam kawasan wisata Kopeng, Salatiga.

Pendaki pemula dipastikan dapat melalui jalur pendakian Gunung Andong dengan mudah. Jalur pendakian gunung ini memiliki wujud tangga yang terbuat dari batu. Beberapa tangga bahkan disertai dengan bambu. Pokoknya, lo tidak akan menemukan titik-titik ekstrem di sepanjang jalur pendakian ini.

Apabila merasa kelelahan, pendaki bisa beristirahat sejenak dalam pos yang terletak di tengah jalur pendakian. Lo bisa menjumpai dua pos saat melintasi jalur pendakian gunung ini. Pos tersebut tentu bisa juga lo manfaatkan sebagai tempat berlindung dari hujan.

2. Menyuguhkan Panorama Alam yang Memukau

7 Hal yang Membuat Gunung Andong Layak Dicoba Pendaki Pemula

7 Hal yang Membuat Gunung Andong Layak Dicoba Pendaki Pemula. Photo Credit: piknikasik.com

Gunung Andong menawarkan pemandangan alam yang tak kalah cantik dengan gunung-gunnung lain di Jawa Tengah. Dari atas puncak gunung ini, lo bisa mengamati deretan pegunungan lain secara jelas dan leluasa. Gunung yang bisa disaksikan dari atas puncak Gunung Andong di antaranya adalah Gunung Sumbing, Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, Gunung Sindoro, dan Gunung Merapi. Banyak sekali ‘kan, bro?

Selain itu, lo juga bisa melihat keindahan kota Magelang dan Salatiga lebih dekat dari atas puncak gunung ini. Saat malam tiba lo akan terpesona dengan panorama kerlap-kerlip lampu kota yang menawan. Lo juga akan disuguhkan panorama bintang yang mampu menghipnotis mata.

3. Memiliki Tinggi yang Aman untuk Dijajal Pendaki Pemula

7 Hal yang Membuat Gunung Andong Layak Dicoba Pendaki Pemula

7 Hal yang Membuat Gunung Andong Layak Dicoba Pendaki Pemula. Photo Credit: hijabtraveler.com

Gunung Andong mempunyai puncak dengan ketinggian 1726 mdpl. Hal tersebut membuat para pendaki pemula bisa menaiki gunung ini secara aman dan mudah. Untuk sampai ke puncak, lo hanya perlu membutuhkan waktu mendaki sekitar 2-3 jam dengan kondisi fisik prima. Cukup mudah, bukan?

Selain itu, ada juga alasan lain mengapa gunung ini dikatakan ramah bagi para pendaki pemula. Jalur yang dilalui pendaki dari basecamp menuju ke puncak disebut-sebut menanjak. Lo juga akan jarang menemui jalur landai hingga ke puncak. Meski begitu, jalur pendakian tersebut terbilang nyaman karena cukup pendek. Dengan demikian, stamina pendaki pemula tidak akan berkurang drastis hingga tiba di puncak.

4. Mempunyai Warung yang Berlokasi di Bagian Puncak

7 Hal yang Membuat Gunung Andong Layak Dicoba Pendaki Pemula

7 Hal yang Membuat Gunung Andong Layak Dicoba Pendaki Pemula. Photo Credit: travelingyuk.com

Gunung Andong menghadirkan sesuatu yang mungkin dibutuhkan para pendaki pemula. Saat mendaki gunung ini,  lo tidak memerlukan barang bawaan yang teramat banyak. Pasalnya, lo bisa menemukan warung makan yang terletak di bagian puncak.

Di atas puncak Gunung Andong, ada warung yang menyediakan beragam jenis makanan dan minuman untuk para pendaki. Misalnya seperti mie, nasi pecel, teh hangat, dan gorengan. Mengenai harga, lo tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Pasalnya, makanan dan minuman yang dijual di sini memiliki harga standar. Contohnya seperti teh hangat yang dijual seharga Rp 3.000 serta gorengan seharga Rp 2.000.

Pendaki yang enggan mengangkut logistik juga bisa memakai daypack. Apabila ingin berhemat, lo dianjurkan membawa logistik secukupnya untuk bahan memasak di puncak. Lo yang lupa membawa tenda juga bisa bermalam di dalam warung yang ada di Gunung Andong. Akan tetapi, hall ini hanya bisa lo lakukan apabila gunung sedang tidak ramai.

5. Mudah Dikunjungi dari Arah Semarang dan Magelang

7 Hal yang Membuat Gunung Andong Layak Dicoba Pendaki Pemula

7 Hal yang Membuat Gunung Andong Layak Dicoba Pendaki Pemula. Photo Credit: blogspot.com

Gunung Andong diketahui terletak di Kecamatan Girirejo, Ngablak, Kabupaten Magelang. Bagi lo yang berasal dari arah Semarang, gunung ini bisa ditempuh dengan menaiki kendaraan ke arah Salatiga terlebih dahulu. Selanjutnya, lo bisa memutar ke arah kanan untuk menuju ke arah Kopeng. Dari situ, lo dapat melalui jalan ke Pasar Ngablak. Tidak lama kemudian, lo akan melihat penunjuk arah ke kanan menuju Basecamp.

Apabila berangkat dari arah Magelang, lo bisa mengarahkan kendaraan ke Kopeng dengan melalui Tegalrejo. Setelah itu, lo akan melihat penunjuk arah ke kiri menuju Basecamp sebelum melewati Pasar Ngablak.

6. Memiliki Pancuran Air Jernih

7 Hal yang Membuat Gunung Andong Layak Dicoba Pendaki Pemula

7 Hal yang Membuat Gunung Andong Layak Dicoba Pendaki Pemula. Photo Credit: guideku.com

Sebelum mendaki, lo tentu harus menyiapkan persediaan air yang memadai, Jangan sampai air yang dibawa tidak cukup menemani perjalanan lo hingga pulang. Akan tetapi, persoalan air tidak perlu lo khawatirkan secara berlebihan apabila tujuan pendakian adalah Gunung Andong.

Di Gunung Andong, lo bisa menemukan pancuran air yang bisa digunakan untuk kepentingan isi ulang. Pancuran air ini berlokasi  di antara pos dua dan puncak, tepatnya di sebelah jalur pendakian. Kehadiran pancuran ini tentu menunjang pendaki yang berniat sampai ke puncak Gunung Andong.

 7. Gunung yang Bisa Dijadikan Tempat ‘Tektok’

7 Hal yang Membuat Gunung Andong Layak Dicoba Pendaki Pemula

7 Hal yang Membuat Gunung Andong Layak Dicoba Pendaki Pemula. Photo Credit: travelingyuk.com

Istilah “tektok” mengacu pada perjalanan naik dan turun gunung yang dilakukan pendaki dalam waktu satu hari. Di Gunung Andong, lo berkesempatan melakukan ‘tektok’ karena waktu perjalanannya terbilang singkat. Akan tetapi, ‘tektok’ lebih sering dilakukan pendaki berpengalaman dibanding pendaki pemula. Pendaki yang tidak melakukan ‘tektok’ biasanya berkeinginan mengeksplorasi gunung lebih lama.

Demikian 7 alasan mengapa Gunung Andong layak dicoba pendaki pemula. Mendaki gunung ini tentu bisa menjadi opsi terbaik bagi lo untuk menyatu dengan alam sembari melepas stres. Jadi, jangan lupa mendaki gunung ini ya bro!

Source

Feature Image - lokaavontur.com

Wilderness Beginner hiking tracking
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!