DEC 4, 2018

7 Hal yang Perlu Lo Perhatikan Sebelum Pergi ke Pulau Moyo

Pulau Moyo menawarkan panorama alam yang menakjubkan kepada tiap wisatawan. Lo bisa menjumpai pulau cantik ini di sebelah utara Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Sebelum pergi ke Pulau Moyo, ada baiknya lo memperhatikan sejumlah hal penting agar dapat menikmati keindahan pulau ini secara maksimal.


Pulau Moyo bisa menjadi destinasi wisata yang seru untuk menghabiskan waktu liburan tahun baru. Lo bisa menjumpai pulau cantik ini di sebelah utara Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Sebelum pergi ke Pulau Moyo, ada baiknya lo memperhatikan sejumlah hal penting agar dapat menikmati keindahan pulau ini secara maksimal.

Apa sajakah hal yang harus dipersiapkan wisatawan sebelum pergi ke Pulau Moyo? Berikut adalah 7 hal yang perlu lo perhatikan sebelum pergi ke sana. Silakan disimak ya bro!

1. Menyiapkan Perlengkapan Trekking di Hutan Tropis

7 Hal yang Perlu Lo Perhatikan Sebelum Pergi ke Pulau Moyo. Photo Credit: genpilomboksumbawa.com

Salah satu aktivitas seru yang bisa lo lakukan di Pulau Moyo adalah trekking di hutan tropis. Oleh sebab itu, lo disarankan membawa sejumlah peralatan sebelum melakukan trekking. Misalnya seperti sepatu boot, lotion anti nyamuk, kaos kaki, serta kaos dan celana yang mudah kering.

Agar perjalanan trekking berlangsung lancar, lo juga disarankan menyiapkan kain pantai dan sleeping bag. Lo dapat memanfaatkan kain pantai sebagai alas tidur apabila nanti bermalam di rumah penduduk Pulau Moyo. Sementara itu, sleeping bag bisa lo manfaatkan untuk berkemah di pinggir pantai. Aktivitas berkemah tentu akan membuat liburan lo di Pulau Moyo menjadi lebih seru dan berkesan.

2. Membawa Kamera Underwater

7 Hal yang Perlu Lo Perhatikan Sebelum Pergi ke Pulau Moyo. Photo Credit: digitaloceanspaces.com

Pulau Moyo siap menyuguhkan panorama bawah laut yang mempesona kepada wisatawan. Saat menyelami perairan Pulau Moyo, lo akan terkesima begitu melihat keindahan terumbu karang di sana. Menyaksikan aktivitas ikan di bawah laut juga tentu bakal menjadi momen tak terlupakan selama lo berlibur di Pulau Moyo.

Oleh sebab itu, Pulau Moyo merupakan surga wisata alam yang wajib dikunjungi para penyelam. Lo bisa melakukan diving atau snorkeling untuk menikmati pemandangan bawah laut pulau ini secara puas. Ketika menyelam, lo akan disuguhkan panorama terumbu karang dan ikan yang menyegarkan mata.

Apabila berniat menyelam di sana, lo dianjurkan membawa kamera khusus untuk mengabadikan momen seru saat snorkeling atau diving. Kamera yang lo bawa tentu harus dilengkapi dengan casing agar tidak rusak saat dibawa menyelam. Jadi, jangan lupa bawa kamera ini saat menyelam ya bro!

3. Menggunakan Jasa Guide Lokal

7 Hal yang Perlu Lo Perhatikan Sebelum Pergi ke Pulau Moyo. Photo Credit:blogspot.com

Apabila tertarik mengeksplorasi hutan tropis di Pulau Moyo, lo dianjurkan menggunakan jasa guide lokal. Hal ini ditujukan agar lo tidak tersasar di tengah perjalanan. Untuk menyewa jasa guide, lo harus mengeluarkan uang sebesar Rp 75.000 – 150.000 per hari.

Selain mencegah tersesat, kehadiran guide juga akan membantu lo mengenali Pulau Moyo secara lebih dekat. Saat berinteraksi dengan guide, wawasan lo tentang seluk-beluk pulau ini tentu akan bertambah. Lo bisa menemukan banyak hal baru dari cerita yang dipaparkan mereka.

Tidak dibutuhkan usaha keras untuk menemukan guide di Pulau Moyo. Pasalnya, guide biasanya menghampiri wisatawan yang baru sampai di Desa Labuhan Aji. Mereka yang menawarkan jasa guide biasanya adalah pemuda asli Pulau Moyo.

Untuk mendapatkan guide yang handal, lo bisa meminta saran dari awak kapal yang membawa lo ke Desa Labuhan Aji. Pihak lainnya yang bisa menjadi tempat bertanya terkait guide adalah pejabat desa setempat. Setelah mendengar saran mereka, lo bisa menentukan penduduk yang cocok dijadikan guide secara mudah.

4. Menyiapkan Uang yang Cukup

7 Hal yang Perlu Lo Perhatikan Sebelum Pergi ke Pulau Moyo. Photo Credit: webicdn.com

Untuk mencapai pengalaman liburan yang memuaskan, lo tentu harus menyiapkan uang yang cukup. Sebelum berkunjung ke Pulau Moyo, ada baiknya lo mencari informasi seputar harga hotel atau biaya transportasi di sana. Pasalnya, lo dipastikan akan menghabiskan banyak pengeluaran dalam dua hal tersebut.

Lo juga dianjurkan menghitung uang setiap kali berencana mengerjakan suatu kegiatan di Pulau Moyo. Apabila tertarik mencoba diving, lo tentu harus menyiapkan uang lebih besar daripada trekking. Wisatawan juga bisa membeli paket diving yang disajikan hotel-hotel di Sumbawa Besar. Pilihan ini tentu cocok bagi wisatawan yang tak mau ambil pusing soal diving.

Apabila menginginkan opsi yang lebih praktis, lo bisa membeli paket wisata yang ada di Pulau Moyo. Dengan begitu, lo hanya perlu membayar uang di awal untuk mendapatkan kebutuhan 2-3 malam ke depan. Hal yang bisa lo persiapkan setelah itu adalah uang untuk situasi darurat.

5. Membawa Makanan dan Minuman

7 Hal yang Perlu Lo Perhatikan Sebelum Pergi ke Pulau Moyo. Photo Credit: stattur.ru

Hal penting lainnya yang perlu dibawa saat pergi ke Pulau Moyo adalah makanan dan minuman. Apabila lo tidak berniat menginap di Desa Labuhan Aji, kebutuhan ini tentu tak boleh dilupakan. Pasalnya, lo bisa menghemat biaya dengan membawa makan dan minum.

Wisatawan yang menginap biasanya tak perlu lagi mengkhawatikan soal tarif makan. Biaya menginap umumnya sudah mencakup kebutuhan makan selama tiga kali sehari. Biasanya, kuliner yang disiapkan buat wisatawan adalah ikan bakar atau ikan goreng.

Apabila tidak menginap, lo disarankan menyiapkan bekal makanan berat yang tidak mudah basi. Hal ini sangat dianjurkan bagi wisatawan yang berniat diving dan snorkeling di Pulau Moyo. Untuk mendapatkan makanan, lo juga bisa memesannya saat menaiki kapal nelayan. Lo yang berniat melakukan trekking disarankan membawa buah-buahan dan air untuk bekal perjalanan.

6. Waktu Terbaik untuk Berkunjung ke Pulau Moyo

7 Hal yang Perlu Lo Perhatikan Sebelum Pergi ke Pulau Moyo. Photo Credit: beritagar.id

Keadaan cuaca diketahui sangat mempengaruhi waktu perjalanan lo ke Pulau Moyo. Lo tidak disarankan datang ke ke pulau ini dari bulan Desember – Februari. Pasalnya, keadaan ombak sedang tinggi-tingginya pada bulan-bulan tersebut.

Waktu terbaik untuk berlibur ke Pulau Moyo adalah bulan Juni hingga Agustus. Akan tetapi, lo harus tahu bahwa bahwa harga penginapan pada bulan-bulan ini tidak bisa ditawar. Hal ini juga berlaku bagi tarif tiket pesawat untuk harga liburan.

7. Tempat Menginap Murah di Pulau Moyo

7 Hal yang Perlu Lo Perhatikan Sebelum Pergi ke Pulau Moyo. Photo Credit: fotowisata.com

Apabila mencari tempat bermalam dengan harga ekonomis, lo bisa memilih homestay di rumah penduudk Desa Labuhan Aji. Biaya homestay dibuka dari harga Rp 100.000 hingga Rp 200.000. Untuk mendapatkan harga homestay yang pas, lo dapat melakukan proses tawar-menawar dengan pemilik rumah. Mudah sekali, bukan?

Demikian 7 cara asyik untuk menikmati liburan di Pulau Moyo. Semoga informasi ini membuat lo tertarik mengunjungi pulau ini sesegera mungkin. Selamat berlibur ya bro!

Source

Feature Image - beritagar.id


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!