DEC 5, 2018

Ingin Makan Lobster Berdaging Tebal? Kunjungi 5 Daerah di Indonesia Ini Ya Bro!

Lobster merupakan salah satu hewan laut yang banyak diburu untuk diolah menjadi makanan. Untuk menemukannya, lo bisa mengunjungi beberapa daerah produksi lobster yang tersebar di berbagai pelosok nusantara. Dengan begitu, lo bisa puas memilih lobster yang diinginkan sesuai dengan selera. Daerah mana sajakah yang menyimpan potensi kekayaan lobster yang berlimpah?


Banyak orang terpikat dengan cita rasa gurih yang ditawarkan daging lobster. Untuk menemukan hewan ini, lo bisa mengunjungi sejumlah daerah penghasil lobster yang tersebar di berbagai pelosok nusantara. Dengan begitu, lo bisa puas memilih lobster yang diinginkan sesuai dengan selera.

Daerah mana sajakah yang menyimpan potensi kekayaan lobster yang berlimpah? Berikut adalah lima di antaranya. Silakan disimak penjelasannya ya bro!

1. Cilacap

Ingin Makan Lobster Berdaging Tebal? Kunjungi 5 Daerah di Indonesia Ini Ya Bro! Photo Credit: akamaized.net

Cilacap dikenal sebagai salah satu daerah penghasil ikan dan seafood terbanyak di Jawa Tengah. Hal ini dipengaruhi oleh letak geografisnya yang berada dalam kawasan pesisir. Di Cilacap, lo bisa menemukan lobster berdaging tebal yang ditangkap oleh penduduk setempat.

Harga lobster yang dijual di daerah ini berkisar dari Rp100.000 hingga Rp150.000 per kilo. Sementara itu, lobster yang masih hidup memiliki harga jual yang berbeda. Lo bisa membeli lobster hidup dengan harga Rp 350.000 untuk satu kilo. Selain lobster, hewan laut lainnya yang bisa lo jumpai di sini adalah udang dogol, udang tiger, dan udang jerbung.

Di Cilacap, lo bisa mendapatkan lobster berkualitas bagus dengan harga ekonomis. Salah satu tempat yang direkomendasikan untuk membeli lobster di sini adalah Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Di tempat ini, lo bisa melihat berbagai hasil tangkapan nelayan yang masih segar.

2. Gresik

Ingin Makan Lobster Berdaging Tebal? Kunjungi 5 Daerah di Indonesia Ini Ya Bro! Photo Credit: cloudfront.net

Daerah Indonesia lainnya yang menyimpan sumber daya lobster berlimpah adalah Gresik. Pasalnya, Gresik memiliki banyak tempat budidaya lobster yang berlokasi di wilayah Bawean. Di sana, lo bisa melihat lobster berukuran besar dengan berat 1 kilo untuk satu ekor.

Sejumlah penduduk diketahui membudidayakan lobster dalam keramba. Lo bisa menjumpai banyak keramba lobster di wilayah tepi pantai Pulau Bawean. Harga lobster yang dijual di tempat ini adalah Rp300.000 per kilo. Biasanya, nelayan berhasil menjual lobster hingga 10 ekor dalam satu hari.

Lo dapat menemukan beragam jenis lobster di Bawean, di antaranya adalah lobster bambu dan lobster mutiara. Lobster asal Bawean juga kabarnya telah dijual ke sejumlah negara asing, seperti Singapura, Hongkong, dan Taiwan. Apabila berkunjung ke Gresik, ada baiknya lo tidak melewatkan momen menyantap lobster di tempat ini ya bro!

3. Aceh

Ingin Makan Lobster Berdaging Tebal? Kunjungi 5 Daerah di Indonesia Ini Ya Bro! Photo Credit: steemitimages.com

Aceh juga bisa menjadi destinasi berlibur yang menyenangkan bagi para pencinta lobster. Di Aceh, lo bisa menemukan tempat budidaya lobster milik masyarakat setempat dengan mudah. Tempat yang bisa lo kunjungi untuk mendapatkan lobster adalah Pulo Aceh di Kabupaten Aceh Besar.

Beberapa jenis lobster yang bisa lo jumpai di sini adalah lobster pasir, lobster bambu, lobster mutiara, serta lobster batu. Tiap jenis lobster memiliki ukuran yang berbeda, mulai dari 100 gram hingga 200 gram. Harga lobster yang dijual berkisar dari Rp 25.000 hingga Rp 30.000 per ekor.

Saat pergi ke Aceh, lo tentu tidak boleh melewatkan kesempatan mencicipi lobster. Rasa gurihnya tentu akan membuat momen berlibur lo di sana semakin berkesan. Jangan lupa mencobanya ya bro!

4. Yogyakarta

Ingin Makan Lobster Berdaging Tebal? Kunjungi 5 Daerah di Indonesia Ini Ya Bro! Photo Credit: blogspot.com

Populasi lobster yang melimpah juga ada di kawasan perairan laut Gunung Kidul, Yogyakarta. Lo bisa menemukan banyak lobster di Pantai Timang, Pantai Drini, dan Pantai Nampu. Lobster yang hidup di sana juga berasal dari spesies yang beragam. Dengan demikian, Yogyakarta sangat cocok dijadikan tempat destinasi berlibur bagi para pemburu lobster.

Para nelayan biasanya menangkap lobster hingga tiga kilogram dalam kurun waktu sehari. Lobster-lobster tersebut biasanya ditangkap nelayan menggunakan alat berupa jaring. Demi mendapat lobster, mereka seringkali menebar jaring di tempat yang terbilang ekstrem. Contohnya seperti di pinggiran tebing pantai. Berani sekali ‘kan, bro?

Di Yogyakarta, harga lobster yang dijual bergantung pada ukuran dan jenisnya. Lobster dibanderol dengan harga Rp250.000 hingga Rp300.000. Apabila ingin mencicipi hidangan lobster secara instan, lo bisa langsung mendatangi sejumlah ttempat makan yang ada di Yogyakarta.

5. Lombok Tengah

Ingin Makan Lobster Berdaging Tebal? Kunjungi 5 Daerah di Indonesia Ini Ya Bro! Photo Credit: mongabay.co.id

Para penikmat lobster juga direkomendasikan pergi ke Lombok, Nusa Tenggara Barat. Hal tersebut tidak bukan karena daerah ini menyimpan potensi kekayaan lobster yang berlimpah. Banyak pihak menjuluki Lombok sebagai surga lobster.

Wisatawan yang berniat mencari lobster bisa menyambangi daerah Teluk Awang di Lombok. Di sini, lo berkesempatan melihat beragam jenis lobster dengan ukuran yang berbeda. Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti bahkan menyebut Teluk Awang sebagai daerah produksi lobster terbesar di Indonesia. Mengagumkan sekali, bukan?

Di Teluk Awang, para nelayan biasanya mendapat ratusan hingga ribuan lobster dalam kurun waktu sehari. Hal tersebut membuat daerah ini ramai didatangi pemburu lobsteri dari berbagai tempat. Dengan demikian, Teluk Awang merupakan spot wisata yang wajib lo kunjungi apabila datang ke Lombok.

Pemerintah setempat diketahui memberlakukan aturan tentang larangan penangkapan lobster kecil dan bibit lobster di Teluk Awang. Aturan ini ternyata tidak mempersulit para penduduk yang bermata pencaharian sebagai nelayan. Pasalnya, mereka tetap berhasil menangkap lobster dengan mudah di Teluk Lawang.

Harga lobster yang dijual di Teluk Awang cukup bervariasi. Lo bisa membeli satu kilogram lobster mulai dari harga Rp500.000. Oleh sebab itu, para pemburu lobster dianjurkan menyiapkan uang lebih sebelum berangkat ke daerah Teluk Awang.

Demikian 5 daerah di Indonesia yang menyimpan potensi kekayaan lobster yang menakjubkan. Kelima daerah ini tentu bisa menjadi referensi berlibur yang seru dan mengasyikkan khususnya bagi para pencinta lobster. Jangan lupa berangkat ke daerah-daerah ini ya bro!

Source

Feature Image - hecornishfishmonger.co.uk


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!