DEC 5, 2018

7 Hal yang Harus Lo Perhatikan Sebelum Mendaki Gunung Tambora

Sebelum mendaki Gunung Tambora, ada baiknya lo memperhatikan sejumlah hal penting agar proses pendakian dapat berlangsung aman dan nyaman.Apa sajakah itu? Berikut adalah 7 hal yang wajib lo ketahui sebelum menaklukkan Gunung Tambora.


Keindahan alam Gunung Tambora diketahui sudah memikat hati banyak pendaki dari berbagai tempat. Gunung yang berlokasi di Nusa Tenggara Barat ini menyuguhkan panorama alam yang menawan kepada setiap para pendakinya. Sebelum mendaki Gunung Tambora, ada baiknya lo memperhatikan sejumlah hal penting agar proses pendakian dapat berlangsung aman dan nyaman.

Apa sajakah itu? Berikut adalah 7 hal yang wajib lo perhatikan sebelum mendaki Gunung Tambora. Silakan disimak ya bro!

1. Menjalani Latihan Fisik

7 Hal yang Harus Lo Perhatikan Sebeum Mendaki Gunung Tambora. Photo Credit: travelingyuk.com

Sebelum mendaki Gunung Tambora, lo disarankan menyiapkan stamina dan kondisi fisik sebaik mungkin. Pasalnya, waktu rata-rata yang dibutuhkan untuk mendaki lewat jalur Desa Pancasila adalah tiga hari dua malam. Oleh sebab itu, lo dianjurkan melakukan latihan fisik sebelum menempuh perjalanan panjang tersebut.

Selain itu, para pendaki juga disarankan untuk tidak mendaki Gunung Tambora buru-buru. Pertama, hal ini tentu akan menguras stamina dan tenaga secara drastis. Alasan kedua adalah lo tidak bisa menjelajahi keindahan panorama gunung ini secara lebih lama.

Apabila tertarik menaklukkan Gunung Tambora, ada baiknya lo mulai menjalani latihan fisik sematang mungkin. Dengan begitu, kondisi fisik lo akan tetap terjaga ketika melakukan trekking di gunung ini. Setuju ‘kan bro?

2. Mencari informasi transportasi seluas-luasnya

7 Hal yang Harus Lo Perhatikan Sebeum Mendaki Gunung Tambora. Photo Credit: dattang.com

Hal penting lainnya yang wajib lo ketahui sebelum mendaki Gunung Tambora adalah informasi transportasi. Pasalnya, Desa Pancasila memiliki jarak yang terlampau jauh dari kota Bima. Oleh sebab itu, lo disarankan mencari tahu informasi seputar transportasi ke arah basecamp pendakian Gunung Tambora.

Sebelum berangkat ke gunung, pastikan lo sudah mengetahui kendaraan mana yang akan dinaiki untuk sampai ke basecamp. Tidak hanya itu, lo juga perlu menggali informasi seputar kendaraan cadangan apabila transportasi utama mendadak tidak bisa ditumpangi  atau mengalami kendala di tengah perjalanan. Jadi, jangan lupakan informasi seputar kendaraan ya bro!

3. Mengetahui lokasi sumber air

7 Hal yang Harus Lo Perhatikan Sebeum Mendaki Gunung Tambora. Photo Credit: piknikdong.com

Informasi mengenai sumber air juga wajib dipahami para pendaki Gunung Tambora. Kehadiran air tentu akan menunjang tenaga dan stamina para pendaki hingga tiba ke puncak. Dengan demikian, lo disarankan mengetahui titik sumber air sebelum memulai pendakian di gunung ini

Ada empat titik sumber air yang bisa lo temukan di Gunung Tambora. Sumber air pertama terletak di pos 1, sumber air kedua berlokasi di pos 2 berupa sungai, sumber air ketiga terletak di pos 3 yang berjarak cukup jauh dari kemah, dan sumber air keempat berada di pos 5 berupa kubangan.

Saat mendaki di gunung ini, lo dianjurkan membawa air dari pos 3 untuk melakukan summit attack. Pasalnya, pos 5 memiliki kualitas air yang kurang baik untuk diminum oleh para pendaki. Jangan lupa berhati-hati saat minum air di gunung ini ya bro!

4. Melintasi jalur naik dan turun yang sama

7 Hal yang Harus Lo Perhatikan Sebeum Mendaki Gunung Tambora. Photo Credit: jakpost.net

Di Gunung Tambora, lo dianjurkan melewati jalur naik dan turun yang sama. Jadi, usahakan lo memilih jalur yang jelas saat memulai summit attack. Dengan begitu, lo bisa mudah mengingatnya sehingga bisa dijadikan sebagai jalur turun.

Menggunakan jalur naik dan turun yang sama akan menjauhkan para pendaki dari kemungkinan tersesat. Apabila melintasi jalur turun yang berbeda saat naik, lo bisa saja ikut tersasar karena tak mengenali medan yang sedang dilewati. Tidak enak sekali, bukan?

Selain itu, lo juga disarankan memakai kaos berwarna kontras sebelum mulai mendaki. Apabila lo tersesat di Gunung Tambora, baju berwarna kontras tentu akan membuat lo mudah dilihat orang lain. Dengan demikian. Lo bisa mendapat pertolongan secepatnya apabila dihadapkan pada situasi darurat seperti tersesat.

5. Mengakrabkan diri dengan penduduk setempat

7 Hal yang Harus Lo Perhatikan Sebeum Mendaki Gunung Tambora. Photo Credit: meetjourney.com

Para pendaki juga sebaiknya menjalin hubungan baik dengan masyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Tambora. Lo tidak perlu merasa sungkan saat mengobrol dengan penduduk setempat karena mereka akan selalu menyambut kedatangan pendaki dengan sikap ramah. Hebat sekali mereka ya?

Menjalin hubungan akrab dengan penduduk setempat tentu akan mendatangkan keuntungan bagi para pendaki.  Penduduk setempat bisa saja menjadi satu-satunya pihak yang bersedia dimintai bantuan oleh pendaki yang terjebak dalam situasi darurat. Masyarakat di sana tentu akan memberikan pertolongan dengan senang hati kepada pendaki yang sudah mereka kenal dengan baik.

Oleh sebab itu, jangan ragu untuk membangun pertemanan dengan masyarakat di sekitar Gunung Tambora. Apabila lo terjebak dalam situasi darurat, bantuan dari mereka tentu akan sangat lo andalkan. Setuju, kan?

6. Melakukan summit attack pada waktu pagi buta

7 Hal yang Harus Lo Perhatikan Sebeum Mendaki Gunung Tambora. Photo Credit: wordpress.com

Waktu summit attack juga perlu diperhatikan oleh setiap pendaki Gunung Tambora. Para pendaki dianjurkan melakukan summit di waktu pagi buta. Lo bisa memulai summit pada pukul 3 dini hari atau waktu menjelang adzan shubuh.

Pendaki diketahui akan merasa tersiksa apabila melewati jalur summit di atas pukul jam 7 pagi. Kala itu, cuaca kan terasa sangat panas sehingga pendaki akan banyak menghabiskan persediaan air di tengah perjalanan. Oleh sebab itu, lo sebaiknya memulai summit pada pagi buta agar dapat menikmati perjalanan secara nyaman tanpa perlu menghabiskan banyak bekal air yang dibawa.

7. Mengabadikan keindahan panorama Gunung Tambora sebelum kabut turun

7 Hal yang Harus Lo Perhatikan Sebeum Mendaki Gunung Tambora. Photo Credit: gunung.id

Perjuangan, usaha, serta rasa lelah para pendaki akan terbayar lunas begitu mereka tiba di puncak Gunung Tambora.  Lo akan disambut panorama alam yang indah dan memukau ketika sampai di sana. Usai tiba di puncak, pendaki dianjurkan untuk mengambil foto secepatnya. Pasalnya, panorama indah Gunung Tambora akan sulit disaksikan ketika kabut sudah menyergap.

Demikian 7 hal yang wajib lo perhatikan sebelum mendaki Gunung Tambora. Semoga informasi ini membantu lo yang berencana mendaki Gunung Tambora dalam waktu dekat. Tetap berhati-hati ya bro!

Source

Feature Image - dattang.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!