DEC 6, 2018

11 Pantai Seksi Di Kepulauan Nias yang Bisa Buat Lo Lupa Pulang Ke Rumah!

Selain kaya akan budaya dan tradisi, Pulau serta Kepulauan Nias membuktikan kalau spot tersebut juga dipenuhi oleh pantai-pantai yang eksotis. Penasaran di mana saja dan apa saja pantai tersebut? Simak terus bahasan kali ini ya!


Pulau Nias, ketika lo membaca spot petualangan tersebut – apa sih yang muncul di bayangan, lo? Kebanyakan, jawabannya adalah soal tradisi lompat batu. Lompat batu dari Nias memang menjadi salah satu identitas di mana banyak petualang, baik yang berasal dari dalam negeri sendiri atau mancanegara, mengakui kalau Indonesia mempunyai kekayaan alam dan budaya yang luar biasa.

Tidak heran, tradisi lompat batu Nias, yang tadinya menjadi sebuah tradisi sakral karena menentukan seberapa kedewasaan laki-laki di sana, sekarang ini sudah menjadi salah satu sambutan untuk para petualang yang datang ke sana.

Tidak heran, jika lo berkesempatan datang ke sana, lo akan disuguhkan dengan berbagai tarian khas Nias, termasuk tradisi lompat batu ini. Nah, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Indonesia kaya akan budaya, tradisi dan tempat-tempat eksotis.

Pulau Nias adalah salah satu gudangnya tempat-tempat eksotis. Buat lo yang tidak percaya, Pulau Nias ini dikelilingi setidaknya 11 pantai yang luar biasa indah. Saking indahnya deretan pantai ini, mungkin dan bisa jadi, lo akan lupa untuk kembali pulang.

Eits, sudah semakin penasaran bagaimana keindahan alam yang ada di deretan pantai eksotis di Pulau Nias? Terus simak bahasan kali ini ya!

Pulau Nias – Pantai Sirombu

11 Pantai Seksi Di Pulau Nias yang Bisa Buat Lo Lupa Pulang Ke Rumah! credit photo: acehimage.com

Berlokasi di Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat, Pantai Sirombu langsung berbatasan dengan Samudera Hindia. Eksotisme pantai ini berawal dari sejarah besar yang terjadi di tahun 2004 lalu. Ono Niha adalah bahasa Nias yang artinya Orang Nias.

Sejarah tersebut adalah Tsunami yang terjadi di sana pada waktu itu. Pantai Sirombu menjadi saksi bisu atas kejadian besar tersebut. Beberapa puing sisa-sisa tsnunami tersebut sekarang ini sudah ditumbuhi rumput-rumput liar.

Salah satu hal yang ikonik di Pantai Sirombu Pulau Nias ini adalah Pondok Ikan Bakar Hutagalung. Pondok kayu yang berlokasi di tepi pantai ini merupakan salah satu spot yang tidak bisa lo lewatkan begitu saja, terutama untuk lo yang gila akan seafood.

Pulau Nias – Pantai Sorake

11 Pantai Seksi Di Pulau Nias yang Bisa Buat Lo Lupa Pulang Ke Rumah! credit photo: sumutpos.co

Pantai Sorake menjadi salah satu pantai yang cukup unik di Pulau Nias. Hal tersebut dikarenakan oleh hamparan terumbu karang yang sampai menyembul ke permukaan terlihat dari tepian pantai. Namun, walau begitu, Pantai Sorake menjadi salah satu pantai yang ramai akan peselancar.

Peselancar tersebut datang dari berbagai daerah, bahkan negara. Hal ini tentu dikarenakan oleh ombak yang bergulung besar khas Pantai Sorake. Pantai ini bahkan sampai mempunyai acara tahunan yang rutin digelar: Nias Open. Pantai ini bahakn dinobatkan menjadi 10 pantai terbaik di dunia untuk berselancar, lho.

Pulau Nias – Pantai Lagundri

11 Pantai Seksi Di Pulau Nias yang Bisa Buat Lo Lupa Pulang Ke Rumah! credit photo: backpackerjakarta.com

Tidak jauh dari Pantai Sorake yang berada Kecamatan Batu Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Pantai Lagundri juga menjadi salah satu pantai yang diincar oleh peselancar berbagai negara. Tinggi ombaknya yang bisa mencapai 10 meter, menjadi tantangan tersendiri untuk penggila surfing.

Pulau Nias – Pantai Gawu Soyo

11 Pantai Seksi Di Pulau Nias yang Bisa Buat Lo Lupa Pulang Ke Rumah! credit photo: pariwisatasumut.net

Berpindah ke Kabupaten Nias Utara, di sana ada salah satu pantai yang mempunyai kemiripian dengan Pink Beach yang ada di Pulau Komodo. Ya, pasir pantainya yang kemerahan menjadikan Pantai Gawu Soyo adalah salah satu spot eksotis di Pulau Nias.

Selain pasir pantainya yang eksotis, Pantai Gawu Soyo menjadi salah satu pantai yang kerap di datangi salah satu primadona penggila diving, yaitu penyu sirip belimbing yang berstatus langka. Penyu ini datang ke Pantai Gawu Soyo untuk bertelur. Nah, tukik yang baru menetas dan berusaha kembali ke laut menjadi tontonan unik untuk para petualang yang datang ke sana.

Pulau Nias – Pantai di Pulau Asu

11 Pantai Seksi Di Pulau Nias yang Bisa Buat Lo Lupa Pulang Ke Rumah! credit photo: pemburuombak.com

Masih berada di wilayah Kabupaten Nias Barat, Pantai di Pulau Asu adalah salah satu yang terbaik, lho. Dijuluki Paradise on the Earth oleh berbagai petualang dari macam-macam negara, Pantai di Pulau Asu ini mempunyai keindahan alam bawah laut yang luar biasa.

Terumbu karang, biota laut serta berbagai koral indah menjadi primadona para penyelam. Kemudian, ombak di pantai ini juga cukup bisa menggoyang gairah para peselancar untuk mencoba ketangguhan mereka di dalam menaklukan ombak.

Pulau Nias – Pantai Tureloto

11 Pantai Seksi Di Pulau Nias yang Bisa Buat Lo Lupa Pulang Ke Rumah! credit photo: phinemo.com

Masih berada di Kabupaten Nias Utara, tepatnya di Kecamatan Lahewa – Pantai Tureloto adalah salah satu pantai yang eksotis di Pulau Nias. Pasalnya, ada terumbu karang besar yang bentuknya menyerupai salah satu organ manusia, yaitu otak.

Makanya, penduduk setempat menamakan terumbu karang tersebut dengan nama ‘batu otak’. Oh iya, di Pantai Tureloto ini juga, lo bisa tetap mengapung tanpa takut tenggalam, lho. Hal ini dikarenakan oleh tingginya kadar garam sampai spot ini dijuluki Laut Mati-nya Indonesia!

Pulau Nias – Pantai Hoya

11 Pantai Seksi Di Pulau Nias yang Bisa Buat Lo Lupa Pulang Ke Rumah! credit photo: pedomanwisata.com

Pantai yang satu ini di Kepulauan Nias cukup unik, nih. Kalau pantai biasanya ditumbuhi oleh pohon nyiur ditepiannya, beda dengan Pantai Hoya yang ditumbuhi pohon pinus di sekelilingnya. Berlokasi di Kecamatan Gunungsitoli Utara, para petualang akan dimanjakan dengan berbagai aneka hidangan laut di pondok-pondok yang berada di tepiannya juga.

Kepulauan Nias – Pantai di Pulau Tello

11 Pantai Seksi Di Pulau Nias yang Bisa Buat Lo Lupa Pulang Ke Rumah! credit photo: lihat.co.id

Pindah ke Kabupaten Nias Selatan, tepatnya di Pulau Tello – ada sebuah pantai yang dihiasi dengan pasir putih yang luas menghampar, dan air laut yang biru muda jernih dan bersih. Pantai ini mempunyai ombak yang cukup besar dan tinggi sehingga diminati banyak peselancar.

Kepulauan Nias – Pantai Ladeha

11 Pantai Seksi Di Pulau Nias yang Bisa Buat Lo Lupa Pulang Ke Rumah! credit photo: topikid.com

Berlokasi di Kecamatan Amandraya, Kabupaten Nias Selatan, pantai ini mempunyai hal unik yaitu kolam alami yang terbentuk dari gempa bumi di tahun 2005 silam yang tentu memicu Tsunami di sini. Walau begitu, keindahan di Pantai Ladeha ini tidak luntur lantaran momen sunset di sini yang luar biasa indah.

Kepulauan Nias – Pantai Pasir Berbisik

11 Pantai Seksi Di Pulau Nias yang Bisa Buat Lo Lupa Pulang Ke Rumah! credit photo: northniastoursim.com

Tidak jauh berbeda dengan Pantai Hoya, Pantai Pasir Berbisik di Kecamatan Sawo, Kabupaten Nias Utara ini mempunyai pohon pinus yang lebat di pinggir dan tepiannya. Oh iya, dinamakan pasir berbisik karena konon katanya ada nada suara yang keluar dari hamparan pasir pantai tersebut, sehingga dinamakan pasir berbisik.

Kepulauan Nias – Pantai di Pulau Panjang

11 Pantai Seksi Di Pulau Nias yang Bisa Buat Lo Lupa Pulang Ke Rumah! credit photo: pariwisatasumut.net

Berlokasi di Kabupaten Nias Utara, walau tidak seterkenal lainnya, namun pantai di Pulau Panjang ini cukup eksotis untuk para penggila snorkeling dan diving, lho. Pasalnya, keindahan alam bawah laut seperti terumbu karang dan berbagai biota laut di sini cukup indah dan memanjakan mata.

Wah bagaimana nih bro? Dari 11 pantai eksotis yang ada di Kepulauan Nias, apakah sudah ada yang masuk ke dalam daftar perjalanan dan petualangan lo? Kalau ada, tentu sekarang tinggal lo mengatur cuti dari rutinitas dan berangkat berpetualang!

 

Source

Feature Image - idntimes.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!