DEC 6, 2018

6 Tips Menikmati Liburan saat Musim Hujan

Hujan tidak bisa lo jadikan alasan untuk membatalkan traveling ke suatu tempat. Agar bisa menikmati liburan saat musim hujan, lo perlu menyiapkan sejumlah hal penting sebelum berangkat ke tempat yang dituju. Apa sajakah itu? Simak jawabannya dalam artikel di bawah ya bro!


Lo tidak perlu merasa khawatir apabila masa liburan lo berbarengan dengan musim hujan. Agar liburan tetap berlangsung seru saat musim hujan, lo bisa menyiapkan sejumlah hal penting sebelum berangkat ke destinasi liburan. Apa sajakah itu?

Berikut adalah 6 hal yang perlu lo perhatikan apabila ingin berwisata saat musim hujan. Silakan disimak ya bro!

1. Mencari Informasi Ramalan Cuaca

6 Tips Menikmati Liburan saat Musim Hujan. Photo Credit: jalantikus.com

Informasi yang patut dicari wisatawan saat berlibur di musim penghujan adalah perkiraan cuaca. Sehari sebelum berangkat, pastikan lo sudah memantau informasi ramalan cuaca terkait daerah tempat yang dituju. Hal ini ditujukan agar lo bisa menyiapkan peralatan penting apabila lokasi liburan tengah diguyur hujan.

Mengetahui ramalan cuaca juga akan membantu lo dalam menentukan destinasi liburan. Apabila tempat tujuan memiliki cuaca buruk, lo bisa mencari destinasi liburan lain yang aman untuk dikunjungi. Dengan demikian, masa liburan lo tidak akan terganggu karena masalah cuaca.

Untuk mengetahui informasi tentang ramalan cuaca, lo bisa membuka situs resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Di situ, lo akan menemukan perkiraan cuaca mengenai tempat liburan secara jelas. Mengerti ‘kan, bro?

2. Menyiapkan Payung dan Jas Hujan

6 Tips Menikmati Liburan saat Musim Hujan. Photo Credit: freegreatpicture.com

Lo tentu sudah pernah mendengar peribahasa “Sedia Payung sebelum Hujan” bukan? Peribahasa ini tentu wajib diterapkan oleh wisatawan yang berlibur pada musim hujan. Sebelum berangkat, pastikan lo sudah memasukkan payung dalam barang bawaan untuk mengantisipasi hujan.

Payung tidak hanya berfungsi sebagai pelindung tubuh agar tidak terkena air hujan. Lo juga bisa memanfaatkan benda ini untuk melindungi kulit dari sinar matahari yang menyengat. Dengan begitu, keadaan cuaca tidak akan mempengaruhi aktivitas liburan lo.

Selain payung, benda lainnya yang wajib disiapkan saat musim hujan adalah jas hujan. Dengan mengenakan jas hujan, lo bisa mengurangi risiko sakit akibat terkena hujan. Jadi, jangan sampai lupa membawa barang-barang ini ya bro!

3. Menggunakan Pakaian Persiapan untuk Musim Hujan

6 Tips Menikmati Liburan saat Musim Hujan. Photo Credit: theboar.org

Wisatawan tentu harus menyiapkan strategi agar tidak merasa kedinginan saat musim penghujan. Salah satu cara untuk mengakali suhu dingin saat musim hujan adalah memakai pakaian hangat atau pakaian tebal. Di musim hujan, lo bisa mengenakan jaket tebal untuk membuat suhu tubuh tetap hangat.

Sebelum berwisata, lo juga disarankan membawa baju ganti untuk mengantisipasi cuaca hujan. Apabila lo kehujanan, pakaian ganti ini tentu bisa dikenakan untuk menghangatkan tubuh. Saat musim hujan, lo juga dianjurkan membawa sendal ke dalam barang bawaan untuk memudahkan perjalanan liburan.

Selain jaket dan sendal, barang penting lainnya yang tak boleh dilupakan turis saat berwisata adalah kantong plastik. Benda ini dapat lo manfaatkan sebagai tempat menaruh baju-baju basah. Jangan lupa persiapkan barang-barang ini sebelum berangkat ya bro!

4. Mencari Destinasi Liburan Indoor Sebagai Pilihan Alternatif

6 Tips Menikmati Liburan saat Musim Hujan. Photo Credit: travel-assets.com

Ketika musim hujan datang, lo disarankan pintar menentukan destinasi liburan. Apabila berencana ke tempat wisata alam seperti pulau atau gunung, lo tentu harus mempertimbangkan segala risiko yang ada. Misalnya, seperti jalur pendakian yang lincin atau suhu dingin yang akan lo rasakan ketika berenang di pantai.

Apabila ingin mengganti destinasi liburan kala musim hujan, lo bisa langsung menyambangi tempat wisata indoor. Contohnya seperti museum dan galeri seni. Dengan begitu, lo bisa menikmati waktu santai tanpa perlu khawatir kehujanan.

Mengunjungi tempat wisata indoor juga akan membuat lo terhindar dari risiko sakit pada musim hujan. Pasalnya, lo tidak akan merasa kedinginan dan kebasahan karena berada dalam ruangan yang hangat. Dengan demikian, tempat wisata indoor bisa lo jadikan sebagai destinasi liburan yang pas saat musim hujan.

5. Mencicipi Makanan Berkuah

6 Tips Menikmati Liburan saat Musim Hujan. Photo Credit: idntimes.com

Di musim hujan, lo juga bisa meluangkan waktu liburan dengan berwisata kuliner ke sejumlah tempat makan. Lo dapat menikmati kuliner berkuah panas untuk mengenyangkan perut sekaligus menghangatkan badan. Dengan begitu, tubuh lo tetap berada dalam keadaan fit meski cuaca sedang buruk.

Lo bisa menemukan tempat makan yang menjajakan kuliner berkuah di berbagai pelosok nusantara. Contoh makanan dan minuman yang cocok dikonsumsi saat musim hujan adalah bakso kuah, mie kuah, sop, jahe, kopi, bandrek, cokelat hangat, dan lain-lain.

Dengan mengonsumsi kuliner berkuah serta minuman hangat, suhu tubuh akan tetap hangat sehingga lo dapat terus beraktivitas selama musim hujan. Apabila menggigil karena kehujanan, lo bisa memakan hidangan berkuah untuk menambah kehangatan pada tubuh. Oleh sebab itu, jangan lupa mengonsumsi kuliner berkuah apabiila lo merasa kedinginan ya!

6. Menjaga Kondisi Tubuh

Lo tentu tidak dapat menikmati momen liburan apabila stamina dan kondisi tubuh menurun drastis. Untuk menjaga kondisi tubuh, lo bisa mengonsumsi vitamin sebelum berangkat menuju tempat liburan. Dengan demikian, risiko sakit akibat daya tahan tubuh menurun bisa lo hindari.

Agar badan tidak mudah sakit, lo juga dianjurkan tidak mengonsumsi minuman dingin. Hal ini juga ditujukan agar stamina lo tetap terjaga dengan baik. Selain itu, lo dianjurkan untuk sering meminum air putih serta minuman hangat saat musim hujan tiba. Apabila badan sehat, lo tentu bisa menikmati masa liburan secara puas.

Demikian 6 tips menikmati masa liburan saat musim hujan. Semoga informasi ini membantu lo yang hendak berwisata saat cuaca buruk. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati ya bro!

Source

Feature Image - squarespace.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!