DEC 6, 2018

6 Alasan Mengapa Lo Tidak Boleh Menunda Traveling di Era Serba Sibuk

Banyak orang menunda waktu traveling dengan alasan tidak memiliki waktu luang atau sedang disibukkan urusan pekerjaan. Padahal, traveling memiliki banyak manfaat positif untuk kesehatan mental dan fisik. Selain itu, ada alasan lain mengapa traveling penting untuk dilakukan di era serba sibuk seperti sekarang. Apakah itu? Simak jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!


Dewasa ini, banyak orang menunda waktu traveling dengan alasan sibuk mengurus urusan pekerjaan serta urusan-urusan penting lain. Akibatnya, rasa jenuh dan stres mudah memasuki pikiran. Hal ini tentu saja dapat mempengaruhi produktvitas dan kreativitas seseorang ketika bekerja.

Untuk itu, lo dianjurkan tidak menunda waktu traveling meski dihadapkan pasa situasi sibuk. Mengapa demikian? Berikut adalah 6 alasannya. Silakan disimak ya bro!

1. Menambah Pengalaman Liburan yang Berkesan

6 Alasan Mengapa Lo Tidak Boleh Menunda Traveling di Era Serba Sibuk. Photo Credit: backpackerbanter.com

Traveling membuka kesempatan buat lo untuk mengenal banyak hal baru. Ketika traveling, lo bisa menemukan banyak pengalaman seru yang mungkin belum pernah dirasakan sebelumnya. Contohnya seperti menyantap kuliner khas daerah tertentu atau menyaksikan tradisi kebudayaan suku masyarakat pedalaman.

Hal-hal seru dan unik yang lo temukan saat traveling tentu akan menjadi pengalaman tak terlupakan. Pengalaman-pengalaman ini nantinya akan meninggalkan kesan yang mendalam dalam benak lo. Begitu mengingatnya, lo akan merasa lebih positif karena mampu menemukan arti pentingnya hidup dalam perspektif baru.

2. Memperluas Jaringan

6 Alasan Mengapa Lo Tidak Boleh Menunda Traveling di Era Serba Sibuk. Photo Credit: mnn.com

Ketika melakukan traveling, lo akan beriumpa dengan banyak orang baru dari berbagai tempat. Orang-orang yang akan lo jumpai saat traveling juga berasal dari latar belakang yang beragam. Misalnya seperti wisatawan asal daerah lain, petugas wisata, penduduk lokal, dan lain-lain.

Apabila bingung menemukan lokasi tempat liburan yang dituju, lo pasti akan menanyakan hal ini kepada orang-orang yang lo jumpai di tengah perjalanan. Momen interaksi ini tentu bisa lo manfaatkan untuk menambah jaringan pertemanan seluas-luasnya. Dengan demikian ,traveling memungkinkan lo untuk mendapat pengalaman dan teman baru secara sekaligus.

Lo juga berpeluang menemukan hal tak terduga apabila menjalin hubungan akrab dengan wisatawan atau penduduk lokal. Pasalnya, orang yang lo jumpai saat taveling bisa saja menjadi rekan bisnis  lo di masa mendatang. Oleh sebab itu, traveling akan mengantarkan lo bertemu dengan banyak orang baru yang berasal dari berbagai macam suku.

3. Memiliki Dampak Positif terhadap Kondisi Fisik dan Mental

6 Alasan Mengapa Lo Tidak Boleh Menunda Traveling di Era Serba Sibuk. Photo Credit: maximummedia.ie

Traveling menawarkan banyak manfaat positif kepada orang yang melakukannya secara rutin. Hal ini sendiri telah dibuktikan secara ilmiah melalui penelitian. Berdasarkan hasil sejumlah penelitian, para ahli menyimpulkan bahwa orang yang hobi traveling memiliki kondisi tubuh lebih sehat ketimbang mereka yang tidak traveling. Jadi, traveling memang terbukti menyehatkan tubuh lo.

Manfaat yang diperoleh dari traveling tidak hanya itu. Ada juga penelitian mengatakan bahwa traveling menghasilkan dampak positif secara psikologis lebih besar ketimbang membeli barang favorit. Dengan kata lain, traveling dapat dikatakan baik terhadap kesehatan fisik maupun psikis.

Apabila beban pikiran sedang menumpuk, ada baiknya lo segera merencanakan traveling dalam waktu dekat. Pasalnya, traveling akan mengurangi kadar depresi dan stres serta menaikkan kinerja otak. Saat melakukan traveling, lo juga merasa lebih segar karena seluruh anggota tubuh dipaksa bergerak. Dengan demikian, kesehatan tubuh menjadi lebih terjaga.

4. Membuka Pintu Kesempatan untuk Mendapat Pekerjaan

6 Alasan Mengapa Lo Tidak Boleh Menunda Traveling di Era Serba Sibuk. Photo Credit: forbes.com

Traveling saat ini mulai dipandang sebagai salah satu kegiatan penting dalam dunia kerja. Sejumlah perusahaan kabarnya lebih mempertimbangkan calon pegawai yang memililki hobi traveling ketimbang yang tidak. Oleh sebab itu, lo yang sedang mencari disarankan tak lupa memasukkan pengalaman traveling di dalam CV.

Apabila sering traveling ke berbagai penjuru dunia, lo bisa mencantumkan hal tersebut dalam CV lamaran kerja. Pasanya, banyak pihak berasumsi bahwa seseorang yang memiliki hobi traveling ke luar negeri mampu memahami kebudayaan global secara lebih baik. Menarik bukan?

Pencinta traveling juga dikatakan memiliki sifat yang lebih terbuka dan adaptif. Mereka dianggap menyimpan rasa toleransi lebih besar terhadap keberagaman dibanding orang-orang kebanyakan. Oleh sebab itu, jangan lupa cantumkan pengalaman traveling lo dalam CV untuk menambah bahan pertimbangan perusahaan yang sedang dilamar.

5. Mampu Memperkaya Diri dengan Keterampilan Baru

6 Alasan Mengapa Lo Tidak Boleh Menunda Traveling di Era Serba Sibuk. Photo Credit: blogspot.com

Momen traveling juga bisa lo manfaatkan untuk mempelajari berbagai hal baru. Saat menjalani traveling ke suatu daerah, lo akan menjumpai kebudayaan masyarakat suku tertentu. Contohnya seperti bahasa daerah yang digunakan penduduk lokal.

Ketika bertemu penduduk lokal, lo berkesempatan melatih diri untuk menjalin komunikasi yang baik dengan orang baru. Lo bisa memperkaya wawasan tentang seni dengan mempelajari kebudayaan asli masyarakat setempat. Semua hal seru ini bisa dirasakan apabila lo traveling ke suatu daerah pedalaman.

Lo juga bisa mengambil paket wisata khusus untuk mengenali budaya penduduk lokal secara lebih dekat. Dengan mengikuti paket wisata, lo berkesempatan melakukan banyak hal seru dan menarik. Misalnya seperti belajat membatik atau mengikuti konservasi hutan. Cukup seru, bukan?

6. Meningkatkan Kreativitas dan Produktivitas

6 Alasan Mengapa Lo Tidak Boleh Menunda Traveling di Era Serba Sibuk. Photo Credit: 10hikes.com

Pengalaman seru selama traveling akan membuat pikiran lo menjadi lebih segar. Dengan begitu, otak lo akan lebih mudah menghasilkan berbagai ide kreatif saat kembali bekerja. Usai traveling, kondisi mental juga akan kembali ‘terisi penuh’ layaknya sebuah baterai. Hal ini tentu saja dapat mempengaruhi produktivitas kerja menjadi lebih baik.

Lo juga bisa menjadikan pengalaman unik saat traveling sebagai salah satu sumber inspirasi. Ide-ide kreatif biasanya akan muncul begitu lo mengingat hal seru dan unik saat traveling. Selain itu, lo juga bisa mencari penghasilan tambahan dengan menuliskan kisah traveling dalam sebuah buku catatan perjalanan.

Demikian 6 alasan mengapa lo perlu melakukan traveling di era serba sibuk. Semoga informasi ini memberi pencerahan buat lo yang masih ragu untuk memulai traveling. Pokoknya, jangan tunda lagi waktu traveling demi kesehatan fisik dan mental diri sendiri. Oke, bro?

Source

Feature Image - 10hikes.com


Please login to comment
1 COMMENTS
lindarose11
December 11, 2018 at 9:42 AM

The article you have shared here very awesome. I really like and appreciated your work. I read deeply your article, the points you have mentioned in this article are useful raft wars 2