DEC 12, 2018

Spot Pantai dan Pulau Eksotis di Sumbawa, Sekali ke Sini, Pasti Lo Engga Mau Pulang!

Sumbawa adalah salah satu kepulauan yang menjanjikan banyak eksotisme. Mulai dari deretan pulau-pulau kecil sampai pantainya, benar-benar bisa buat lo engga mau pulang! Penasaran dengan keindahan alamnya gimana di sana? Simak dulu bahasan kali ini!


Sumbawa, kepulauan yang dikelilingi oleh deretan pantai dan pulau-pulau kecil yang eksotis adalah daya tarik utama di sana. Keindahan alam untuk spot petualangan di sana mungkin sudah satu tingkat di bawah surga.

Oleh karena itu, tidak heran jika Sumbawa beserta deret pantai dan pulau-pulaunya menjadi incaran banyak para petualang yang sudah memasukan Sumbawa ke daftar perjalanan dan petualangannya. Mereka yang datang ke sana, mayoritas adalah petualang dari mancanegara.

Nah, supaya para petualang dalam negeri juga melek akan keindahan alam yang luar biasa di dalam dan sekitaran Sumbawa, berikut deretan pantai dan pulau eksotis yang bisa buat lo engga mau pulang walau baru pertama kali datang ke sana, nih!

Sumbawa – Pulau Kenawa

Spot Pantai dan Pulau Eksotis di Sumbawa, Sekali ke Sini, Pasti Lo Engga Mau Pulang!

Spot Pantai dan Pulau Eksotis di Sumbawa, Sekali ke Sini, Pasti Lo Engga Mau Pulang! credit photo: tripjalanjalan.com

Pulau Kenawa adalah salah satu pulau kecil dari deretan pulau lainnya yang mengelilingi Sumbawa besar. Buat sampai ke Pulau Kenawa, lo perlu menggunakan kapal-kapal kecil untuk menyebrang ke pulau ini.

Dermaga yang menjadi tempat sandaran banyak kapal-kapal kecil untuk digunakan menyebrang ke Pulau Kenawa adalalh dermaga khusus yang ada di utara Pelabuhan Poto Tano. Setidaknya 200 meter ke arah utara dari pelabuhan tersebut.

Buat sampai ke Pelabuhan Poto Tano, kalau lo berada di Sumbawa Besar, setidaknya butuh 3 jam perjalanan dengan naik mobil. Kalau lo berada luar Sumbawa, sila naik bus jurusan ke Lombok. Terlepas dari bagaimana perjalanan ke Pulau Kenawa, spot ini benar-benar mempunyai keindahan alam yang luar biasa.

Perlu lo ketahui nih bro, kalau Pulau Kenawa adalah pulau tidak berpenghuni yang hanya mempunyai luas wilayah 15 hektar. Belum tersedianya listrik dan air bersih membuat pulau ini jarang sekali di tinggali oleh para petualang kecuali mereka berani untuk berkemah di sini.

Spot Pantai dan Pulau Eksotis di Sumbawa, Sekali ke Sini, Pasti Lo Engga Mau Pulang!

Spot Pantai dan Pulau Eksotis di Sumbawa, Sekali ke Sini, Pasti Lo Engga Mau Pulang! credit photo: petualangpantai.blogpsot.com

Keindahan alam yang ada di Pulau Kenawa tidak hanya berada di atas pulaunya saja, tetapi juga di bawah pulaunya. Artinya, keindahan alam bawah laut di Pulau Kenawa, tidak bisa diragukan lagi, nih. Berbagai macam biota laut, koral, serta terumbu karang yang ada di sana wajib lo kunjungi dalam petualangan lo ke Pulau Kenawa, nih.

Sumbawa – Pantai Lakey, Dompu

Spot Pantai dan Pulau Eksotis di Sumbawa, Sekali ke Sini, Pasti Lo Engga Mau Pulang!

Spot Pantai dan Pulau Eksotis di Sumbawa, Sekali ke Sini, Pasti Lo Engga Mau Pulang! credit photo: gambarbagusmu.blogspot.com

Sudah pernah tahu istilah ‘ombak kidal’? Kalau lo belum tahu, sila datangi sendiri Pantai Lakey yang ada di Sumbawa. Para peselancar dunia mungkin sebagian besar sudah mengetahui istilah ini. Pantai yang berlokasi di Kecamatan Hu’u, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat – sekarang ini pantai tersebut didominasi oleh petualang mancanegara.

Spot Pantai dan Pulau Eksotis di Sumbawa, Sekali ke Sini, Pasti Lo Engga Mau Pulang!

Spot Pantai dan Pulau Eksotis di Sumbawa, Sekali ke Sini, Pasti Lo Engga Mau Pulang! credit photo: travellersindo.blogspot.com

Pantai Lakey adalah salah satu pantai paling unik dan surganya para peselancar. Hal ini berdasarkan oleh ombaknya yang mempunyai arah sapuan ke kiri, dan bukan ke kanan sebagaimana umumnya. Keunikan inilah yang membuat Pantai Lakey menjadi buah bibir para peselancar dunia dan mereka berlomba untuk bisa sampai di sini dan menaklukan ombak dengan sapuan unik tersebut.

Dengan deburan ombak yang stabil, tidak heran juga jika Pantai Lakey kerap menjadi venue untuk kompetisi selancar bertaraf internasional. Hal ini tentu mendorong para penggiat bisnis travel untuk membangun berbagai fasilitas serta jasa-jasa traveling di sana.

Sumbawa - Pulau Nisa Pudu

Spot Pantai dan Pulau Eksotis di Sumbawa, Sekali ke Sini, Pasti Lo Engga Mau Pulang!

Spot Pantai dan Pulau Eksotis di Sumbawa, Sekali ke Sini, Pasti Lo Engga Mau Pulang! credit photo: backpackerjakarta.com

Tidak jauh dari Pantai Lakey – Dompu, terdapat satu pulau kecil yang kondisinya cukup eksotis, lho. Tidak jauh juga dari Teluk Saleh, akses paling mudah ke Pulau Nisa Pudu ini adalah menggunakan jalur udara dan mendarat di bandara yang ada di Bima.

Setelah mendarat, sila lanjutkan perjalanan menuju Desa Soro – Kecamatan Kempo dan naik perahu nelayan dengan merogoh kocek Rp 300 ribu untuk pulang pergi. Penyebrangan tersebut akan memakan waktu 15-30 menit saja, lho.

Untuk mengetahui kalau lo sudah dekat dengan Pulau Nisa Pudu, cukup perhatikan warna air laut yang tadinya kebiruan gelap, perlahan berubah menjadi hijau toska yang sangat jernih! Perairan pantainya yang dangkal bahkan bisa membuat lo melihat kawanan anak hiu berenang bebas seperti di Karimunjawa.

Sumbawa – Pantai Wane di Kabupaten Bima

Spot Pantai dan Pulau Eksotis di Sumbawa, Sekali ke Sini, Pasti Lo Engga Mau Pulang!

Spot Pantai dan Pulau Eksotis di Sumbawa, Sekali ke Sini, Pasti Lo Engga Mau Pulang! credit photo: youtube.com

Berlokasi di Desa Tolotangga, Kecamatan Monta – Pantai Wane di Bima adalah salah satu pantai eksotis juga, lho. Berhadapan langsung dengan Samudera Hindia yang mempunyai ombak yang cukup tinggi dan besar, Pantai Wane merupakan salah satu surga para peselancar.

Tidak ramai seperti deretan pantai yang ada di Bali, Pantai Wane adalah spot tepat untuk lo yang ingin mencari ketenangan. Hamparan pasir putih yang luas, kemudian air laut yang biru jernih, serta nelayan yang kerap menawarkan hasil tangkapannya – merupakan hal-hal yang bisa lo dapat saat berada di sini.

Sumbawa – Pantai Lariti di Kabupaten Bima

Spot Pantai dan Pulau Eksotis di Sumbawa, Sekali ke Sini, Pasti Lo Engga Mau Pulang!

Spot Pantai dan Pulau Eksotis di Sumbawa, Sekali ke Sini, Pasti Lo Engga Mau Pulang! credit photo: satyawinnie.com

Masih berada di Kabupaten Bima, Pantai Lariti ini juga menjadi salah satu incaran para petualang yang ingin menikmati spot petualangan yang eksotis. Pantai ini juga menjadi gerbang laut yang menghubungkan Pulau Sumbawa dan Pulau Flores.

Namun, garis pantai ini masih polos. Artinya, belum ada deretan fasilitas ternama seperti deret pantai yang ada di Bali. Oleh karena itu, pastikan membawa tenda untuk berkemah jika lo ingin menghabiskan waktu lebih lama di sini!

Wah bagaimana nih bro? Deret pantai dan pulau yang ada di sekitaran Sumbawa? Sudah ada yang masuk ke dalam daftar perjalanan dan petualangan lo? Kalau sudah, pastikan lo mempunyai waktu luang untuk berpetualang sejenak bro!

 

Source

Feature Image - lifestyle.okezone.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!