DEC 12, 2018

Nitro Narcosis: Mengenal Lebih Dekat Musuh Utama dan Berbahaya Bagi Para Penyelam

Nitro Narcosis adalah salah satu sickness yang cukup berbahaya untuk para penyelam karena bisa menyebabkan kematian. Penasaran sebenarnya apa itu nitro narcosis? Simak bahasan kali ini!


Belum lama ini, Indonesia sempat dikejutkan dengan jatuhnya pesawat terbang dari salah satu maskapai yang sudah cukup lama memegang predikat ‘maskapai nakal’. Korban yang tenggelam terus dicari, sampai salah satu tim SAR tersebut, juga mati saat menyelam.

Turut berduka bagi penyelam yang sudah mengabdikan hidupnya untuk menolong orang lain.

Terlepas dari hal tersebut, penyelam itu meregang nyawa dikarenakan oleh decompression sickness – keadaan medis ketika akumulasi nitrogen dalam tubuh selama menyelam menggelembung dan menyumbat aliran darah serta sistem saraf.

Para petualang dan penyelam, mengenal sickness tersebut dengan nama lain, yaitu Nitro Narcosis.

Sudah ada yang tahu apa itu Nitro Narcosis? Mengapa menjadi beban dan momok yang menakutkan untuk para penyelam. Padahal, setiap orang yang ingin menjadi penyelam, selalu mendapatkan sertifikasi dari ADS (Association of Diving School) yang menyatakan kalau lo siap dan layak untuk jadi penyelam.

Dalam sertifikasi tersebut, ada tingkatan atau predikat yang akan dimiliki oleh para penyelam, dan bisa selalu ditingkatkan mencapai level yang lebih tinggi. Itu artinya, semakin tinggi level dan predikat penyelamnya, semakin dipercaya untuk lo menyelam di manapun lo berada.

Berdasarkan situs familydiver.id – setidaknya ada 10 level dan predikat yang dikeluarkan secara resmi oleh organisasi atau akademis khusus untuk para penyelam.

Sebut saja seperti snorkel diver, basic diver, open water diver, advance diver, rescue diver, dive master, nitrox diver, reef check, scientific diver, dan instructor.

Sementara ini, advance diver dan rescue adalah tingkatan menyelam yang diperbolehkan untuk menyelam di berbagai spot eksotis di Indonesia. Namun, siapapun dia, tetap bisa terkena Nitro Narcosis.

Apa dan Mengapa Nitro Narcosis Bisa Terjadi?

Nitro Narcosis: Mengenal Lebih Dekat Musuh Utama dan Berbahaya Bagi Para Penyelam

Nitro Narcosis: Mengenal Lebih Dekat Musuh Utama dan Berbahaya Bagi Para Penyelam. credit photo: thoughtco.com

Andisa Shabrina dari situs hellosehat.com – dalam bahasannya, menyatakan kalau Nitro Narcosis adalah sebuah efek samping saat menyelam di kedalaman tertentu yang bisa berakibat fatal. Sebenarnya, apa sih Nitro Narcosis?

Nitro Narcosis, seperti yang sudah dijelaskan oleh Andisa, adalah sebuah kondisi tubuh yang membuat kesadaran hilang karena terbius oleh efek narkotika dari nitrogen dosis tinggi yang larut di dalam tubuh saat dan setelah menyelam.

Walau bisa menyerang penyelam yang masih di kedalaman yang dangkal, tapi resiko paling besar terkena Nitro Narcosis ini saat para penyelam sudah turun jauh lebih dari 20 meter. Kondisi ini, bisa menjadi lebih parah saat sudah sampai kedalaman 40 meter.

Oleh karena itu, 40 meter adalah batas aman untuk scuba diving.

Nitro Narcosis: Mengenal Lebih Dekat Musuh Utama dan Berbahaya Bagi Para Penyelam

Nitro Narcosis: Mengenal Lebih Dekat Musuh Utama dan Berbahaya Bagi Para Penyelam. credit photo: egypt-real.com

Mengapa Nitro Narcosis bisa terjadi? Seperti yang sudah dijelaskan di atas, nitrogen dosis tinggi sudah larut di dalam tubuh lo, yang akan menyebabkan kondisi pusing, euphoria, disorientasi (bingung dan linglung), kehilangan keseimbangan, dan respon yang melambat.

Jika dalam keadaan menyelam lo sudah mengalami gejala seperti itu, pastikan masih bisa mengingatkan diving buddy untuk menolong dan membantu lo berenang untuk sampai ke permukaan. Nah, nitro narcosis ini adalah alasan mengapa lo harus punya teman menyelam.

Natalie Gibb dari thoughtco.com – bahkan menyatakan kalau nitro narcosis adalah ‘rapture of the deep’. Artinya, kondisi ini bisa benar-benar serius dan bisa menyebabkan kematian jika tidak ditolong secara cepat dan tepat.

Natalie juga menjelaskan jika nitro narcosis bisa dilihat juga dari sikap emosional seorang penyelam. Jika ia terlihat sangat senang dan hampir tidak terkontrol, bisa jadi – ia tengah mengalami nitro narcosis. Hal tersebut bisa juga dilihat setelah mengekspresikan kesenangannya, lalu sesaat ia terlihat kebingungan.

Cukup sulit dan tricky untuk melihat apakah salah satu teman menyelam lo tengah mengalami nitro narcosis karena sickness ini mempunyai efek seperti mabuk. Cukup berbahaya jika si penderita nitro narcosis sudah tidak bisa melihat dengan jelas dengan kedua matanya.

Oleh karena itu, jelas batas penyelaman lah yang mesti diperhatikan. Hal ini disebabkan oleh nitro narcosis yang akan semakin besar resikonya jika lo menyelam lebih dalam.

Rekor Menyelam Paling Dalam!

Nitro Narcosis: Mengenal Lebih Dekat Musuh Utama dan Berbahaya Bagi Para Penyelam

Nitro Narcosis: Mengenal Lebih Dekat Musuh Utama dan Berbahaya Bagi Para Penyelam. credit photo: nbcnews.com

Elizabeth Palermo, menceritakan dalam tulisannya di livescience.com bahwa ada seseorang yang berhasil mencapai dan memecahkan rekor untuk menyelam paling dalam di kelas scuba diving. Ahmed Gabr, dengan berani untuk menyelam laut merah dengan peralatan standar penyelam.

Ia lakukan hanya dengan 12 menit dan akhirnya sampai di kedalaman 1.000 kaki atau sama dengan 305 meter. Dengan kedalaman tersebut, tentu ia sangat berpeluang besar untuk mengalami nitro narcosis. Namun, begitu ia sampai kedalaman tersebut, dengan perlahan ia naik ke permukaan untuk menghindari sickness tersebut.

Lalu, Bagaimana Cara Untuk Terhindar Dari Nitro Narcosis?

Nitro Narcosis: Mengenal Lebih Dekat Musuh Utama dan Berbahaya Bagi Para Penyelam

Nitro Narcosis: Mengenal Lebih Dekat Musuh Utama dan Berbahaya Bagi Para Penyelam. credit photo: divein.com

Dari kamus kesehatan dalam jaringan, menyatakan sama seperti penjelasan di atas – bahwa menghindari nitro narcosis yang cukup ampuh adalah terus mengetahui sudah sedalam apa lo menyelam. Jika sudah sampai 40 meter, baiknya lo kurangi tingkat kedalamannya dengan menyelam ke atas.

Kemudian, perhatikan bagaimana instruksi para penyelam senior bagaimana mereka secara taktis menghindari nitro narcosis tersebut. Lalu, menggunakan peralatan standar menyelam yang juga dikelola dengan baik – juga bisa menghindari lo dari nitro narcosis tersebut.

Adakah Sickness Lainnya Selain Nitro Narcosis?

Nitro Narcosis: Mengenal Lebih Dekat Musuh Utama dan Berbahaya Bagi Para Penyelam

Nitro Narcosis: Mengenal Lebih Dekat Musuh Utama dan Berbahaya Bagi Para Penyelam. credit photo: sudamalaresort.com

Nitro narcosis memang cukup berbahaya karena benar-benar bisa menyebabkan kematian jika tidak diperhatikan dengan detil. Perlu lo ketahui juga nih bro, kalau ternyata, ada lagi selain nitro narcosis yang mengancam diri lo saat menyelam.

Barotrauma, adalah salah satu sickness yang membayangi lo selain nitro narcosis. Barotrauma adalah di mana udara memenuhi hampir keseluruhan bagian di kepala lo seperti telinga, hidung, sampai gigi yang bahkan bisa menyebabkan ketidakseimbangan saat lo berada di dalam air.

Barotrauma bisa menyebabkan kegagalan pernafasan, penyumbatan di aliran arteri darah, bahkan – lebih parahnya lagi, bisa menyebabkan struk dan serangan jantung.

Oleh karena itu, pastikan benar-benar lo mengetahui sudah seberapa dalam lo menyelam dan pastikan lo tidak sendirian dalam penyelaman itu. Diving buddy benar-benar penting saat penyelaman. Dengan mereka, lo bisa menikmati keindahan alam bawah laut dengan aman.

Pastikan lo bisa saling membantu dengan diving buddy yang menemani lo saat menikmati keindahan alam bawah laut yang eksotis.

Jadi bagaimana nih bro? Sudah cukup jelas dengan nitro narcosis?

 

Feature Image - hellosehat.com


Please login to comment
2 COMMENTS
Ikbal maulana
December 14, 2018 at 6:49 PM

Diving memang cukup beresiko, thanks infonya


Juang Pratama
December 30, 2018 at 5:46 PM

nice article