DEC 13, 2018

5 Pilihan Gunung Dengan Jalur Pendakian Tersulit yang Ada di Indonesia!

Ingin melakukan pendakian berikutnya, namun ingin mendapatkan sebuah tantangan yang lebih? Coba deh untuk mendaki 5 gunung dengan jalur pendakian tersulit di Indonesia yang ada di bawah ini. Selamat mencoba bro!


Sebagai seorang pendaki, tentunya untuk bisa menaklukan sebuah gunung merupakan sebuah pencapaian yang sangat membanggakan. Tak heran apabila banyak dari para pendaki yang memiliki bucket list mengenai gunung-gunung yang ingin mereka taklukan. Nah, di Indonesia sendiri terdapat beberapa gunung yang memiliki jalur cukup sulit, bahkan banyak pula dari para pendaki yang tidak berhasil menaklukannya.

Memang bila membicarakan mengenai gunung yang sulit untuk didaki, Everest merupakan gunung yang selalu terlintas di kepala lo. Gunung tersebut memang terkenal sebagai gunung mematikan dengan keindahan yang menakjubkan. Namun lo enggak perlu kok untuk jauh-jauh ke luar negeri untuk mendapatkan keseruan mendaki gunung yang sulit.

Karena memang di Indonesia terdapat deretan gunung dengan keindahan alam serta memiliki kesulitan yang cukup menantang. Namun untuk selalu mengutamakan keselamatan lo ketika melakukan pendakian di gunung-gunung yang ada di Indonesia. Nah, daripada semakin penasaran, berikut beberapa pilihan gunung dengan jalur tersulit yang patut untuk lo taklukan di Indonesia.

Gunung dengan Jalur Tersulit di Indonesia – Gunung Cartensz

5 Pilihan Gunung Dengan Jalur Pendakian Tersulit yang Ada di Indonesia!

Pendakian ke Gunung Cartensz. Credit: /zonadamai.com

Sebagai salah satu gunung tertinggi yang ada di Indonesia, ternyata untuk bisa menaklukan Gunung Cartensz yang terletak di Papua ini memerlukan jam terbang yang tinggi beserta dengan peralatan yang lengkap. Tentunya untuk kepentingan keselamatan lo.

Dengan ketinggian yang mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut, banyak hal yang harus lo perhatikan terlebih dahulu sebelum melakukan pendakian di gunung ini. Mulai dari materi, tenaga, waktu hingga nyawa yang bisa menjadi taruhannya.

Belum lagi dengan faktor cuaca yang tidak bisa diprediksi membuat gunung ini menjadi salah satu gunung yang memiliki kesulitan cukup tinggi. Ditambah dengan medan terjal yang jarang sekali dikunjungi semakin membuat pendakian pun kian sulit. Tak heran apabila gunung ini pun dinobatkan sebagai guung dengan jalur pendakian paling ekstrim.

Gunung dengan Jalur Tersulit di Indonesia – Gunung Raung

5 Pilihan Gunung Dengan Jalur Pendakian Tersulit yang Ada di Indonesia!

Suasana di Gunung Raung. Credit: hipwee.com

Pilihan selanjutnya mengenai gunung yang memiliki jalur tersulit di Indonesia ialah Gunung Raung. Gunung yang terletak di tiga wilayah sekaligus yaitu Jember, Bondowoso dan Banyuwangi menjadikannya sebuah gunung yang selalu menarik perhatian para pendaki.

Dengan ketinggian yang mencapai 3.442 meter di atas permukaan laut ini bisa ditempuh dalam waktu 5 hari 4 malam. Sepanjang perjalanan lo akan dihadapkan dengan kondisi jalan yang cukup sulit, sehingga memerlukan jam terbang yang cukup tinggi.

Bahkan banyak yang beranggapan kalau ingin menaklukan gunung ini pun harus seorang pendaki yang senior. Jalan setapak yang akan lo lalui pun akan terdapat bebatuan terjal di tepi jurang. Pendaki juga harus menyiapkan peralatan pendakian untuk menyberangi jurang. Kembali lagi dikarenakan dengan kondisinya sulit, maka pendaki pemula tidak direkomendasikan untuk mendaki gunung ini.

Gunung dengan Jalur Tersulit di Indonesia – Gunung Leuser

5 Pilihan Gunung Dengan Jalur Pendakian Tersulit yang Ada di Indonesia!

Suasana Mendaki di Gunung Leuser. Credit: travelingyuk.com/

Gunung berikutnya yang patut untuk lo coba untuk taklukan ialah Gunung Leuser. Gunung yang terletak di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara ini memiliki jalur pendakian yang cukup sulit. Tak heran apabila banyak dari pendaki yang tertantang untuk mendakinya.

Kondisi medan yang ada di gunung ini pun tak jauh berbeda dengan Gunung Raung, sehingga dibutuhkannya pendaki dengan jam terbang yang tinggi untuk dapat mendaki atau menaklukan gunun ini. Bukan hanya itu saja banyak hal lainnya yang harus menjadi perhatian sebelum mendakinya.

Seperti peralatan yang bisa menopang keselamatan lo selama melaukan pendakian. Bukan hanya itu saja, selain dari jalurnya yang sulit, tatangan berikutnya yang akan lo hadapi ketika ingin melakukan pendakian di gunung ini ialah adanya binatang liar. Bukan hanya ular saja, namun kadang kali para pendaki akan menemui harimau hutan.

Gunung dengan Jalur Tersulit di Indonesia – Gunung Kerinci

5 Pilihan Gunung Dengan Jalur Pendakian Tersulit yang Ada di Indonesia!

Suasana Pendakian di Gunung Kerinci. Credit: batcaveminis.blogspot.com

Masih berasal dari kawasan Pulau Sumatera, namun kali ini tepat berada di kawasan Sumatera Selatan, gunung tersebut ialah Gunung Kerinci. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 3.805 meter di atas permukaan laut ini memang merupakan salah satu gunung tersulit yang ada di Indonesia.

Bukan hanya merupakan kondisi jalurnya saja, namun terdapat hal lainnya yang menjadi sebuah tantangan yang harus untuk lo taklukan. Tantangan tersebut ialah dengan masih berkeliarnya hean buas seperti harimau Sumatera.

Hewan ini pun sering berdiam diri di bawah tebing di ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut dan juga menyulitkan para pendaki. Belum lagi dengan udara yang dingin yang bisa membuat lo menggigil hingga kaku. Walaupun memiliki kondisi perjalanan yang cukup mengerikan, namun akan terbayar dengan pemandangan alam Kota Jambi, Padang dan Bengkulu yang indah.

Gunung dengan Jalur Tersulit di Indonesia – Gunung Bukit Raya

5 Pilihan Gunung Dengan Jalur Pendakian Tersulit yang Ada di Indonesia!

Suasana di Gunung Bukit Raya. Credit: /travelingyuk.com

Jangan menganggap remeh dengan kondisi alam yang ada di Bukit Raya, walaupun hanya memiliki ketinggian sekitar 2.278 meter di atas permukaan laut, namun kesulitan yang akan lo hadapi sama halnya apabila lo mendaki gunung dengan ketinggian 3.000 meter di atas permukaan laut loh.

Jalur pendakian yang akan lalui ketika melakukan pendakian ke Bukit Raya berupa hutan hujan tropis yang rapat, lumut, semak-semak dan tanah yang lembab. Banyak pohon yang tumbang, jadi lo harus selalu siap untuk memanjat dan merangkak.

Gunung Bukit Raya sendiri juga menyimpan banyak aliran-aliran sungai kecil. Kondisi hutan yang sangat rapat dan lembab menjadi sebuah tantangan tersendiri yang patut untuk lo taklukan. Dengan begitu, tentunya gunung ini harus masuk ke dalam bucket list lo berikutnya bukan?

Jadi bagaimana dengan informasi seputar gunung dengan jalur pendakian yang sulit? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo ketika ingin melakukan pendakian yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu mengutamakan keselamatan lo yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti bereksplorasi bro!

Source

 

 

Featured Image: blog.traveloka.com

 


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!