DEC 13, 2018

Beragam Keseruan yang Bisa Lo Dapatkan Ketika Berlibur Ke Pulau Buaya!

Di akhir tahun ini memang liburan keluar kota merupakan hal yang akan sangat seru sekali untuk bisa dilakukan. Sudah pernah mendengar Pulau Buaya? Pulau yang terdapat di kawasan Papua ini ternyata menyimpan keindahan alam beserta dengan keseruan lainnya yang bisa lo dapatkan. Enggak percaya? Lihat saja informasinya di bawah ini!


Buat lo yang ingin mendapatkan liburan yang sangat indah dengan pemandangan alamnya yang khas, tak ada salahnya untuk lo mencoba untuk menghampiri Pulau Buaya. Pulau yang terletak di kawasan Sorong ini menjadi sebuah gerbang masuk wisata bahari Raja Ampat. Tak heran apabila Sorong lebih tepatnya Pulau Buaya sering dijadikan tempat singgah para wisatawan.

Selain dari Pulau Buaya, di Sorong sendiri terdapat beberapa pilihan tempat wisata alam lainnya yang patut untuk lo kunjungi. Seperti Danau Ayamaru, Pulau Um dan Pantai Tanjung Kasuari. Namun Pulau Buaya memang merupakan salah satu kawasan yang banyak menarik perhatian. Hal itupun dikarenakan oleh keindahan alam yang memukau.

Bukan hanya itu saja, kawasan wisata alam ini pun memiliki titik lokasi yang mudah untuk dijangkau dan letaknya pun tak jauh dari Sorong. Tapi lo jangan mudah tertipu loh dengan nama yang tercantum di pulau ini. Bukan berarti kalau di dalam pulau ini terdapat banyak buaya, melainkan keindahan alam yang sangat memukau.

Untuk itu, di dalam artikel ini akan membahas mengenai beberapa fakta menarik seputar Pulau Buaya yang perlu untuk lo ketahui. Bukan hanya keindahan alamnya saja, namun banyak hal lainnya yang menjadikan pulau ini sebagai tempat yang cocok untuk lo menghabiskan waktu liburan lo.

Fakta Menarik Seputar Pulau Buaya – Asal Usul Nama Pulau Buaya

Suasana di Pulau Buaya. Credit: travelingpapua.wordpress.com

Mungkin banyak yang berasumsi kalau pulau ini mirip dengan Pulau Komodo yang ada di kawasan Nusa Tenggara Timur. Di mana kalau Pulau Komodo dihuni oleh banyak hewan komodo, sehingga pulau tersebut diberi nama Pulau Komodo.

Namun hal tersebut tidak berlaku terhadap Pulau Buaya ini yang berada di Sorrong. Pulau ini dinamakan Buaya karena dilihat dari bentuknya memang mirip dengan bentuk tubuh buaya, apalagi kalo lo melihatnya dari arah kota Sorong atau Pulau Doom, maka pulau ini benar-benar mirip dengan bentuk buaya.

Bentuk pulau ini pun mirip dari kepala buaya, leher buaya, badan buaya dan ekornya. Jadi ketika lo berlibur ke pulau ini pun tak perlu khawatir lagi terhadap kehadiran buaya. Melainkan lo akan mendapatkan sebuah keindahan alam yang memukau.

Fakta Menarik Seputar Pulau Buaya – Beragam Aktivitas yang Menarik

Suasana di Pulau Buaya. Credit: phinemo.com

Memang bila membicarakan mengenai keindahan alam yang ada sudah tak perlu untuk diragukan, karena memang pesona bahari yang ada di pulau tersebut pun sangatlah indah. Nah, selain dari pemandangan alamnya, ketika berada di Pulau Buaya lo bisa mendapatkan beragam aktivitas yang menarik.

Suasana di Pulau Buaya. Credit: phinemo.com

Aktivtias seperti bermain banana boat pun bisa menjadi salah satu hal yang bisa lo lakukan di sana. Memang aktivitas ini pun sudah tidak asing lagi apabila lo berlibur ke sebuah pantai, namun perbedaan yang akan lo dapatkan di Pulau Buaya ialah dengan suasana serta pesonanya yang berbeda.

Duduk berjejer ke belakang lima orang di atas boat berbentuk pisang, lalu ditarik dengan kecepatan tinggi merupakan sebauh keseruan yang akan lo dapatkan. Jika badan tidak seimbang dan tidak siap maka lo bisa jatuh sewaktu-waktu.

Selain dari banana boat, lo juga bisa melakukan aktivitas lainnya loh, yaitu bermain Donut Boat. Lo tidak akan menemukan banyak perbedaan antara Donut Boat dengan Banana Boat. Melainkan dari boat yang digunakan. Bilamana Banana Boat berbentuk pisang, Donut Boat sendiri berbentuk donat.

Perbedaan yang signifikan ialah dengan sensasinya, lo akan terpental-pental di atas ombak dengan kecepatan tinggi. Sesekali jika angin kencang lo bisa loh sedikit melayang di atas air. Tentunya bermain Donut Boat bisa menjadi sebuah aktivitas yang cocok untuk lo lakukan ketika berada di Pulau Buaya.

Ilustrasi Bermain ATV. Credit: quadbikingbali.com

Kalau misalkan lo sudah mencobai kedua aktivitas tersebut enggak ada salahnya loh untuk lo menaiki ATV yang tersedia di pinggir pantai. Karena aktivtias ini pun bisa menjadi sebuah kegiatan yang seru sekali untuk bisa lo lakukan.

Menikmati sepoi angina laut dan ombak yang berdebur pelan sambil berkendara ATV tentunya bisa menjadi hal yang menyenangkan dan dijamin akan membuat liburan lo lebih berwarna. Tentunya ketika sedang berlibur di Pulau Buaya jangan lupa untuk berseru-seruan dengan beraga aktivtias yang ada yaa.

Fakta Menarik Seputar Pulau Buaya – Mengadu Kesabaran dengan Memancing

Suasana Memancing di Pulau Buaya. Credit: batamfish.blogspot.com

Selain dari beberapa aktivitas yang sudah disebutkan, ternyata Pulau Buaya masih memiliki keseruan lainnya loh. Lo bisa memancing di salah satu kawasan pulau yang memiliki banyak ikan. Ini merupakan alasan yang kuat pula mengapa banyak dari warga asli Pulau Buaya yang bekerja sebagai nelayan.

Namun ada satu hal yang perlu untuk lo perhatikan, ialah untuk selalu membawa peralatan memancing lo sendiri. Karena di kawasan pulau ini sendiri belum ada penyewaan alat pancing. Akan lebih lengkap jika lo bisa membawa alat panggang lo sendiri. Sehingga setelah lo mendapatkan hasil pancingan, bisa langsung dibakar dan dinikmati di tepi pantai.

Fakta Menarik Seputar Pulau Buaya – Cara Menuju ke Lokasi

Suasana di Pulau Buaya. Credit: /omahcilik123.blogspot.com

Untuk lo bisa menginjakkan kaki lo di kawasan pulau ini, hal pertama yang harus lo lakukan ialah menuju ke Pelabuhan Sorong. Dari pelabuhan tersebut lo harus menyewa kapal nelayan, karena memang belum adanya jalur penyebrangan secara khusus untuk menuju ke pulau tersebut.

Biasanya harga sewa untuk satu kapalnya pun tak menentu, sekitar berkisar antara Rp 300.000. Lalu perjalanan dari Pelabuhan Sorong menuju Pulau Buaya sekitar 45 menit. Kalau lo mabuk akan laut, jangan lupa untuk membawa obat anti mabuk yaa.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Pulau Buaya di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo ketika sedang berkunjung ke sana. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari setiap tempat wisata yang ada. Semangat selalu dan jangan berhenti bereksplorasi!

Source

 

 

Featured Image: backpackerjakarta.com

 


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!