JAN 1, 2019

Pulau Sangiang, Spot Petualangan Kekinian - The Seven Wonders of Banten!

Pulau Sangiang benar-benar buat lo terngiang-ngiang! Wah tentu lo penasaran bagaimana keindahan alam yang ada di sana kan? Buat lo yang udah ga sabar, cek bahasan kali ini dulu bro!


Mau sweet escape ke tempat-tempat yang tidak biasa tapi tidak ingin jauh-jauh dari Jakarta? Tenang bro, buat lo para petualang yang berada di kota yang penuh dengan berbagai kegiatan ini, lo perlu tahu spot petualangan yang satu ini, nih!

Masuk ke dalam The Seven Wonders of Banten – Pulau Sangiang adalah spot petualangan kekinian yang mesti lo datangi, nih. Keberadaannya yang tidak jauh dari Jakarta membuat lo mesti atur jadwal lagi untuk bereksplorasi di spot petualangan ini.

Pulau Sangiang termasuk sebagai sebuah pesona yang tersembunyi dengan rapi, lho. Hal ini bisa dilihat dari seberapa banyak para petualang yang berhasil sampai ke sana. Berbatasan dengan perairan Sumatera secara langsung, membuat keindahan alam yang ada di sini boleh diadu dengan yang lain.

Duh, makin penasaran gimana keindahan alam yang ada di Pulau Sangiang? Mari, dibedah satu per satu!

Pulau Sangiang, Keindahan Alam Paling Lengkap

Pulau Sangiang, Spot Petualangan Kekinian - The Seven Wonders of Banten!

Pulau Sangiang, Spot Petualangan Kekinian - The Seven Wonders of Banten! credit photo: phinemo.com

Bagaimana tidak mau dikatakan keindahan alamnya yang paling lengkap, di Pulau Sangiang, mulai dari pemandangan bukit-bukit hijau serta tebing-tebing curam dan terjal, ditambah pantai serta lautan lepas yang luar biasa indah bisa lo nikmati dalam satu kedipan mata saja, nih.

Pulau Sangiang tadinya adalah sebuah cagar alam. Namun, pada tahun 1991 silam, spot petualangan ini akhirnya diresmikan sebagai salah satu wisata alam yang mempunyai luas 528,15 Ha. Cukup luas untuk trekking dan menyusuri tiap detil pulau ini, kan?

Segala keindahan alam yang ada di sini seakan dengan mudah menghipnotis pandangan para petualang. Bagaimana tidak, panorama pantai dengan pasir putih serta tebing-tebing curam dan terjal dan berbagai vegetasi hutan yang masih terjaga kealamiannya bisa dengan mudah lo nikmati di sini.

Dengan seluruh keadaannya yang seperti itu, tidak heran jika Pulau Sangiang dinobatkan sebagai salah satu The Seven Wonders of Banten.

Trekking di Pulau Sangiang

Pulau Sangiang, Spot Petualangan Kekinian - The Seven Wonders of Banten!

Pulau Sangiang, Spot Petualangan Kekinian - The Seven Wonders of Banten! credit photo: merahputih.com

Kebanyakan petualang yang datang ke sini biasanya menikmati segala panorama yang ada hanya dari ketinggian. Oleh karena itu, banyak yang petualang yang menikmati segala keindahannya dengan trekking di atas tebing-tebing terjal atau bukit-bukit hijau di Pulau Sangiang.

Beberapa jalur atau trek untuk trekking di Pulau Sangiang sudah terimplementasikan dengan baik. Namun, tetap saja lo perlu berhati-hati karena jalur trekking di sana cukup terkenal dengan bahayanya serta terjal dan licin.

Hijaunya hutan serta ombak yang menyapu garis Pantai Sangiang menjadi salah satu pemandangan magis yang bisa lo temui di sana. Makin penasaran bro sama keindahan alam yang ada di Pulau Sangiang?

Snorkeling dan Free Diving di Pulau Sangiang

Pulau Sangiang, Spot Petualangan Kekinian - The Seven Wonders of Banten!

Pulau Sangiang, Spot Petualangan Kekinian - The Seven Wonders of Banten! credit photo: tripsantai.com

Sama kurang lebih seperti destinasi lainnya, salah satu hal yang super menarik untuk dilakukan adalah Pulau Sangiang adalah snorkelling dan diving.

Pulau Sangiang di tepiannya lautannya, sudah dihuni langsung oleh berbagai biota laut dan terumbu karang serta koral yang berwarna-warni. Mudah ditemui di kedalaman yang masih cukup dangkal, ditambah, visibility yang masih bagus sehingga lo dengan mudah menemui berbagai biota laut tersebut.

Begitu juga dengan diving, masih berada di sekitaran Pulau Sangiang, Tanjung Raden adalah salah satu spot diving terbaik di sana. Bisa dikatakan seperti itu karena di sana ada spot kapal karam yang luar biasa indah.

Eksplorasi di Tempat-tempat Bersejarah di Pulau Sangiang

Pulau Sangiang, Spot Petualangan Kekinian - The Seven Wonders of Banten!

Pulau Sangiang, Spot Petualangan Kekinian - The Seven Wonders of Banten! credit photo: piknikasik.com

Banyak yang belum tahu kalau ternyata, Pulau Sangiang menjadi salah satu pulau dengan sisa-sisa peninggalan dari masa Perang Dunia II. Peninggalan tersebut berupa benteng pertahanan Jepang dan beberapa alat perang lainnya.

Namun, buat bisa menikmati sisa peninggalan ini, para petualang mesti mendapatkan izin dari pos TNI Angkatan Laut. Izinnya juga terbilang cukup sulit dan sangat ketat.

Berjalan menyusuri Pulau Sangiang seolah akan membawa lo ke dimensi yang lain. Hal ini bisa lo buktikan saat trekking di Gua Kelelawar yang konon merupakan tempat terbaik untuk para hiu menunggu kelelawar jatuh dan memangsanya.

Disinyalir ditinggali oleh banyak ikan-ikan besar, memancing di Pulau Sangiang adalah salah satu kegiatan yang seru, lho. Siapkan umpan-umpan terbaik lo dan sila nikmati tarikan ikan-ikan besar yang ada di Pulau Sangiang.

Let’s Go to Sangiang Island

Buat sampai ke Pulau Sangiang, lo yang tinggal di Jakarta, bisa memilai perjalanan dari Kampung Rambutan atau Slipi Jaya menggunakan bus yang menuju Cilegon. Butuh waktu sekitar dua jam perjalanan ke sana.

Setelah sampai di Pelabuhan Anyer, lo bisa menggunakan kapal berkapasitas 15 orang untuk sampai persis ke Pulau Sangiang. Sepanjang perjalanan, lo akan bertemu dengan ombak-ombak besar khas Selat Sunda, jadi buat lo yang suka mabuk laut, siap-siap bawa peralatan khusus seperti obat-obatan ya.

Wah bagaimana nih bro? Sudah siap untuk berpetualang ke Pulau Sangiang? Kalau iya, langsung saja nih lo persiapkan segalanya dan berangkat ke sana!

 

Source

Feature Image - indonesiakaya.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!