JAN 2, 2019

Ternyata 5 Hutan Hujan Tropis Ini Terbesar yang Ada di Dunia!

Selain di Indonesia, di dunia ini terdapat 5 hutan hujan tropis terbesar loh. Enggak percaya? Lihat saja informasinya di bawah ini!


Apakah lo sudah tahu kalau dseli dunia ini masih ada setidaknya 5 hutan hujan tropis yang menjadi jantung dunia? Yaap dikarenakan oleh semakin pesatnya perkembangan global warming, sehingga sudah saat kita sebagai manusia untuk terus menjaga ekosistem alam agar dunia ini selalu sehat bro. Sehingga dengan lo mengetahui hutan hujan tropis ini, setidaknya lo tahu ekosistem mana yang harus selalu lo jaga.

Hutan hujan tropis itu sendiri merupakan hutan yang terletak di daerah tropis yang selalu diguyur hujan sepanjang hari. Intesitas curah hujannya juga cukup tinggi yaitu 1.200 mm per tahunnya. Hutan ini pun memiliki rentang waktu musim kering sangat pendek, bahkan ada beberapa kawasan yang tidak pernah terkena musim kering loh.

Tak heran apabila hujan tropis ini selalu memiliki bentangan hijau yang luas serta segar. Bahkan sampai ada beberapa istilah yang muncul loh. Seperti hutan everwet yang memiliki arti kalau hutan tersebut selalu basah atau evergreen yang berarti kalau hutan tersebut selalu hijau. Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap beberapa pilihan hutan hujan tropis yang ada di dunia, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini.

Hutan Hujan Tropis yang Ada di Dunia – Daintree, Australia

Ternyata 5 Hutan Hujan Tropis Ini Terbesar yang Ada di Dunia!

Suasana di Daintree. Credit: cairnsattractions.com.au

Untuk pilihan pertama mengenai hutan hujan tropis yang ada di dunia, Australia menjadi tujuannya. Sebagai negara tetangga dari Indonesia, ternyata di negara yang terkenal kering ini memiliki hutan hujan tropis yang cukup menarik perhatian.

Hutan tersebut ialah Daintree, hutan hujan tropis ini memiliki beberapa spesies fauna yang beraneka ragam. 30% terdiri dari katak, berkantung dan reptil. Bukan hanya itu saja, masih ada jenis flora lainnya yang hidup di dalam hutan ini. Seperti kelelawar, kupu-kupu dan beberapa jenis burung.

Selain itu di hutan hujan tropis ini terdapat lebih dari 12.000 spesies serangga hidup di dalamnya. Ooo iyaa, perlu diketahui pula kalau hutan hujan tropis ini merupakan yang terbesar di dunia loh. Sehingga kalau lo ingin merasakan berpetualang di hutan hujan tropis yang luas, tentunya ini merupakan destinasi yang tepat buat lo.

Hutan Hujan Tropis yang Ada di Dunia – Ecuador’s Cloud Forest

Ternyata 5 Hutan Hujan Tropis Ini Terbesar yang Ada di Dunia!

Suasana di Ecuador's Cloud Forest. Credit: happygringo.com/

Berpindah ke kawasan Amerika Selatan, di sana lo bisa menemukan salah satu hutan hujan tropis yang memiliki bentangan hijau yang luas serta segar. Bahkan tingkat kesuburan di hutan hujan tropis ini sangat tinggi dan memiliki suhu yang dingin.

Hutan hujan tropis yang dimaksud ialah Ecuador’s Cloud Forest. Hutan yang terletak di kawasan Ekuador ini tentunya patut untuk lo kunjungi. Banyak jenis flora dan fauna yang beraneka ragam. Khusus untuk fauna, di kawasan hutan ini tidak memiliki jumlah mamalia yang banyak.

Perlu diketahui pula kalau hutan ini merupakan hutan hujan tropis terbesar kedua di dunia. Sehingga tak heran apabila banyak dari para petualang yang ingin sekali untuk datang ke kawasan ini.

Hutan Hujan Tropis yang Ada di Dunia – The Amazon Rainforest

Ternyata 5 Hutan Hujan Tropis Ini Terbesar yang Ada di Dunia!

Suasana di The Amazon Rainforest. Credit: .sciencemag.org

Selain terkenal dengan sungainya, ternyata Amazon juga memiliki hutan hujan tropis yang luas serta menarik perhatian. Hutan yang berada di kawasan Amerika Selatan ini juga terkenal dengan beragam jenis faunanya yang unik beserta dengan floranya yang tak kalah uniknya.

Perlu diketahui pula kalau hutan hujan ini dikelilingi oleh beberapa negara, seperti Brazil, Bolivia, Peru, Ekuador, Kolombia, Venezuela, Guyana dan Suriname. Hutan hujan tropis ini juga merupakan yang terluas ketiga yang ada di dunia loh. Oleh sebab itu tak heran apabila eksistensinya pun sudah mendunia.

Hutan Hujan Tropis yang Ada di Dunia – Alaska’s Rainforest

Ternyata 5 Hutan Hujan Tropis Ini Terbesar yang Ada di Dunia!

Suasana di Alaska's Rainforest. Credit: commons.wikimedia.org

Masih berada di kawasan Benua Amerika, terdapat sebuah hutan hujan tropis yang memiliki sebuah pemandangan yang indah. Tak heran apabila banyak terdapat flora yang ada di kawasan hutan ini pun yang cukup unik.

Flora yang ada di kawasan hutan ini ialah pohon cemara, hemlock, pohon cedar, lumut, bunga-bunga liar dan buah dari berbagai jenis yang ditemukan di kawasan ini. Hutan hujan tropis ini merupakan destinasi terbaik untuk lo para pecinta alam.

Sehingga jangan hanya kalau di Alaska lo hanya bisa mendapatkan pegunungan es yang terdiri dari bentangan putihnya saja, karena di kawasan ini masih terdapat keindahan alam lainnya yang patut untuk lo ketahui.

Hutan Hujan Tropis yang Ada di Dunia – Sapo National Park, Liberia

Ternyata 5 Hutan Hujan Tropis Ini Terbesar yang Ada di Dunia!

Suasana di Sapo National Park. Credit: youtube.com

Sebagai salah satu negara yang ada di Benua Afrika ini tentunya tak heran apabila memiliki keindahan alam yang memukau. Dapat terlihat dari hutan hujan tropis yang terdapat di dalamnya. Liberia sendiri memang memilki hutan hujan tropis yaitu Sapo National Park.

Kondisi dari Sapo National Park itu sendiri memang sedikit berbeda dengan hutan hujan tropis lainnya, karena memiliki tingkat kelembapan yang cukup tinggi. Bukan hanya itu saja, di dalam hutan ini juga terdapat spesies vegetasi yang unik.

Spesies vegetasi tersebut ialah choleras. Selain itu juga terdapat beragam jenis flora dan fauna yang cukup unik. Hutan ini pun merupakan hutan hujan tropis terbesar kelima yang ada di dunia. Sehingga, ketika lo berada di Liberia, jangan lupa untuk mampir ke Sapo National Park yaa.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar hutan hujan tropis yang ada di dunia? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo ketika lo ingin melihat hutan hujan tropis yang ada di dunia. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kelestarian dari ekosistem yang ada yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti bereksplorasi yaa!

Source

 

 

Featured Image: indrasmansamapin.blogspot.com/


Please login to comment
1 COMMENTS
Ikbal maulana
January 3, 2019 at 5:56 PM

Bro ? Bisa bantu kenapa verifikasi nomor ga berhasil ?