Ampuh Nih! 6 Strategi yang Mampu Untuk Menghilangkan Stress Ketika Travelling!

Ketika melakukan travelling memang rasa stress itu sendiri malah datang bukannya pergi. Namun tenang saja bro, ada nih 6 strategi yang bisa membuat lo jauh dari hal tersebut. Enggak percaya? Lihat saja informasinya di bawah ini!

Ampuh Nih! 6 Strategi yang Mampu Untuk Menghilangkan Stress Ketika Travelling!

Halo para travellers, melakukan perjalanan atau petualangan memang merupakan hal yang sangat menyenangkan bukan, apalagi kalau lo bisa menjangkau tempat atau kawasan yang sebelumnya belum pernah lo jamah. Namun dibalik semua itu, biasanya stress atau penat seringkali muncul bukan? Hal tersebut pun bisa diakibatkan oleh banyak faktor. Bukankah melakukan perjalanan atau petualangan bertujuan untuk menghilangkan stress?

Nah, untuk itu di dalam artikel ini akan membahas beberapa strategi jitu agar lo bisa terlepas dari rasa stress yang seringkali menghantui ketika lo melakukan kegiatan yang seharusnya jauh dari hal tersebut. Karena akan sangat disayangkan sekali apabila lo sudah tiba di tempat yang merupakan impian lo, namun lo masih merasakan keribetan seperti tali yang kusut.

Rasa stress itu sendiri bisa muncul dari beberapa faktor yang kadang terlupakan atau memang sengaja lo anggap enteng bro. Nah, daripada lo semakin penasaran, sebenarnya hal apa saja yang patut untuk lo lakukan agar rasa stress itu menjauh ketika sedang melakukan perjalanan atau petualangan, berikut beberapa strategi jitunya yang dapat membantu lo!

Strategi Menghilangkan Stress Ketika Travelling – Bawalah Barang Secukupnya

Ampuh Nih! 6 Strategi yang Mampu Untuk Menghilangkan Stress Ketika Travelling!

Suasana Travelling dengan Membawa Barang Secukupnya. Credit: practicalwanderlust.com

Ini merupakan salah satu strategi yang harus lo perhatikan sebelum melakukan travelling, karena bilamana lo membawa barang yang terlalu banyak, maka waktu bersenang-senang lo tersebut akan terasa berat serta ribet loh.

Dengan tidak membawa tas yang berukuran besar menjadi langkah awal yang tepat. Lalu kurangilah membawa barang-barang yang sekiranya tidak dibutuhkan ataupun yang sebenarnya sudah disediakan di setiap tempat penginapan. Contohnya seperti handuk, hairdryer dan sabun atau shampoo (opsional).

Lo juga enggak perlu untuk membawa uang tunai dengan jumlah yang banyak kok, karena semakin bannyak uang lo yang bawa tentunya akan ada banyak kemungkinan yang bisa membuat lo memiliki banyak pemikiran yang tidak penting. Sehingga, bawalah secukupnya yaa.

Ooo iyaa, jangan juga terlalu banyak membawa baju atau celana loh! Karena lo juga tidak perlu kok untuk mengganti pakaian lo setiap harinya. Dan selalu peka terhadap tempat laundry, lebih baik sih kalau lo bisa mendapatkan tempat laundry kiloan. Karena tentunya akan lebih murah bukan?

Strategi Menghilangkan Stress Ketika Travelling – Tak Perlu Banyak Rencana

Ampuh Nih! 6 Strategi yang Mampu Untuk Menghilangkan Stress Ketika Travelling!

Ilustrasi Perencanaan Travelling. Credit: zeepod.io

Selain dari barang-barang yang secukupnya, hal berikutnya yang patut untuk lo coba untuk menghilangkan rasa stress ialah hilangkan rencana-rencana yang banyak itu. Jangan banyak mau deh bro, karena biasanya semakin banyak kemauan lo, biasanya sih tidak akan terwujudkan. Malah nanti ujung-ujung hanya ada penyesalan.

Karena dengan perencanaan yang banyak, maka rasa stress itu biasanya muncul. Mulai dari bagaimana caranya agar bisa sampai di titik itu hingga terburu-buru kehilangan momen. Hal ini pun yang tentunya akan membuat lo kehilangan rasa santai serta tidak menikmati perjalanannya itu sendiri.

Namun tentu, tetaplah untuk merencanakan tujuan lo, namun fleksibilitas lebih diutamakan. Percaya atau tidak, sebenarnya lo tidak akan melihat atau menemuakan semua yang lo inginkan, namun cobalah untuk menikmati momen yang sudah ada.

Semakin sedikit rencana yang lo miliki, semakin lama juga lo akan betah untuk berada di titik tersebut dan semakin cepat pula lo pergi dari titik yang tidak lo sukai. Lebih membuka kepekaan terhadap satu titik juga menjadi sebuah hal yang patut untuk lo lakukan.

Strategi Menghilangkan Stress Ketika Travelling – Perlahan Sejenak

Ampuh Nih! 6 Strategi yang Mampu Untuk Menghilangkan Stress Ketika Travelling!

Suasana Travelling. Credit: dishats.com

Mungkin ini merupakan hal yang sedikit sulit bagi sebagian orang, karena lo patut untuk coba berhenti sejenak dan melihat keindahan-keindahan yang ada di sekeliling lo. Misalkan lo akan mengunjungi 5 destinasi namun lo harus melewatinya dengan jangka waktu 5 hari. Coba deh untuk melebihi jatah waktu lo di setiap destinasi lo tersebut.

Mungkin hal ini akan lo temukan buat lo para pekerja, oleh sebab itu sebelum melakukan perjalanan ada baiknya untuk mengambil cuti yang panjang. Bila tidak mendapat cuti yang panjang, kurangi saja destinasi yang akan lo kunjungi.

Dengan memiliki waktu yang banyak, tentunya lo bisa merasakan suasana atau momen yang lo inginkan. Lo bisa mendapatkan banyak kesempatan untuk bisa mengekplorasi tempat atau tujuan yang lo kunjungi. Hal ini juga bisa mengurangi tenaga lo loh, ketimbang harus pindah-pindah berbeda-beda lokasi dengan tempo yang cepat.

Strategi Menghilangkan Stress Ketika Travelling – Mengatasi Jet Lag

Ampuh Nih! 6 Strategi yang Mampu Untuk Menghilangkan Stress Ketika Travelling!

Ilustrasi Jet Lag. Credit: collective-evolution.com

Buat lo yang merencanakan liburan ke luar negeri, tentunya hal ini merupakan hal yang patut untuk lo perhatikan. Karena memang jet lag itu sendiri merupakan sebuah momok yang cukup membuat rasa stress itu datang. Mood lo tentunya menjadi hal yang paling mudah diserang apabila jet lag itu datang.

Ada beberapa cara yang bisa membuat jetlag itu hilang dengan sendirinya. Puasa bisa menjadi salah satu caranya, karena badan lo akan mudah untuk menyesuaikan dengan kawasan baru yang memiliki waktu yang berbeda jauh dengan cara satu ini. Seperti mengikuti waktu sarapan di tempat yang baru menjadi hal yang tepat untuk lo lakukan. Paling mudah ialah dengan tidak makan atau tidur ketika berada di dalam pesawat, bawa tidur aja bro!

Janganlah tidur ketika siang hari, hal ini juga bisa menjadi hal jitu yang bisa lo lakukan ketika ingin menghilangkan jet lag. Apabila lo tiba-tiba mengantuk pada siang hari, cobalah untuk olahraga hingga lo berkeringat. Tentunya akan membuat lo lebih segar dan jam tidur lo pun akan mengikuti dengan waktu dimana lo berada.

Strategi Menghilangkan Stress Ketika Travelling – Mengatasi Rasa Kesepian

Ampuh Nih! 6 Strategi yang Mampu Untuk Menghilangkan Stress Ketika Travelling!

Ilustrasi Kesepian Ketika Travelling. Credit: medium.com

Hal ini akan berlaku buat lo yang menjalani perjalanan atau petualangan lo sendiri. Memang rasa kesepian itu akan seringkali muncul apabila lo melakukan perjalanan lo. Namun hal tersebut pun bisa lo atasi dengan beberapa cara yang tentunya jitu.

Terkadang travelling itu sendiri akan menimbulkan emosi yang berbeda-beda, untuk itu jangan pernah menganggap kalau kesepian itu bukan merupakan sebuah fakta melainkan hanya perasaan lo saja. Dengan memiliki pemikiran seperti itu, rasa kesepian lo itu akan memudar.

Selain itu, cobalah untuk mengurangi jatah lo untuk melihat ke sosial media. Perlu diketahui pula terkadang sosial media itu sendiri bisa membuat lo FOMO (fear of missing out). Dari situlah terkadang rasa kesepian itu sendiri akan muncul.

Strategi Menghilangkan Stress Ketika Travelling – Selalu Nyalakan Handphone

Ampuh Nih! 6 Strategi yang Mampu Untuk Menghilangkan Stress Ketika Travelling!

Ilustrasi Traveller Sedang Menggunakan Handphone. Credit: gizmodo.com.au/

Bukan berarti handphone lo hanya untuk digunakan sosial media yaa bro, melainkan gunakanlah media elektronik yang sudah canggih tersebut dengan kegunaan lainnya yang mampu membantu lo dalam setiap perjalanan lo.

Aplikasi yang mampu memberikan lo jalan menuju ke sebuah tempat atau membantu lo untuk mengetahui bahasa-bahasa yang tidak lo pahami tentunya bisa menjadi pilar utama ketika lo melakukan perjalanan lo. Tentunya hal ini pun menjadi alasan mengapa handphone lo selalu dalam kondisi nyala.

Jadi bagaimana bro dengan beberapa strategi agar lo bisa menghilangkan stress ketika travelling? Semoga bisa berguna yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti bereksplorasi!

 

Featured Image: hostelworld.com

In Depth Beginner solo traveling solo backpacker
SHARE
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!