JAN 4, 2019

6 Cara Mudah Menghindari Jet Lag saat Traveling

Jet lag seringkali dialami wisatawan yang menempuh perjalanan panjang, khususnya dengan pesawat. Saat terkena jet lag, lo tidak bisa menjalankan kegiatan lo secara leluasa. Apa saja hal yang diperlukan untuk menghindari jet lag? Berikut adalah 6 cara mudah mengatasi jet lag ketika traveling. Silakan disimak ya bro! 


Saat melancong ke suatu negara, banyak wisatawan mengalami jet lag setelah melalui perjalanan panjang dengan pesawat. Jet lag tentu akan menghambat aktivitas lo sewaktu berlibur. Untuk mencegah jet lag, lo bisa menerapkan sejumlah cara khusus agar dapat tiba ke tempat tujuan dengan nyaman.  

Apa saja hal yang diperlukan untuk menghindari jet lag? Berikut adalah 6 cara mudah mengatasi jet lag ketika traveling. Silakan disimak ya bro! 

1. Mengatur Jadwal Kegiatan dengan Waktu Tempat Tujuan sebelum Pergi

6 Cara Mudah Menghindari Jet Lag saat Traveling

Menyesuaikan diri dengan waktu negara tujuan juga dapat menjadi trik jitu untuk menghindari kemungkinan jet lag. Apabila memungkinkan, lo disarankan mengerjakan aktivitas sesuai dengan waktu daerah yang dituju. Hal ini tentu hanya berlaku bila lo dipersilahkan menukar waktu.

Untuk mencegah jet lag, lo bisa mengerjakan kegiatan dengan jadwal yang berbeda. Misalnya seperti beristirahat di tempat tidur dengan waktu lebih awal atau lebih lambat. Lo juga bisa menerapkan cara ini dengan memulai aktivitas makan dengan waktu berbeda.

Meski terbilang sederhana, persiapan ini akan memudahkan lo untuk beradaptasi dengan negara tujuan. Dampaknya akan terasa begitu lo tiba di tempat tujuan. Menyesuaikan diri dengan waktu negara tujuan tentu bisa mengurangi risiko lo terkena jet lag.

2.  Menyantap Buah dan Sayuran

6 Cara Mudah Menghindari Jet Lag saat Traveling

Cara efektif lainnya yang bisa lo coba untuk menghindari jet lag adalah mengonsumsi buah-buahan. Kandungan serat, air, dan antioksidan buah-buahan dikatakan mampu menjauhkan lo dari kemungknan jet lag. Jadi, lo disarankan memakan buah- buahan sebelum mulai berangkat.

Contoh buah yang cocok disantap sebelum traveling adalah beri dan semangka. Selain buah, lo juga bisa mengonsumsi sayuran untuk meminimalisir risiko jet lag. Misalnya seperti selada dan seledri.

Dengan mencicipi buah dan sayuran, lo bisa menikmati liburan tanpa takut terkena jet lag. Makanan-makanan tersebut tentu cocok dijadikan camilan atau makanan penutup oleh para turis. Jadi, biasakan memakan sayur atau buah sebelum berwisata ya bro!

3. Berusaha Menjauhi Sisi Pesawat yang Terkena Matahari

6 Cara Mudah Menghindari Jet Lag saat Traveling

Menentukan posisi tempat duduk pesawat yang benar ternyata juga bisa menjauhkan lo dari risiko terkena jet lag. Caranya adalah memesan tempat duduk yang jauh dari jangkauan sinar matahari. Dengan memilih posisi ini, kemungkinan lo tertidur selama perjalanan akan terbuka lebar.

Cara ini tentu tidak selalu berhasil membuat para penumpang pesawat tertidur pulas. Ada juga orang yang masih terjaga meski sudah di tempat yang tidak terkena sinar matahari. Apabila masih tidak bisa tidur, lo dapat mengenakan penutup mata yang disediakan pesawat. Pen

Selain itu, masih ada cara lain yang cocok diterapkan bagi lo yang sulit tertidur pulas di pesawat. Lo bisa memasukkan kacamata hitam dalam tas sebelum memulai perjalanan. Kacamata ini tentu bisa memudahkan lo untuk terlelap dengan nyaman di pesawat.

4. Tidak Minum Kopi dan Alkohol

6 Cara Mudah Menghindari Jet Lag saat Traveling

Selama berada di pesawat, lo dianjurkan memilih minuman berupa air putih saja. Usahakan tidak mengonsumsi minuman seperti alkohol dan kopi. Hal ini juga berlaku ketika lo tiba di tempat wisata pada waktu pagi hari.

Lo sebaiknya mengurungkan niat untuk meneguk espresso atau minuman beralkohol.  Pasalnya, dua jenis minuman tersebut bakal menyulitkan perjalanan para wisatawan yang berniat melintasi benua. Kandungan kafein dalam kopi juga diketahui sulit dicerna oleh tubuh.

Tubuh manusia dikatakan baru bisa memproses kafein dalam kurun waktu 6 hingga 10 jam. Oleh sebab itu, lo disarankan cukup meminum air putih saja saat berada di pesawat. Apabila tertarik mengonsumsi minuman lainnya, lo bisa meminum teh chamomile agar dapat mudah tertidur.

5. Mengatur Waktu di Jam

6 Cara Mudah Menghindari Jet Lag saat Traveling

Jet lag juga dapat dilawan dengan mengatur waktu di jam tangan secara benar. Untuk meminimalisir jet lag, lo bisa menyesuaikan waktu di jam tangan atau ponsel di tempat yang dituju. Jadi, sebelum berangkat, pastikan jam lo sudah sesuai dengan waktu negara yang akan dikunjungi.

Strategi ini cukup efektif untuk membuat lo terbiasa dengan waktu negara tujuan. Usai menerapkan cara ini, lo akan lebih mudah untuk menjalankan rutinitas sehari-hari di negara lain. Jangan lupa mencoba cara ini ya bro!

6. Memakan Kuliner Khusus sebelum Tidur

6 Cara Mudah Menghindari Jet Lag saat Traveling

Agar tubuh dapat lebih mudah beristirahat, lo dianjurkan memilih kuliner tertentu saat waktu makan malam tiba. Beberapa makanan yang cocok dikonsumsi sebelum tidur di antaranya adalah nasi, pasta, kentang, dan lain-lain. Kandungan karbohidrat diketahui dapat membuat tidur lo menjadi lebih nyenyak dan nyaman.

Selain itu, ada juga camilan yang dipercaya dapat memudahkan lo untuk tidur. Contohnya seperti pisang, susu skim, dan buah ceri. Dengan mengonsumsi makanan-makanan ini, lo bisa meluangkan waktu untuk beristirahat selama berada di perjalanan.

Demikian 6 cara mudah untuk menghindari jet lag saat traveling. Strategi ini tentu bisa diterapkan apabila lo hendak berlibur ke luar benua. Jangan lupa untuk tetap berhati-hati saat traveling ya bro!

Source Source 2

Feature Image - westword.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!