JAN 5, 2019

7 Tips Membuat Itinerary Ini Mampu Membuat Perjalanan Lo Tidak Mudah Membosankan!

Sebagai seorang traveller, tentunya sudah tidak asing lagi dengan itinerary bukan? Yaap, sebuah panduan untuk lo bisa melaksanakan perjalanan lo sesuai dengan keinginan lo ini merupakan hal yang sangat penting. Nah, di dalam artikel ini akan membahas mengenai beberapa cara agar itinerary lo bisa membuat perjalanan lo tidak membosankan!


Memasuki tahun 2019 tentunya dengan semangat yang baru bukan? Nah, buat lo yang suka berpetualang ataupun travelling mengunjungi beberapa spot wisata yang belum pernah lo kunjungi merupakan sebuah hal yang harus dicapai. Tentunya ada banyak spot wisata baik di dalam maupun luar negeri yang memiliki keindahan serta daya tariknya yang memukau. Dan peran itinerary sangatlah penting di dalam setiap perjalanan lo.

Buat lo yang masih asing mengenai itinerary, merupakan daftar kegiatan serta estimasi budget yang akan dikeluarkan saat perjalanan. Di dalamnya pun tercantum daftar destinasi, jadwal per hari, akomodasi, trasportasi hingga keperluan lain-lainnya seperti belanja oleh-oleh.

Nah, di dalam artikel ini akan membahas seputar cara-cara atau tips agar itinerary yang kelak akan lo bawa ketika melakukan perjalanan akan lebih efisien serta efektif. Daripada lo semakin penasaran terhadap cara-cara agar lo lebih mudah menggunakan itinerary itu, simak saja beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa berguna agar perjalanan lo bisa berjalan mulus sesuai dengan keinginan lo.

Tips Membuat Itinerary Untuk Perjalanan Lo – Rencanakan Jauh-Jauh Hari

7 Tips Membuat Itinerary Ini Mampu Membuat  Perjalanan Lo Tidak Mudah Membosankan!

Ilustrasi Pemilihan Tujuan. Credit: byrslf.co

Untuk destinasi yang cukup besar, contoh misalkan mau ke Raja Ampat atau destinasi yang ada di luar negeri, tentunya lo perlu perencanaan yang matang. Sehingga memikirkannya dari jauh-jauh hari merupakan hal yang sangat tepat untuk lo bisa lakukan.

Kurang lebih lakukan terlebih dahulu riset selama setahun mengenai tempat atau tujuan lo. Mulai dari cari tempat penginapan yang ada dan sesuai dengan budget lo, hingga waktu yang paling tepat untuk datang ke sana. Hal ini pun juga akan membuat perjalanan lo lebih tertata dan efisien tentunya.

Tips Membuat Itinerary Untuk Perjalanan Lo – Dinamika Perjalanan

7 Tips Membuat Itinerary Ini Mampu Membuat  Perjalanan Lo Tidak Mudah Membosankan!

Suasana Travelling. Credit: theworldorbust.com

Tentunya agar perjalanan lo tidak membosankan perlu diperhatikan pula dinamikanya. Yaap, jadi mulailah perjalanan lo dari sebuah hal yang biasa-biasa saja. Seperti teori bawang, mulainya segala sesuatunya dari permukaan baru pada akhirnya masuk ke dalam intinya.

Misalkan apabila lo berencana untuk berkunjung ke Candi Borobudur, maka kunjungilah terlebih dahulu kawasan wisata yang ada di sekitar candi tersebut baru pada akhirnya masuk ke dalam candi tersebut. Pada intinya selalu akhiri perjalanan lo dengan sesuatu yang selalu akan membekas di dalam kehidupan lo.

Tips Membuat Itinerary Untuk Perjalanan Lo – Agar Tidak Membosankan

7 Tips Membuat Itinerary Ini Mampu Membuat  Perjalanan Lo Tidak Mudah Membosankan!

Suasana Travelling. Credit: tangerine.ca

Permasalahan yang sering ditemukan apabila lo melakukan sebuah perjalanan ialah rasa bosan yang selalu menghantui. Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk mensiasati hal ini agar tidak terjadi. Jangan menaruh kegiatan atau aktivitas yang sama di dalam satu hari.

Itu merupakan sebuah siasat yang paling ampuh agar waktu perjalanan lo itu tidak membosankan. Misalkan dalam satu hari lo bisa menaruh dua hingga 3 destinasi yang berbeda-beda. Dengan begitu maka waktu perjalanan lo itu akan lebih berwarna.

Karena memang bila rasa bosan itu tiba, maka perjalanan lo akan berubah menjadi hal yang tidak mengenakan. Bahkan seringkali rasa bosan juga mendatangkan rasa penat yang seharusnya lo hindarkan ketika melakukan sebuah perjalanan.

Tips Membuat Itinerary Untuk Perjalanan Lo – Temukan Sebuah Festival

7 Tips Membuat Itinerary Ini Mampu Membuat  Perjalanan Lo Tidak Mudah Membosankan!

Suasana Festival. Credit: thekpmag.com

Satu hal yang kelihatannya tidak terlalu penting, namun bisa menambah keseruan perjalanan lo ialah dengan adanya sebuah festival. Yaap, dari setiap tempat tujuan atau destinasi lo, biasanya akan ada sebuah festival yang seru. Hal ini pun sebagai sebuah bumbu agar perjalanan lo itu lebih seru dan berwarna.

Apalagi kalau perjalanan lo akan memakan waktu sekitar 1 minggu atau lebih, tentunya datang ke sebuah festival menjadi sebuah solusi yang tepat untuk menghindari rasa bosan. Sehingga masukkan ke dalam itinerary lo mengenai festival yang kelak akan ada di tempat atau tujuan lo.

Tips Membuat Itinerary Untuk Perjalanan Lo – Atur Jadwal Istirahat

7 Tips Membuat Itinerary Ini Mampu Membuat  Perjalanan Lo Tidak Mudah Membosankan!

Ilustrasi Istirahat Sembari Travelling. Credit: travelandleisure.com/

Kadang rasa senang ketika melakukan perjalanan membuat lo lupa akan istirahat. Namun, sebenarnya istirahat itu sendiri merupakan hal yang mampu membuat perjalanan lo lebih seru loh. Karena lo akan selalu terpenuhi dengan tenaga.

Perjalanan yang terlalu padat juga bisa membuat lo merasa cepat bosan dan lelah. Sehingga disarankan apabila lo sudah padat ketika pagi hari, maka bersantailah ketika sore hari. Misalkan pada saat pagi hari lo datang ke museum, nah ketika sore harinya lo tinggal hanya bersantai di pinggir pantai saja.

Tips Membuat Itinerary Untuk Perjalanan Lo – Gunakanlah Transportasi Umum

7 Tips Membuat Itinerary Ini Mampu Membuat  Perjalanan Lo Tidak Mudah Membosankan!

Ilustrasi Transportasi Umum. Credit: nrctransportation.org

Bila di tempat tujuan atau destinasi lo terdapat fasilitas transportasi umum, tentunya jangan lupa untuk menggunakannya yaa. Bukan hanya sekedar hanya untuk menekan pengeluaran lo, namun ketika lo menggunakan transpotasi umum maka akan banyak cerita atau momen yang akan lo dapatkan.

Secara tidak langsung lo juga bisa mempelajari bagaimana masyarakat lokal menjalani kehidupan keseharian mereka. Bukan hanya itu saja, menggunakan transportasi umum juga bisa menghilangkan rasa bosan lo loh.

Tips Membuat Itinerary Untuk Perjalanan Lo -  Jangan Lupa Untuk Berbaur

7 Tips Membuat Itinerary Ini Mampu Membuat  Perjalanan Lo Tidak Mudah Membosankan!

llustrasi Travelling. Credit: smartertravel.com

Apabila lo melakukan perjalanan lo sendiri, tentunya satu hal yang jangan sampai terlupakan ialah berbaur dengan masyarakat sekitar. Namun selalu diingat untuk selalu mengutamakan keamanan lo yaa. Misalkan ketika lo berada di dalam bis, cobalah untuk ngobrol dengan sesama penumpang.

Hal ini pun juga akan menambah pertemanan lo serta kalau lo beruntung bisa pula membuat waktu liburan atau perjalanan lo lebih berwarna serta mudah. Misalkan kalau tiba-tiba dapat tempat penginapan yang gratis, tentunya merupakan hal yang menguntungkan bukan?

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar tips untuk membuat itinerary lo? Semoga bisa menjadi panduan lo ketika ingin melakukan perjalanan serta ingin membuat itinerary yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu bersemangat dan jangan berhenti bereksplorasi!

Source

 

 

Featured Image: byrslf.co/

 


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!