JAN 7, 2019

Ternyata 5 Spot Wisata di Sumatera Barat Ini Patut Untuk Lo Kunjungi Nih Bro!

Berkunjung ke Sumatera Barat, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa spot wisata yang ada di bawah ini yaa. Karena lo akan menemukan banyak momen indah dibalik keindahan dari spot-spot tersebut. Penasaran? Langsung simak saja informasinya yaa!


Pulau Sumatera merupakan salah pulau yang terbesar di dunia, bukan hanya itu saja di dalam kawasan pulau tersebut juga memiliki beragam spot wisata yang mampu membuat petualangan lo lebih berwarna. Sumatera Barat merupakan kawasan yang tepat untuk lo kunjungi jika ingin mencari spot-spot tersebut. Selain terkeanal akan kuliner serta budayanya, provinsi yang juga terkenal dengan suku Minangkabaunya itu memang patut menjadi destinasi lo berikutnya.

Potensi alam yang ada di Sumatera Barat sendiri memang patut untuk diacungi jempol. Banyak spot yang menyimpan beragam keindahan alam, seperti pegunungan yang indah, perbukitan hingga pantainya yang asri. Bahkan sudah banyak wisatawan baik dari luar maupun dalam negeri yang sudah mengeksplorasi keindahan yang ada di kawasan ini.

Sebagai penghasil rendang, ketika lo berkunjung ke Sumatera Barat akan ada berbagai pilihan tempat wisata yang patut untuk lo kunjungi. Daripada lo semakin penasaran terhadap pilihan-pilihan tersebut, simak saja beberapa informasi di bawah ini agar rasa penasaran lo hilang dan semoga bisa menjadi panduan lo ketika berkunjung ke sana yaa.

Spot Wisata di Sumatera Barat – Puncak Langkisau

Keindahan dari Puncak Langkisau. Credit: kamerabudaya.com

Ketika lo sudah merencanakan untuk memulai petualangan lo ke Sumatera Barat, maka tak ada salahnya untuk mampir ke kawasan Pesisir Selatan. Karena di kawasan tersebut keindahan alam sudah menanti serta akan banyak hal-hal atau momen indah bisa lo dapatkan di sana.

Puncak Langkisau atau biasa juga disebut Bukit Langkisau ini bisa memberikan sebuah pemandangan indah dari ketinggian. Bukan hanya itu saja, kawasan wisata ini juga bisa membuat lo terbang dengan aktivitas paralayang serta flying fox yang ada.

Bahkan ketika sore hari lo bisa menikmati keindahan laut yang menguning karena memang pemandangan matahari terbenam di kawasan ini pun tak kalah indahnya. Buat lo yang memiliki hobi fotografi, tentunya ini merupakan momen yang patut untuk lo abadikan.

Spot Wisata di Sumatera Barat – Pantai Carocok Painan

Suasana di Pantaai Carocok Painan. Credit: /piknikasik.com

Ketika lo sudah puas untuk melihat keindahan alam yang ada di Puncak Langkisau, tentunya Pantai Carocok merupakan destinasi wisata alam berikutnya yang patut untuk lo kunjungi. Karena memang pantai ini pun memilki pemandangannya yang elok.

Pantai ini pun memiliki jarak yang tidak begitu jauh dari Puncak Langkisau, sehingga akan sangat disayangkan apabila lo sudah berada di puncak tersebut namun tidak berkunjung ke pantai ini. Di kawasan Pantai Carocok Painan terdapat beragam permainan yang menantang seperti jetski, banana boat, flying fox dan permaianan menantang lainnya.

Untuk bisa mencapai pantai ini pun dari Kota Padang, lo harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam. Kawasan ini pun berhadapan langsung dengan 2 buah pulau yaitu Pulau Kereta dan Pulau Cingkuak, dari melihat dari kejauhan juga tampak Pulau Semangki dengan pemandangan yang pantainya yang putih beserta dengan kondisi airnya yang bersih.

Spot Wisata di Sumatera Barat – Lembah Anai

Suasana di Lembah Anai. Credit: airport.id

Satu spot wisata alam yang tidak boleh lo lewatkan ketika berada di Sumatera Barat ialah Lembah Anai. Buat lo yang suka dengan air terjun yang indah beserta sangat menyegarkan, tentunya kawasan ini merupakan destinasi yang tepat buat lo.

Objek wisata yang selalu ramai dikunjungi ketika akhir pekan ini, memang merupakan tempat wisata favorit bagi para masyarakat sekitar maupun wisatawan. Lokasinya berada di tepi jalan lintas Padang-Padang (Bukit Tinggi), oleh sebab itu tak heran apabila kawasan wisata ini sangat mudah sekali untuk dijangkau.

Air terjun dengan ketinggian sekitar 40 meter ini memiliki airnya yang sangat jernih berserta dengan hawa atau suhunya yang dingin. Di kawasan wisata ala mini lo bisa mandi-mandi, bahkan buat lo yang bisa berenang , lo bisa berenang ke bagian tengahnya karena memang kedalaman airnya pun cukp dalam.

Untuk masuk ke dalam kawasan wisata ini pun akan dikenakan biaya sekitar Rp 2.000 hingga Rp 3.000. Di sekitar lokasi wisata ini juga terdapat banyak penjual makanan ringan sampai menu untuk makan sian loh. Sehingga lo sudah tidak perlu khawatir lagi ketika perut lo lapar selepas melakukan aktivitas di Lembah Anai.

Spot Wisata di Sumatera Barat – Istana Pagaruyung

Suasana di Istana Pagaruyung. Credit: id.wikipedia.org

Berkunjung ke Sumatera Barat kurang rasanya apabila lo tidak menikmati keindahan budayanya yang ada. Salah satu caranya ialah mengunjungi Istana Pagaruyung. Sumatera Barat sendiri memang terkenal dengan masyarakatnya yang masih menjaga dan menjunjung tinggi nilai budayanya.

Istana Pagaruyung atau Istano Basa merupakan destinasi yang tepat buat lo, kenapa? Karena di sana lo bisa melihat nilai-nilai sejarah yang sangat kental sekali serta banyak barang-barang peninggalan kerajaan yang masih terpelihara dengan baik.

Terletak di kecamatan Tanjung Emas, kota Batusangkar, kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, Pagaruyung sendiri merupakan lokasi kediaman Raja Minangkabau sebagai pusat pemerintahan. Sekarang rumah gadang yang ada di sana merupakan replica dari aslinya dengan lukisan dinding luar dan atap yang menjulang berbentuk tanduk kerbau.

Spot Wisata di Sumatera Barat – Danau Singkarak

Suasana di Danau Singkarak. Credit: kemanaajaboleeh.com

Selanjutnya spot wisata yang patut untuk lo kunjungi ketika berada di Sumatera Barat ialah Danau Singkarak. Danau dengan luas sekitar 107,8 km2 ini memang memiliki sejuta potensi yang bisa dikembangkan. Salah satunya ialah pembangkit listrik.

Bahkan di kawasan danau ini pun sering diadakan pagelaran satu kali dalam dua tahun, yaitu tour de singkarak. Pesepeda dari berbagai negara pun ikut serta dalam festival internasional ini. Selain luas, ternyata danau ini juga sangat dalam. Sehingga banyak jenis ikan yang hidup di dalamnya.

Konon katanya danau ini pun terus bergerak dan bertambah luas. Para agli pun menduga kalau danau ini awalnya memiliki panjang sekitar 3 km. Karena pergeseran, perlahan-lahan panjang dari danau ini menjadi 8 km, kemudian 13 km dan sekarang sudah mencapai 23 km.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar spot wisata yang ada di Sumatera Barat? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti bereksplorasi!

Source

 

 

Featured Image: 


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!