JAN 8, 2019

Berniat Diving Bareng Hiu? Simak 5 Tips Ini Dulu Ya Bro!

Sebelum memulai diving di perairan yang dihuni hiu, ada baiknya lo mempersiapkan sejumlah hal penting. Tujuannya tidak lain adalah untuk menjaga keselamatan lo saat diving. Pokoknya, keamanan tetap harus jadi prioritas utama deh bro!


Diving bersama hiu bisa jadi kegiatan menarik yang lo lakukan untuk mengisi waktu liburan. Aktivitas ini tentu sangat cocok dilakukan bagi penyelam yang tertarik melakukan diving dengan sensasi berbeda. Adrenalin lo tentu akan terpacu begitu melihat hiu berenang di sekitar tubuh. Mantap sekali, bukan?

Sebelum memulai diving di perairan yang dihuni hiu, ada baiknya lo mempersiapkan sejumlah penting.Tujuannya tidak lain adalah untuk menjaga keselamatan lo saat diving. Pokoknya, keamanan tetap harus jadi prioritas utama deh bro!

Hal apa sajakah yang harus dilakukan saat diving bersama hiu? Berikut adalah 5 tips yang sebaiknya lo lakukan saat diving bersama hiu. Silakan disimak ya bro!

1. Bersikap Tenang dan Tidak Panik

Berniat Diving Bareng Hiu? Simak 5 Tips Ini Dulu Ya Bro! Photo Credit: twitter.com/suzanne_ormond

Hal pertama yang harus lo lakukan saat diving bersama hiu adalah menunjukkan sikap tenang. Tindakan ini diketahui dapat menjauhkan lo dari berbagai macam bahaya dan kemungkinan buruk. Menurut Koordinator Bidang Monitoring dan Evaluasi The Nature Conservancy Raja Ampat Awaludinnoer, penyelam sebaiknya tidak bertingkah panik ketika berjumpa hiu di bawah laut.

Memperlihatkan sikap panik di dekat hiu dipercaya dapat memperbesar kemungkinan lo mendapat hal buruk. Ketika penyelam dilanda kepanikan, hiu bisa saja mengeluarkan reaksi tak terduga. Hal tersebut tentu dapat mengancam keselamatan penyelam.

Oleh sebab itu, lo disarankan menunjukkan sikap tenang dan tidak panik apabila berjumpa dengan predator ini di bawah laut. Dengan begitu, lo akan terhindar dari bahaya yang mengintai setiap waktu di sana. Pokoknya, tetap berusaha tenang ketika menyelam ya bro!

2. Tidak Menunjukkan Gerakan yang Memancing Perhatian Hiu

Berniat Diving Bareng Hiu? Simak 5 Tips Ini Dulu Ya Bro! Photo Credit: rwsentosa.com

Awaludinnoer juga menyarankan para penyelam untuk tidak mempercepat gerakan kaki saat memakai fin. Pasalnya, hal ini dapat membuat banyak percikan air sehingga dapat memancing perhatian hiu. Cukup berbahaya bukan, bro?

Menurut Awaludinnoer, penyelam sebaiknya menunjukkan gerakan yang tidak menarik perhatian hiu. Apabila perhatian hiu telah teralihkan ke suatu hal, hewan tersebut biasanya akan mulai mengikuti objek tersebut. Hal ini tentu saja dapat membahayakan keselamatan penyelam.

Apabila lo membuat percikan air berlebihan, hiu bisa saja menduga gerakan tersebut diciptakan oleh ikan kecil. Oleh sebab itu, para penyelam dianjurkan tidak mempercepat gerakan kaki saat diving agar tidak memancing perhatian hiu. Pokoknya, jangan menampilkan gerakan berlebihan saat diving di kawasan perairan hiu deh bro!

3. Menjadikan Karang untuk Tempat Berlindung

Berniat Diving Bareng Hiu? Simak 5 Tips Ini Dulu Ya Bro! Photo Credit: stocksy.com

Apabila dihadapkan pada situasi darurat di bawah laut, lo bisa menggunakan terumbu karang sebagai tempat berlindung. Ketika hiu mendekat, lo bisa menepi ke karang berukuran besar untuk menemukan tempat aman. Dengan begitu, hewan tersebut dapat berenang melewati lo tanpa mengeluarkan gerakan agresif.

Saat mencoba trik ini, pastikan karang yang ingin dipakai tempat berlindung memiliki ukuran cukup besar. Dengan demikian, lo bisa berlindung dari hiu dengan merapat ke arah karang tersebut. Ketika menerapkan hal ini, lo juga tidak boleh lupa untuk menjaga kelestarian terumbu karang di sekitar. Jadi, usahakan kaki lo tidak merusak karang yang dijadikan tempat berlindung. Oke, bro?

4. Tidak Tergesa-Gesa Naik ke Permukaan Laut

Berniat Diving Bareng Hiu? Simak 5 Tips Ini Dulu Ya Bro! Photo Credit: travelingyuk.com

Trik jitu lainnya untuk menghindari bahaya saat diving bersama hiu adalah tidak tergesa-gesa berenang ke permukaan laut. Apabila melihat hiu di bawah laut, lo sebaiknya tidak terburu-buru kembali ke atas demi alasan keamanan. Selain itu, alasan lainnya yang membuat hal ini sebaiknya tidak dilakukan penyelam adalah membahayakan kesehatan.

Biasanya, penyelam dapat bertemu dengan hiu di kedalaman laut lebih dari 10 meter. Apabila penyelam langsung naik ke permukaan, mereka berisiko terkena penyakit dekompresi. Bagi lo yang belum tahu, dekompresi merupakan penyakit yang sering diderita penyelam akibat meningkatnya gelembung udara dalam tubuh.

Peningkatan gelembung udara ini nantinya menghambat aliran darah serta sistem syaraf penyelam usai melakukan diving. Gejala penyakit ini dapat dikatakan mirip dengan stroke. Contohnya seperti mati rasa atau hilang kesadaran. Oleh sebab itu, lo disarankan tidak langsung naik ke atas permukaan apabila melihat hiu.

5. Tidak Menganggu Aktivitas Hiu

Berniat Diving Bareng Hiu? Simak 5 Tips Ini Dulu Ya Bro! Photo Credit: xray-mag.com

Saat diving bersama hiu, penyelam sepatutnya tidak menggangu aktivitas mereka. Pastikan lo menunjukkan sikap tenang saat berada di sekitar hiu. Lo seharusnya memberi kebebasan kepada mereka untuk berenang.

Jadi, lo disarankan tidak melakukan tindakan yang dapat menganggu ketenteraman para hiu. Mengamati aktivitas para hiu dari dekat nampaknya sudah cukup bagi para penyelam untuk mendapatkan pengalaman diving berkesan. Pokoknya, jangan sampai aktivitas diving lo memancing perhatian para hiu.  Hal ini ditakutkan dapat membuat lo terjerumus ke dalam bahaya.

Demikian 5 tips yang patut dicermati sebelum memulai aksi diving bersama hiu. Semoga informasi ini bermanfaat buat lo yang berencana diving di kawasan perairan yang dihuni hiu. Menyelam bersama hiu tidak hanya menawarkan sensasi mendebarkan, melainkan juga dapat membuat lo untuk mengenal hewan ini secara lebih dekat. Jangan lupa berhati-hati saat mencobanya ya bro!

Source

Feature Image - stocksy.com


Please login to comment
NO COMMENT YET, BE THE FIRST!