JAN 9, 2019

5 Fakta Mengenai Tirta Empul, Kuil yang Memiliki Kekuatan Magis serta Keindahan yang Memukau!

Tirta Empul merupakan salah satu kuil di Bali yang menyimpan banyak keindahan, tak heran apabila eksistensi dari kuil ini pun cukup dikenal. Penasaran mengenai fakta-fakta menarik dari kuil ini? Simak saja informasinya di bawah ini!


Berlibur di Bali merupakan sebuah hal yang paling sering sekali muncul di benak lo bukan? Yaap, tak bisa dipungkiri memang di kawasan Pulau Dewata ini menyimpan beragam spot destinasi wisata yang indah. Baik dari pemandangan alam hingga budayanya pun, Pulau Bali memang jagoannya. Mau dari pegunungan hingga pantai pun bisa lo dapatkan di sana. Namun apakah lo sudah tahu kalau kuil di pulau ini pun juga mampu menarik perhatian?

Yaap, salah satu kuil yang patut untuk dikunjungi ketika lo berada di Bali ialah Tirta Empul. Kuil ini pun meruapakan yang terbesar serta tersibuk di Bali loh. Kurang lebih kuil ini ditemukan pada tahun 926 sebelum masehi dan didedikasikan untuk Dewa Wisnu.

Nah, selain dari fakta tersebut, masih banyak lagi fakta menarik seputar Tirta Empul yang perlu untuk lo ketahui. Kuil yang memiliki bentuknya unik serta suasananya yang asri, membuatnya seringkali dipadati oleh para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Daripada lo semakin penasaran terhadap fakta seputar kuil ini, berikut beberapa informasinya.

Fakta Seputar Tirta Empul – Istana Kepresidenan

5 Fakta Mengenai Tirta Empul, Kuil yang Memiliki Kekuatan Magis serta Keindahan yang Memukau!

Suasana di Istana Tampak Siring. Credit: 1001wisata.com

Terdapat sebuah nilai lebih apabila lo berkunjung ke Tirta Empul nih bro, selain dari menikmati keindahan yang ada, lo juga bisa melihat istana Tampak Siring dari jarak dekat. Istana ini merupakan istana kepresidenan yang dibangun sejak Indonesia merdeka.

Tepat pada tahun 1954, istana tersebut pun dibuat untuk Presiden pertama Indonesia yaitu Soekarno. Namun sekarang istana ini digunakan sebagai tempat untuk menerima tamu-tamu negara. Namun tenang saja, lo bisa bebas kok untuk berkeliling di kawasan Tirta Empul asalkan selalu menjaga kebersihan yaa.

Fakta Seputar Tirta Empul – Kuil Air yang Suci

5 Fakta Mengenai Tirta Empul, Kuil yang Memiliki Kekuatan Magis serta Keindahan yang Memukau!

Suasana di Tirta Empul. Credit: balidirections.com

Tirta Empul memang merupakan kuil air yang suci, tak heran apabila banyak dari para masyarakat sekitar yang memenuhi kawasan kuil ini. Memerlukan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam untuk bisa mengelilingi seluruh bagian kuil ini.

Selain itu terdapat 4 bagian utama di dalam kuil ini, setelah lo sudah membayar di pintu masuk dari kuil ini lo akan melewati batu besar yang merupakan pintu menuju ke halaman tengah dari kuil ini, kawasan itu biasa juga disebut Jaba Pura.

Jaba Pura sendiri memiliki ruangan terbuka yang cukup luas dan terdapat juga tiga sudut atau bagian yang terbuat dari dinding batu dengan ukuran besar. Lalu di bagian kanan dari Jaba Pura juga terdapat paviliyun besar yang sangat nyaman.

Biasanya di halaman tengah ini lo akan menemukan banyak sekali pedagang yang menawarkan pisang untuk para wisatawan yang datang. Ketika lo masuk ke ujung halaman ini terdapat dua pintu besar yang akan membawa lo ke bagian halaman selanjutnya yang memang terletak di dalam pusat kuil ini.

Fakta Seputar Tirta Empul – Jaba Tengah

5 Fakta Mengenai Tirta Empul, Kuil yang Memiliki Kekuatan Magis serta Keindahan yang Memukau!

Suasana di Jaba Tengah. Credit: travelingyuk.com

Setelah sudah melewati kawasan dari halaman tengah dari kuil ini, lo akan memasuki kawasan Jaba Tengah. Kawasan ini ternyata yang paling terkenal, karena di dalam kawasan Jaba Tengah ini terdapat kolam air yang dipercaya memiliki kekuatan magis yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit serta mendatangkan keberuntungan.

Masyarakat lokal pun ketika berkunjung ke Jaba Tengah pasti langsung berendam di kolam yang memiliki 30 air mancur yang mengisi selalu air yang ada di dalamnya. Maka tak heran apabila kolam ini pun sering dipenuhi oleh banyak orang yang ingin mendapatkan kekuatan magis tersebut.

Kolam yang memiliki lebar sekitar 5 meter serrta panjang sekitar 20 meter ini juga seringkali menjadi spot fotografi yang mampu mendatangkan hasil gambar yang memukau. Para perendam yang tiba di kolam ini pun seringkali berbaris di dalam kolam menunggu untuk memasukan kepala mereka persis dibawah pancuran air mancurnya. Mereka akan terus melakukan hal ini hingga berhasil membilaskan badan mereka di 30 air mancur yang ada.

Fakta Seputar Tirta Empul – Jeroan

5 Fakta Mengenai Tirta Empul, Kuil yang Memiliki Kekuatan Magis serta Keindahan yang Memukau!

Suasana di Tirta Empul. Credit: petilasan-majapahit.blogspot.com

Ini merupakan bagian terakhir dari kuil ini, letaknya setelah lo melewati kawasan Jaba Tengah. Jeroan atau halaman yang ada di dalam kawasan kuil ini memang sering menjadi kawasan favorit bagi para wisatawan. Karena di kawasan ini lo bisa bersantai setelah melakukan perendaman.

Biasanya di kawasan Jeroan ini juga sering digunakan bagi para masyarakat lokal untuk berdoa. Kawasan yang sangat asri pun menjadi sebuah alasan mengapa kawasan ini menjadi favorit bagi para wisatawan. Memiliki banyak tumbuhan hijau serta terdapat air mancur besar yang merupakan sumber air dari air mancur kecil yang ada di Jaba Tengah.

Belum lagi dengan bangunan khas Bali yang ada di kawasan ini pun membuat suasananya semakin unik serta akan membuat lo akan lebih lama betah berada di sana. Tentunya merupakan kawasan yang tepat pula untuk lo bisa mendapatkan foto ataupun hanya ingin bersantai-santai duduk selama beberapa menit.

Fakta Seputar Tirta Empul – Kolam Ikan Koi

5 Fakta Mengenai Tirta Empul, Kuil yang Memiliki Kekuatan Magis serta Keindahan yang Memukau!

Suasana di Kolam Ikan Koi. Credit: /abdnaddin.blogspot.com

Ketika lo berjalan keluar dari kawasan Tirta Empul, lo akan melewati kawasan kolam ikan koi yang indah. Bahkan ukuran dari kolam ikan koi tersebut pun cukup besar. Kola mini pun pun mampu memberikan sebuah suasana yang menenangkan.

Bukan hanya kolamnya saja yang besar, namun ukuran dari ikan-ikan koi yang ada pun juga tak kalah besarnya. Mereka seaakan sedang menunggu selalu di bawah air untuk diberi makan oleh para wisatawan yang datang.

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar Tirta Empul di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo ketika berada di sana yaa. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kelestarian serta kebersihan dari kuil ini yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti bereksplorasi!

Source

 

 

 

Featured Image: wandernesia.com

 


Please login to comment
1 COMMENTS
Djedjep. Sungkono
May 21, 2019 at 9:49 AM

Keren...